Inilah Tanda Ciri Hamil 1 Minggu yang Harus Diketahui

  • 2 min read
  • Des 03, 2021
Tanda Ciri Hamil

SOLUSISEHATKU.COM – Menghitung masa terakhir menstruasi atau haid biasanya dijadikan sebagai awal tanda mengenali ciri hamil baru 1 minggu. Namun, terkadang ada juga yang menggunakan cara lain untuk mengetahui kehamilan sebelum melakukan pengecekan ke dokter. Maka dari itu, jika Anda ingin penasaran dengan kondisi perut hamil atau tidak, mari kita simak inilah tanda ciri hamil 1 minggu yang harus diketahui oleh para ibu.

Tanda Ciri Hamil

Tanda ciri hamil 1 minggu memang tidak bisa dirasakan atau dilihat begitu saja. Akan tetapi, dari salah satu tanda terlambat menstruasi kemungkinan besar orang tersebut sedang hamil. Selain itu, disusul dengan gejala lain yang mempengaruhi pada kondisi kesehatan tubuh.

Tanda Ciri Hamil 1 Minggu

Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa tanda ciri hamil 1 minggu yang dapat dirasakan oleh para ibu, diantaranya:

Merasakan Mual

Merasakan mual atau muntal menjadi salah satu tanda ciri hamil 1 minggu yang sering terjadi pada ibu. Tingkat hormon kehamilan yang tinggi menjadi penyebab rasa mual setelah masa pembuahan dalam kurun berkisar 3 minggu. Oleh karena itu, apabila seorang ibu mengalami hal tersebut, kemungkinan besar ibu itu sedang hamil 1 minggu.

Payudara Sensitif

Salah satu tanda ciri hamil 1 minggu biasanya terjadi pada payudara sensitif atau bengkak dan akan terasa lebih nyeri saat disentuh. Namun, rasa sakit tersebut akan hilang secara sendirinya dalam waktu beberapa hari kemudian sesuai dengan perubahan hormon yang terjadi. Akan tetapi, payudara sensitif juga tidak selalu menjadi halusinasi bahwa orang tersebut sedang hamil.

Pendarahan pada Vagina

Tak hanya mual dan payudara sensitif, tanda ciri hamil 1 minggu biasanya dapat dirasakan terjadinya pendarahan pada vagina saat awal kehamilan. Penyebab pendarahan tersebut disebabkan sel telur yang berbuah sehingga menimbulkan pembentukan lapisan rahim baru diawal kehamilan.

Sakit Pinggang

Sakit pinggang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Akan tetapi, gejala sakit pinggang bisa saja tanda ciri hamil 1 minggu pada para ibu. Kondisi seperti ini biasanya sering diserta dengan rasa kram akibat lapisan rahim mulai berkontraksi, sehingga pinggang bagian bawah akan terasa lebih sakit dan pegal.

Selain itu, perubahan pada postur tubuh dan penambahan berat badan juga bisa mengakibatkan sakit pinggang di awal atau selama kehamilan.

Adapun tanda ciri hamil 1 minggu selain diatas, biasanya sering merasakan kelelahan, mudah buang air kecil, sensitif pada aroma dan selalu menginginkan hal tertentu alias ngidam.

Perubahan hormon dapat menimbulkan lambatnya system kerja pada pencernaan, sehingga kondisi tubuh dapat mengakibatkan kembung dan sembelit diawal kehamilan. Selain itu, dapat menyebabkan perubahan dalam suasana hati, insomnia dan sakit kepala.

Cara Menghitung Kehamilan

Cara menghitung kehamilan bisa dijadikan sebagai referensi untuk mengetahui tanda ciri hamil 1 minggu yang dapat dipungkiri. Apabila kita menghitung kehamilan dimasa 40 minggu setelah haid terakhir, memang minggu pertama belum terasa merasakan hamil. Akan tetapi, di minggu ke 2 dan 3 baru akan terasa kehamilan sesuai dengan masa ovulasi dan juga panjang siklus haid.

Ada beberapa cara menghitung kehamilan yang bisa dilakukan oleh para ibu pada saat merasakan tidak pernah haid, seperti:

  • Mencatat masa terakhir menstruasi dengan benar
  • Cek susu tubuh setelah bangun tidur pagi
  • Memakai alat test kesuburan
  • Mengamati tekstur tubuh saat memasuki ovulasi
  • Mencatat siklus menstruasi setelah ovulasi

Baca Selanjutnya: Yuk, Kenali Rekomendasi Produk Susu Hamil untuk Trimester 1 Harus Diketahui