Pada masa kini siapa yang tak tahu dengan yang namanya gadget? Dari mulai anak balita sampai orang tua pasti tahu dengan gadget. Gadget memang sangat banyak manfaatnya, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Seperti halnya dapat mempermudah pekerjaan, memberikan informasi dengan lebih cepat, bahkan banyak tontonan yang cukup menarik dan mendidik bagi anak-anak. Namun, jika gadget digunakan tidak dengan porsinya maka hanya akan berdampak negatif bagi pemakainya, terutama bagi abnak-anak.

Sebenarnya tidak ada salahnya jika orang tua memberikan fasilitas gadget bagi anaknya sebagai pengenalan tentang gadget, namun jangan sampai anak diberikan kebebasan untuk menggunakannya. Hal ini karena banyak ancaman yang mengintai bagi perkembangan dan pertumbuhan anak dan tidak sedikit anak yang rela menghabiskan waktunya untuk bermain gadget dibanding bermain dilingkungan sekitar.

Tahukah bunda bahaya dari kecanduan gadget ?

Bahaya dari kecanduan gadget pada anak dapat merusak kesehatan, baik dari kesehatan fisik maupin mental. Salah satu sari dampaknya yaitu, kurangnya anak bersosialisasi, anak lebih  cenderung penyendiri, susah untuk menangkap pelajaran, susah untuk makan, cepat emosi serta rentan terkena radiasi.

Lantas, bagaimana cara bunda mengatasi anak yang kecanduan gadget ?

  1. Berikan batasan waktu terhadap anak dalam menggunakan gadget

Bunda tidak akan bisa membatsi anak secara sekaligus dalam penggunaan gadget, karena hal itu hanya akan membuat anak semakin memberontak dan melakukan hal-hal yang negatif. Namun mulailah beri batasan waktu dalam penggunaannya secara perlahan. kalau perlu, bunda memmbuat jadwal bermain gadget terhadap si anak. Selain untuk menghindarkan anak dari kecanduan, secara sekaligus bunda juga mengajarkan anak untuk berdisiplin terhadap waktu.

  1. Berikan kesibukan terhadap anak
Baca Juga:  Menumbuhkan Sikap Percaya Diri Pada Anak Yang Memiliki Sifat Pemalu

SElain membatasi waktu, anda juga bisa memberikan kesibukan yang menyenangkan kepada si anak. Misalnya dengan mengajaknya untuk membantu pekerjaan rumah yang ada, seperti menyiram tanaman, membersihkan tempat tidur sendiri, membereskan mainan bahkan ajak anak untuk memasak.

  1. Berikan alternatif mainan lain

Sebaiknya bunda memberikan alternatif mainan lain terhadap anak, seperti dengan memberikan mainan seperti boneka atau mobil-mobilan. Atau bunda bisa mengajarkan anak untuk membuat mainan sendiri dari bahan bahan yang ada.

  1. Berikan pemahaman terhadap anak tentang fungsi gadget

Berikan anak pemahaman tentang fungsi gadget yang sesungguhnya, seperti dengan mencoba menonton bersama sambil memberikan pengarahan terhadap anak.

  1. Ajak anak untuk bersosialisasi dengan lingkungannya

jangan biarkan anak terus mengurung diri di rumah, biarkan anak untuk tetap bersosialilasi dengan lingkungan sekitar. Jika anak sulit untuk bergaul, maka tidak ada salahnya bunda untuk memaksa anak bersosialisasi dan berkenalan dengan lingkungan sekitar.

  1. Berikan semangat atau reword kepada anak

Sering seringlah dalam memberikan semangat serta reword kepada anak guna membangkitkan kepercayadirian anak, sehingga anak secara perlahan dapat mengurangi kebiasaan tersebut.

Inilah beberapa tips dalam mengatasi anak yang kecanduan gadget. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here