Keluarnya cairan yang berlebih selain darah dari area kewanitaan yang disebut juga dengan keputihan merupakan sebuah hal yang lumrah bagi seorang wanita. Keputihan dapat terjadi secara fisiologis maupun fatologis, serta tidak memandang usia, karena berapapun usianya dapat terjadi keputihan.

Salah satu hal yang menyebabkan keputihan adalah dari faktor hormonal, tingkat stress, makanan, gaya hidup serta aktivitas yang berlebih. Namun anda tidak perlu khawatir selama keputihan itu tidak berlebih, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak gatal.

Ciri-Ciri Keputihan

Keputihan yang normal biasanya terjadi pada saat masa subur, baik sebelum menstruasai maupun setelah menstruasi. meskipun begitu, anda harus tetap waspada, karena keputihan yang berlebih dapat menyebabkan iritasi pada bagian dalam vagina yang menyebabkan gatal serta dapat mengeluarkan lendir dengan bau yang berlebih, sehingga akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Hal ini lah yang disebut dengan keputihan fatologis. Selain karena keputihan yang berlebih, keputihan fasologis juga dapat disebabkan karena adanya infeksi pada vagina yang disebabkan oleh adanya jamur protozoa, atau adanya benda asing pada vagina.

Adapun ciri- ciri keputihan tidak normal yaitu jika warna pada keputihan berubah menjadi hijau kekuningan,seperti kepala susu atau bisa sampai seperti bercampur darah (kecoklatan) jika sudah berpenyakit. jika seorang menderita keputihan yang tidak normal, biasanya ditandai dengan adanya rasa gatal pada vagina serta keluarnya lendir yang berbaudan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Selain karena kurangnya menjaga kebersihan vagina, cara cebok yang salah, penmggunaan celana secara bersamaan, memakai handuk secara bersamaan, serta sering melakukan hubungan seksual secara berganti pasangan.

Cara Mengatasi Keputihan

Untuk mengatasi keputihan, anda harus menjaganya sejak dini sebelum terjadi gejala-gejala yang lebih buruk. Anda dapat menjaga organ kewanitaan dengan baik, dengan cara membersihkannya secra teratur serta bisa dengan menggunakan air rebusan daun sirih setiap kali membersihkannya. Jagalah daerah kewanitaanmu dengan baik sejak dini sebelum timbul gejala yang kronis, krena jika keputihan sudah kronis maka akan susah untuk diatasi. Keputihan yang sudah kronis akan menjalar ke rongga rahim lalu ke saluran indung telur sampai pada indung telur, sehingga hal ini dapat menyebabkan kemandulan bahkan sampai pada kematian.  Hal ini disebabkan karena klemungkinan besar akan terjadinya kehamilan diluar rahim, sehingga akan terjadi pendarahan yang cukup banyak dan menyebabkan kematian pada ibu-ibu.

Baca Juga:  Tips dan Cara Mencegah Keputihan Berlebih Saat Puasa

Oleh sebab itu, kenalilah gejala gejala keputihan sejak dini karena bisa saja ke[putihan juga adalah gejala awal dari kanker mulut rahim. Jagalah daerah kewanitaan anda dengan baik sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika terjadi hal-hal yang mulai tidak nyaman, sebaiknya segera obati dan hubungi dokter untuk segera ditangani dengan baik.