Telur merupakan salah satu bahan pokok makanan yang mudah ditemukan dan harganyapun terjangkau. Selain itu rasanya yang enak, telur juga kaya akan protein, nutrisi dan vitamin sehingga sangat digemari oleh seluruh lapisan masyarakat, dari mulai anak-anak, orang dewasa bahkan sampai yang sudah lansia pun menyukainya.

Mengkonsumsi telur setiap hari dapat membantu anda dalam menjaga dan menyeimbangkan asupan nutrisi harian anda. Selain itu telur juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun agar kandungan gizi dan protein dalam telur bisa tetap terjaga dengan baik, maka anda harus bisa mengolah telur dengan cara yang lebih baik.

Telur Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Ada banyak cara untuk menyajikan telur, bisa secara mentah, direbus, di kukus serta digoreng. Namun perlu anda tahu, bahwa telur yang dimasak jauh lebih baik daripada telur yang mentah. Hal itu karena protein yang ada dalam kandungan telur yang sudah dimasak lebih banyak dari pada protein yang ada dalam telur mentah. Perbandingannya yaitu zat yang ada dalam telur matang yaitu 91%, sedangkan kandungan zat protein yang ada dalam telur mentah yaitu 51%.

Cara Memasak Telur Dengan Baik dan Sehat

Ada beberapa macam cara yang dilakukan untuk memasak telur yaitu :

  1. Direbus

Cara ini merupakan cara terbaik karena tidak akan menambah lemak yang ada dalam telur. Cara ini juga merupakan cara yang paling efektif untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. waktu yang digunakan untuk merebus sekitar 3 sampai 15 menit.

  1. Poach egg atau disebut juga merebus telur tanpa cangkang. Cara ini mirip dengan cara direbus, namun bedanya direbus tanpa cangkang. Biasanya cara ini digunakan ketika mengolah mie, dan kandungan gizinya pun hampir sama dengan direbus.
  2. Digoreng dengan menggunakan margarine, minyak ataupun butter. Cara ini bisa menambahkan kandungan minyak kedalam telur, kecuali menggunakan minyak semprot dan menggorengnya diatas wajan anti lengket, sehingga kadar minyak bisa dikurangi. Selain dengan minyak semprot, telur juga bisa digoreng atau diolah menggunakan minyak nabati untuk mempertahankan kandungan protein dan nurtrisi dalam telur.
  3. Dipanggang didalam oven yang panas. Pecahkan telur telebih dahulu, kemudian masukkan kedalam oven yang panas, panggang selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.
Baca Juga:  Si Kecil Mengalami Kekerasan Seksual? Ini Dia Beberapa Tandanya!

Demikian beberapa tips memasak telur dengan baik dan sehat, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu piulihlah metode memasak yang paling rendah kalori, masaklah telur dicampur dengan sayuran, ketika memasak pastikan suhu panasnya tinggi dan stabil agar makanan tidak mudah teroksidasi dan dapat menangkal radikal bebas yang akan masuk dalam makanan, serta jangan memasak telur terlalu matang karena semakin matang dan semakin lama telur didalam suhu panas maka kandungan  protein dan nutrisi dalam telur akan hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here