Usia Kehamilan 5 Bulan? Konsumsi Makanan Sehat Ini

  • 2 min read
  • Des 09, 2016
Usia Kehamilan 5 Bulan
Spread the love

Usia Kehamilan 5 Bulan

Kehamilan yang sehat sangat menentukan kesehatan bayi pada waktu dilahirkan dan tahap perkembangan selanjutnya. Inilah yang menjadi salah satu fokus bagi setiap ibu hamil untuk senantiasa menjaga kesehatan pada waktu hamil. Kesehatan ibu hamil menjadi salah satu hal yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang dan kesehatan janin di dalam kandungan. Pada kehamilan 5 bulan sebaiknya Bunda memperhatikan kesehatan kehamilan salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Karena pada usia ini, perkembangan janin sudah memasuki periode atau tahapan yang terbilang cukup aman sehingga risiko keguguran sangat kecil. Pada usia kehamilan tersebut janin sudah mulai aktif dan lebih sensitif terhadap rangsangan. Secara fisik ibu hamil sudah terlihat perubahannya, kini berat badan ibu hamil mengalami kenaikan dari sebelumnya seiring dengan perkembangan janin.

Pada usia 5 bulan ini ibu hamil terbilang memasuki masa yang membahagiakan karena sudah terbebas dari gejala morning sickness seperti mual, pusing maupun muntah. Kini ibu hamil sudah kembali bisa menikmati makanan dengan normal karena penciuman sudah tidak terlalu sensitif terhadap bau. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari pun ibu hamil akan lebih nyaman.

Nah, untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan sebaiknya memperhatikan asupan makanan yang bergizi. Lalu apa saja jenis makanan yang direkomendasikan untuk usia kehamilan 5 bulan?

Rekomendasi Jenis Makanan Untuk Kehamilan 5 Bulan

Makanan yang Mengandung Omega-3

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi pada usia kehamilan 5 bulan yaitu jenis makanan yang kaya akan kandungan omega-3. Asam lemak omega-3 bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak janin. Jenis makanan yang menyediakan omega-3 di antaranya yaitu kacang kedelai, sayuran hijau, telur, sarden, salmon, makarel dan buah alpukat.

Makanan Kaya Kalsium dan Vitamin D

Selanjutnya pada usia kehamilan 5 bulan sebaiknya perbanyak juga konsumsi makanan dengan kandungan kalsium dan vitamin D. Tujuannya untuk membantu pembentukan tulang dan gigi janin. Selain itu, ibu hamil juga memerlukan kalsium yang bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Vitamin D sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium secara optimal ke dalam tubuh. Tanpa vitamin D makan penyerapan kalsium kurang maksimal.

Makanan yang Mengandung Zat Besi dan Vitamin C

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi dari jenis makanan seperti ikan, daging maupun hati. Manfaat dari zat besi yaitu untuk membentuk sel-sel darah merah sehingga menekan risiko terkena penyakit anemia. Sedangkan vitamin C untuk meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil dan menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

Makanan yang Mengandung Vitamin A

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A adalah salah satu jenis nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan juga sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit maupun tulang. Selain itu, vitamin A diperlukan untuk meningkatkan imunitas bayi sehingga terhindar dari bahaya yang bisa mengancam tumbuh kembangnya. Vitamin A bisa diperoleh dari wortel, pepaya, tomat, buah naga maupun buah apel.

Nah, demikian jenis makanan sehat yang sebaiknya ibu hamil mengonsumsinya pada saat kehamilan 5 bulan. Asupan makanan sehat dan berkualitas tentunya akan membantu tumbuh kembang janin secara optimal. Dengan gizi yang tercukupi maka si kecil akan terhindar dari risiko kegagalan pertumbuhan dan gangguan lainnya. Ibu hamil sehat maka bayi pun akan sehat. Terapkan pola hidup sehat sebelum hamil, pada masa hamil dan seterusnya. Semoga bermanfaat!