Tanda Kehamilan Yang Harus Diketahui Oleh Seorang Calon Ibu

  • 3 min read
  • Jul 06, 2020
Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Inilah Tips Puasa Untuk Ibu Hamil

Tanda Kehamilan Seorang Calon Ibu

Tanda-tanda kehamilan masih banyak belum diketahui oleh seorang calon ibu. Apakah dirinya hamil atau belum, setelah melakukan pernikahan dan melewati malam pertama beberapa minggu yang lalu. Tanda kehamilan pasti ada, namun karena kita tidak mengetahui seperti apa tanda kehamilannya. Maka kita tidak tahu apa sudah hamil apa belum.

Sahabat solusi sehatku,  berikut ada beberapa tanda kehamilan yang bisa anda ketahui :

  • Perubahan payudara

Perubahan payudara, payudara terasa besar dan nyeri di area puting, terasa sesak saat menggunakan bra. Penyebabnya adalah terjadi perubahan jumlah produksi hormon estrogen dan progesteron dan ada yang menyarankan untuk melepas bra pada saat tidur intinya agar payudara terasa nyaman dan sirkulasi darah menjadi lancar.

  • Kondisi fisik yang menurun

Kondisi fisik yang menurun atau cepat lelah dan menjadikan gampang tidur, ini terjadi karena banyaknya organ – organ yang bekerja untuk memproduksi hormon, namun biasanya ini hanya terjadi pada minggu – minggu awal kehamilan.

  • Rasa mual

Perut yang terasa mual, produksi hormon yang secara tiba – tiba naik akan mempengaruhi aliran darah dan membuat rasa mual tersebut gejala ini akan terjadi pada usia kehamilan trimester pertama, dan jika itu masih berlanjut pada trimester kedua maka lakukan pemeriksaan ke dokter.

  • Sering buang air kecil

Jika anda sering harus buang iar kecil maka bisa juga anda mengalami kehamilan, jadi jika anda sudah masuk kedalam masa kehamilan, tubuh akan memproduksi banyak cairan untuk janin dalam rahim anda, untuk itu jaga selalu asupan air minum anda jangan sampai merasa kekeringan atau dehidrasi karena ini adalah gejala normal.

  • Merasa pusing dan sakit kepala

Kepala terasa pusing, walaupun pusing bisa di alami oleh setiap orang namun, karena pusing pada saat hamil adalah pusing yang disebabkan oleh perubahan hormon, yang mempengaruhi tingkat tekanan darah, jika anda terpaksa mengkonsumsi obat maka minumlah obat yang mengandung acetaminophen yang aman untuk ibu hamil.

  • Merasa sakit pada punggung

Bila merasa nyeri atau sakit pada punggung, walaupun sebelumnya anda tidak pernah merasakan sakit ini, dan tiba- tiba sakit maka ini bisa menjadi tanda kehamilan, dan biasanya sakit pada punggung ini akan terjadi selama masa kehamilan hingga melahirkan nanti.

  • Perut kram

Perut kram, perut akan mengalami kram dan kaku, hal ini disebabkan oleh perubahan yang terjadi dalam rahim, yang mempersiapkan untuk tempat bayi.

  • Perubahan selera makan

Perubahan selera makan, wanita hamil biasanya menyukai makanan tertentu atau membenci makanan tertentu, perubahan ini terjadi karena adanya hormon yang diproduksi dan mempengaruhi kondisi pencernaan, dalam bahasa umum disebut ngidam, yaitu menginginkan makanan tertentu dan harus dituruti, namun ibu hamil juga biasanya membenci makanan tertentu biasanya adalah makanan yang berbau tajam dan mengandung telur atau keju.

  • Sembelit

Perut terasa sembelit karena adanya peningkatan hormon progesteron yang berfungsi mengendorkan otot rahim untuk perkembangan janin nanti, dan ini mempengaruhi dinding usus salam pencernaan dan sering kali menyebabkan ingin buang air besar.

  • Perubahan suasana hati

Perubahan kondisi pikiran dan tingkah laku, bisa kadang merasa senang dan bisa juga langsung berubah menjadi sedih kadang marah – marah kadang juga periang.

  • Perubahan kondisi suhu tubuh

Peningkatan temperatur tubuh dari kondisi normalnya, dan kondisi ini akan berjalan terus hingga terjadi persalinan.

  • Muncul bau badan

Munculnya bau badan, walaupun tidak semua wanita mengalami ini, namun jika terjadi perubahan dengan bau badan bisa juga ini adalah tanda awal kehamilan.

  • Pusing atau pingsan

Seorang wanita hamil bisa saja mengalami pingsan, hal ini terjadi karena kadar gula dalam tubuh kurang, untuk itu pada saat hamil diharapkan untuk tetap menjaga asupan vitamin dan gizi.

  • Muncul flek darah

Munculnya flek darah saat buang air kecil, flek darah ini lebih bening dari darah haid yang disebabkan oleh menempelnya embrio pada rahim.

Melakukan tes kehamilan

Untuk mengetahui ini bisa saja menggunakan test pack atau langsung dibawa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan, bagaimanapun juga untuk mengetahui anda hamil apa tidak anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter, karena tidak semua tanda kehamilan diatas bisa dirasakan oleh semua wanita.