Urutan Perawatan Wajah yang Benar Untuk Pagi dan Malam Hari yang Benar

  • 4 min read
  • Feb 04, 2022
urutan perawatan wajah yang benar

Menjadi cantik sempurna dengan kulit wajah yang terawat adalah idaman setiap orang. Untuk mewujudkannya, tidak sedikit yang memakai berbagai produk baik itu pada pagi hari maupun malam hari. Sayangnya, banyak yang keliru tentang urutan perawatan wajah yang benar sehingga kesalahan tersebut akan menyumbang berbagai masalah baru pada kulit wajah.

Produk perawatan wajah tersedia dalam berbagai jenis mulai dari cleanser hingga sunscreen. Ada pula produk-produk yang khusus digunakan pada malam atau pagi hari saja dan tidak digunakan sebaliknya. Jika urutan pemakaiannya kurang tepat, efektivitas produk akan berkurang sehingga hasil yang didambakan membutuhkan waktu lebih lama. Agar merawat wajah tidak sia-sia, ikuti urutannya berdasarkan penjabaran berikut:

Penggunaan Produk Perawatan Wajah Untuk Pagi Hari

Agar manfaat dari produk yang digunakan dapat bekerja lebih maksimal pada kulit, urutan pemakaiannya haruslah benar. Poin utama yang mendasari urutan ini adalah tekstur dari produk itu sendiri. Produk yang memiliki tekstur ringan dapat didahulukan dari pada produk dengan tekstur yang lebih berat. Berikut urutan pemakaian berdasarkan produk perawatan yang dapat digunakan pagi hari:

1. Sabun Pencuci Muka

Meski tidak terpapar polusi dan kotoran lainnya, mencuci muka di pagi hari setelah terbangun adalah hal yang mesti dilakukan. Terlebih lagi bagi yang lupa membersihkan sisa makeup malam sebelumnya. Dengan mencuci muka menggunakan facial wash, wajah akan lebih segar dan siap menerima skin care lainnya. Wajah bersih akan memudahkan produk meresap ke dalam kulit.

2. Toner

Urutan perawatan wajah yang benar setelah mencuci muka adalah menggunakan toner. Produk berbahan dasar air ini akan membantu memaksimalkan pembersihan wajah jika masih ada minyak atau kotoran yang masih menempel setelah mencuci muka. Menggunakan toner juga berguna untuk mempersiapkan kulit sebelum menerima produk perawatan wajah selanjutnya. Selain itu, keseimbangan PH kulit pun dapat kembali.

3. Essence

Untuk membuat kulit semakin sehat, penggunaan essence di pagi hari tidak boleh dilewatkan. Dengan bahan dasar air, essence memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Produk ini berguna untuk membuat kulit lebih lembab dan membantu produk berikutnya agar terserap lebih maksimal. Beberapa tetes essence setelah toner akan ikut menenangkan dan menutrisi kulit.

4. Serum

Setelah mengaplikasikan essence, saatnya beralih ke serum. Banyak yang mengira bahwa serum dan essence adalah produk yang sama. Anggapan tersebut tidaklah benar sebab serum memiliki zat aktif dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Produk ini dipercaya lebih efektif dalam hal menyerap ke lapisan kulit daripada krim wajah. Pastikan serum telah terserap dengan benar melanjutkan tahap berikutnya.

5. Moisturizer

Dengan segudang manfaatnya, moisturizer atau pelembab adalah tahap setelah serum yang sayang untuk dilewatkan. Urutan perawatan wajah yang benar ini akan membuat kulit semakin sehat dan bersinar. Pelembab sendiri memiliki tekstur yang lebih berat dibandingkan serum dan essence sehingga harus digunakan setelah kedua produk tersebut.

Tersedia produk moisturizer dengan berbagai tekstur seperti krim, cair atau gel. Tekstur tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi dan permasalahan kulit masing-masing. Dengan fungsinya yang dapat melembabkan, pengguna dapat melewati moisturizer jika toner atau serum sudah memiliki kandungan pelembab.

6. Sunscreen

Produk perawatan wajah selanjutnya terbilang sangat penting terlebih bagi yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Sunscreen atau tabir surya memiliki manfaat melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang akan memunculkan penuaan pada wajah. Aplikasikan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk yang beraktivitas di dalam ruangan dan SPF 50 bagi yang di luar ruangan.

Penggunaan Produk Perawatan Wajah untuk Malam Hari

Pada dasarnya, tidak banyak perbedaan antara produk perawatan wajah untuk malam hari dan pagi hari. Meski begitu, ada produk yang tidak perlu digunakan pada malam hari seperti sunscreen. Sebagai gantinya, pengguna dapat mengaplikasikan krim malam sebagai penutup ritual skin care di malam hari. Berikut urutan yang benar dalam merawat wajah di malam hari:

1. Make Up Remover

Setelah seharian beraktivitas, tentunya masih ada sisa-sisa kosmetik yang tertinggal pada wajah dan tidak hilang hanya dengan air. Untuk itu, penggunaan make up remover sebelum mencuci wajah dengan facial wash adalah hal yang wajib dilakukan. Jika sisa make up tidak dibersihkan dengan benar, bukan tidak mungkin akan timbul masalah dan dampak buruk pada kulit.

2. Pembersih Wajah

Untuk memastikan wajah telah bersih sempurna, gunakanlah pembersih wajah setelah make up remover. Tahap kedua pembersihan ini dapat menggunakan micellar water, cleansing milk maupun cleansing oil. Sesuaikan produk yang dipakai agar tidak terjadi iritasi pada kulit. Akhiri proses pembersihan wajah dengan mencuci muka menggunakan facial wash atau pembersih yang sesuai jenis kulit.

3. Eksfoliasi atau Scrub Wajah

Urutan perawatan wajah yang benar berikutnya adalah melakukan eksfoliasi. Perlu diingat, eksfoliasi hanya perlu dilakukan 1 hingga 2 kali saja dalam seminggu. Hal ini untuk mencegah kulit iritasi atau kering. Scrub wajah atau eksfoliasi sendiri berguna untuk mengangkat sisa-sisa kulit mati di wajah. Dengan eksfoliasi, sel kulit mati dapat dihempas hingga tuntas.

4. Toner

Sejalan dengan perawatan wajah di pagi hari, toner dapat diaplikasikan setelah mencuci muka dengan facial wash. Wajah yang lembab berkat toner akan menyerap produk selanjutnya dengan lebih baik. Kandungan hyaluronic acid, lactic acid dan gliserin akan membantu melembabkan kulit selama tidur.

5. Essence dan Serum Wajah

Setelah toner menyerap pada wajah, tahapan selanjutnya adalah menggunakan essence dan serum. Kedua produk ini sama-sama berfungsi untuk membuat kulit lebih halus dan lembab. Jika dilihat dari tekstur, essence mengandung tekstur yang lebih cair dibandingkan serum sehingga essence dapat digunakan terlebih dahulu. Serum dapat digunakan setelah cairan essence menyerap kulit.

6. Eye Cream

Siapa pun tentunya tidak ingin memiliki lingkar mata yang hitam dan kerutan di sekitar mata. Merawat area mata dengan menggunakan eye cream adalah keputusan yang tepat untuk melengkapi skin care malam hari. Krim mata dapat digunakan setelah mengaplikasikan pelembab sebagai urutan perawatan wajah yang benar. Pilihlah eye cream dengan kandungan peptida dan antioksidan yang tinggi.

7. Night Cream dan Sleeping Mask

Kunci seluruh nutrisi yang telah dioleskan pada wajah dengan produk night cream atau krim malam. Night cream sendiri memiliki kandungan yang khusus untuk menyamarkan kerutan, melembabkan, hingga memudarkan noda hitam. Untuk sleeping mask, produk ini merupakan tahap opsional setelah night cream. Pengguna bisa mengakhiri skin care malam pada night cream atau menyempurnakannya dengan sleeping mask.

Demikian urutan perawatan wajah yang benar untuk pagi dan malam hari. Meski urutan di atas adalah urutan yang umum berdasarkan tekstur produk, urutan tersebut juga perlu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit. Dengan begitu, manfaat dari masing-masing produk dapat bekerja secara maksimal menyelesaikan masalah kulit. Jangan lupa untuk merawat kulit secara berkepanjangan agar hasilnya terlihat.