Tips Mencegah Mata Lelah/Sakit Mata karena Smartphone

  • 4 min read
  • Mei 10, 2020
Tips Mencegah Mata Lelah/Sakit Mata karena Smartphone

Tips Mencegah Mata Lelah/Sakit Mata karena Smartphone

Memasuki era digital membuat internet menjadi gaya hidup masyarakat yang sulit untuk dilepaskan. Perangkat pendukung internet pun digunakan oleh banyak orang. Misalnya seperti komputer, laptop, hingga ponsel pintar atau smartphone. Pengunaannya yang berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif. Seperti mata menjadi lelah dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui Tips Mencegah Mata Lelah/Sakit Mata karena Smartphone.

Mata lelah atau dalam istilah medis dikenal dengan astenopia. Sesuai dengan penamannya, mata lelah terjadi karena penggunannya yang intens. Penyebab yang umum terjadi adalah karena beraktivitas di lampu yang redup dan sering menatap layar komputer/laptop atau smartphone.

Sahabat solusi sehatku. Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan lebih fokus membahas bagaimana mencegah mata lelah atau sakit karena smartphone.  Ponsel pintar ini memancarkan sinar radiasi berbentuk panas. Sinar radiasi ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata.

Pentingnya Mengetahui Mata Lelah/Sakit Mata karena Smartphone

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa smartphone memancarkan sinar radiasi yang berpengaruh terhadap kesehatan mata. Radiasi ini bisa membuat mata cepat rusak. Di antara efek yang ditimbulkan dari radiasi smartphone seperti mata kering, katarak, kanker mata, kerusakan pada retina, dan sebagainya. Anda perlu waspada mengenai hal ini. Kenali beberapa ciri-ciri mata yang sudahterkena sinar radiasi smartphone sebagai berikut:

  1. Meningkatnya Sensitivitas Terhadap Cahaya

Banyaknya cahaya yang diterima oleh mata akan mengakibatkan sensitivitas terhadap cahaya semakin meningkat. Cahaya yang terlalu terang, baik yang berasal dari smartphone atau dari sinar matahari, dapat menyebabkan sensitivitas  ekstrem. Bahkan akan sangat menyakitkan bagi mata.

  1. Pandangan Menjadi Kabur

Jika Anda merasa pandangan mata terasa kabur, buram, atau tidak jelas ketika melihat, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Apalagi jika Anda menyadari bahwa beberapa waktu terakhir ini telah sangat intens melihat layar smartphone.

Pandangan mata menjadi kabur, buram, atau tidak jelas merupakan salah satu ciri-ciri dari mata yang sudah terkena radiasi smartphone. Oleh sebab itu, untuk memastikannya, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter.

  1. Mata Menjadi Kering

Radiasi smartphone akan menyebabkan mata terasa kering. Biasanya bersamaan dengan perubahan warna mata menjadi merah dan terasa gatal. Hindari menggosok mata, karena hal tersebut bisa menimbulkan iritasi pada mata.

  1. Mata Menjadi Lelah

Terlalu sering dan lama menatap layar smartphone akan membuat mata menjadi lelah. Hal ini menandakan bahwa paparan radiasi sudah terlalu banyak masuk ke mata. Jika terus dibiarkan akan sangat bahaya bagi kesehatan mata Anda.

Jika beberapa tanda di atas sudah Anda alami dan bertambah parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang seharusnya.

Ketahui Dampak Negatif Penggunaan Smartphone

Adanya smartphone memang sangat berguna bagi kehidupan. Hampir semua pekerjaan bisa diatasi dengan adanya ponsel pintar tersebut. Namun, setiap hal tentu ada sisi negatifnya. Misalnya, sinar yang dipancarkan oleh smartphone ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata.

Selain sinar radiasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan mata, penggunaan smartphone secara berlebihan juga berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh lainnya. Berikut ini dampak negatif dari penggunaan smartphone:

  1. Gangguan Mata

Terlalu sering membaca tulisan yang kecil-kecil di layar smartphone akan menyebabkan mata rusak. Dikenal dengan istilah digital eye strain. Gejala dari kondisi tersebut adalah mata merah, mata kering, dan pandangan terlihat kabur.

  1. Mengganggu Siklus Tidur

Smartphone memancarkan sinar biru atau blue light dari layarnya. Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan smartphone sebelum tidur, paparan sinar ini akan menghambat produksi melatonin. Yakni hormon yang memicu rasa kantuk. Hal ini akan mengganggu siklus tidur Anda.

  1. Memicu Leher Sakit

Saat menggunakan smartphone sambil berdiri, biasanya posisi leher akan terus menunduk. Hal tersebut akan membuat otot leher terasa kaku dan kram. Bahkan pada kondisi yang parah, kebiasaan menunduk terlalu lama bisa menyebabkan nyeri punggung, bahu dan lengan.

  1. Sendi Jempol Jadi Kaku

Selain menyebabkan rasa sakit dan kaku pada leher, terlalu lama menggunakan smartphone juga mengakibatkan sendi jempol menjadi kaku dalam posisi tertekuk. Jika Anda mencoba untuk meluruskannya, akan terdengar bunyi cukup keras dan muncul rasa nyeri.

  1. Mengganggu Kesehatan Mental

Bukan hanya berdampak negatif terhadap kesehatan fisik, penggunaan smartphone juga berdampak pada kesehatan  mental. Yakni yang dipengaruhi oleh adanya media sosial. Kebebasan seseorang dalam mengekspresikan dirinya di media sosial, seringkali tidak menghiraukan perasaan orang lain. Sehingga tidak sedikit orang merasa dirugikan oleh hal in.

Tips Mencegah Mata Lelah/Sakit Mata karena Smartphone Agar Mata Anda Tetap Sehat

Setelah mengetahui betapa mengerikannya dampak negatif dari penggunaan smartphone, tentu kita harus menjaga diri agar terhindar dari dampak tersebut. Terutama yang berhubungan dengan sinar radiasi yang dipancarkan oleh ponsel tersebut. Tips Mencegah Mata Lelah/Sakit Mata karena Smartphone agar mata Anda tetap sehat.

  1. Cukupkan Pencahayaan Lampu

Agar mata Anda tidak cepat lelah, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur pencahayaan  lampu. Apalagi bagi Anda yang sering melihat layar smartphone, mata Anda perlu diistirahat agar kembali segar dan sehat.

Salah satunya adalah dengan mengatur pencahayaan lampu yang digunakan dalam beraktivitas. Misalnya ketika Anda sedang membaca, pastikan sumber cahaya atau sinar lampunya langsung diarahkan ke buku di depan Anda, tanpa membuat pandangn menjadi silau.

Selain itu, jika Anda menonton televisi, pencahayaan yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap akan jauh lebih baik untuk mata agar tidak cepat lelah.

  1. Perhatikan Penggunaan Komputer dan Alat Digital

Menatap layar komputer atau laptop dalam waktu yang lama, dampaknya sama buruknya dengan menatap layar smartphone. Melakukannya dalam waktu yang lama, akan mengakibatkan mata lelah. Untuk mengatasinya, Anda bisa beristirahat setiap 20 menit. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa tips seperti berikut ini:

  • Atur duduk sejauh 25 inci dari layar komputer
  • Atur layar sedemikian rupa agar pandangan bisa sedikit ke bawah
  • Untuk mengurangi silau saat menatap layar komputer, cobalah untuk menggunakan filter
  • Atur kecerahan, kontras, dan ukuran font agar mudah dilihat dan nyaman saat menatap layar
  1. Perhatikan Kualitas Udara di Ruangan

Salah satu gejala dari mata lelah adalah mata menjadi kering. Untuk mengatasinya, Anda perlu meningkatkan kualitas udara di ruangan Anda, terutama kamar atau ruangan kerja Anda. Untuk meningkatkan kualitas udara, Anda bisa menggunakan humidifier di dalam ruangan. Serta hindari paparan langsung dari sumber angin seperti AC dan kipas angin.

  1. Menggunakan Obat Tetes Mata

Jika diperlukan, Anda bisa pergi ke dokter untuk berkonsultasi terkait penggunaan obat tetes mata buatan. Hal ini bisa menjadi peluas untuk mata agar bisa mencegah dan meredakan mata lelah yang kering. Pilihlah produk obat tetes mata yang tidak mengandung zat pengawet, agar aman saat digunakan.

  1. Alokasikan Waktu untuk Beristirahat

Mata lelah bisa disebabkan karena penggunaan mata yang terlalu lama tanpa beristirahat yang cukup. Alokasikan waktu untuk beristirahat agar mata kembali segar dan sehat. Berhentilah sebentar dan lihat objek lain yang bisa menyegarkan mata.

Anda bisa menerapkan tips 20-20-20-20. Dengan artian, istirahatkan mata selama 20 menit dengan melihat objek sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter selama 20 detik. Hal yang sangat sederhana akan sangat berpengaruh terhada kesehatan mata Anda.

Kesehatan mata adalah hal yang sangat penting untuk kita jaga. Maka, sayangilah mata dengan tidak terlalu memforsirnya atau menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Apalagi memaksanya untuk terus-menerus menatap layar smartphone atau alat digital lainnya. Sebab hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan mata.

Demikianlah pembahasan artikel berikut ini mengenai  Tips Mencegah Mata Lelah/Sakit Mata karena Smartphone. Sahabat solusi sehatku, jagalah selalu kesehatan mata karena hal itu sangat berharga. Temukan cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan Anda dalam menggunakan smartphone atau alat digital lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian.

 

Incoming search terms:

  • mata kerinhg karena radiasi laptop dan kipas angin