Manfaat Umum Shampo Bayi untuk Uban, Cocok Juga untuk Orang Dewasa

  • 4 min read
  • Nov 07, 2021
shampo bayi untuk uban

Produk bayi biasanya diformulasikan secara khusus dan dibuat dari bahan yang aman karena memang dibuat untuk kulit bayi. Bahkan produk bayi biasanya dibuat dengan sedikit kandungan bahan kimia. Oleh karena itu tidak sedikit orang dewasa yang tertarik untuk menggunakan produk bayi, salah satunya adalah shampo bayi. Tapi apa manfaat shampo bayi untuk uban dan untuk orang dewasa?

Tidak sedikit orang yang menganjurkan menggunakan shampo bayi, bahkan beberapa pakar menyarankan untuk menggunakan shampo bayi. Karena shampo bayi dianggap bagus untuk rambut orang dewasa, bahkan shampo bayi untuk uban juga dianggap cukup efektif. Tapi sebelum beralih ke shampo bayi, sebaiknya perhatikan dulu beberapa penjelasan di bawah ini:

Perbedaan Shampo Bayi dan Shampo Dewasa

Sebelum mencoba shampo bayi sebaiknya pahami dulu apa saja perbedaan dari shampo bayi dan shampo dewasa. Karena sistem tubuh orang dewasa dan bayi berbeda, maka produk yang dibuat tentu juga berbeda.

Yang paling membedakan shampo bayi dan shampo dewasa adalah aroma. Shampo orang dewasa umumnya dibuat dengan berbagai macam aroma dengan tujuan membuat rambut semakin wangi dan menarik. Beda halnya dengan shampo bayi, shampo bayi biasanya tidak mengandung wangi atau memiliki wangi yang lembut dan tidak mencolok.

Selain itu shampo bayi umumnya tidak mengandung bahan kimia yang keras, jadi shampo bayi ini memang sangat aman untuk digunakan. Seperti contoh shampo bayi mengandung bahan surfactant lembut yang membuat shampo tidak pedih. Shampo orang dewasa juga mengandung surfactant, tapi sifatnya lebih keras dan asam yang berfungsi untuk membersihkan kotoran.

Contoh lainnya shampo orang dewasa lebih banyak mengandung sodium laurate sulfat yang efektif untuk membersihkan rambut. Tapi tidak dengan shampo bayi, karena dilihat dari aktivitas bayi yang jarang menyebabkan rambut yang kotor maka tidak diperlukan kandungan tersebut. Selain itu kandungan tersebut bisa menyebabkan iritasi sehingga tidak baik untuk produk bayi.

Jadi intinya shampo orang dewasa memang lebih banyak mengandung bahan kimia, hal ini dikarenakan adanya perbedaan organ orang dewasa dan bayi. Yang pasti saat orang dewasa menggunakan shampo bayi akan tetap aman dan tidak akan mengalami efek samping.

Baca Juga: Cara Merawat Kulit Bayi Yang Sensitif

Kelebihan Menggunakan Shampo Bayi

Dari beberapa perbedaan shampo bayi dan shampo orang dewasa menunjukkan bahwa shampo bayi memang lebih aman. Sehingga banyak yang menganjurkan mencoba shampo bayi untuk merawat rambut. Tapi apa kelebihan menggunakan shampo bayi bagi orang dewasa? Berikut ini ada sedikit penjelasan tentang beberapa kelebihan menggunakan shampo bayi bagi orang dewasa:

1. Bagus untuk Kulit Kepala dan Tidak Perih

shampo bayi untuk uban

Salah satu kelebihan dari shampo bayi adalah bagus untuk kulit kepala dan tidak perih. Hal ini dikarenakan shampo bayi memang diformulasikan dengan bahan surfactant lembut, sehingga bayi tidak akan mengalami perih. Jadi orang dewasa yang menggunakan shampo bayi juga tidak akan mengalami perih meskipun shampo masuk ke mata.

Selain itu shampo bayi bagus dan aman untuk kulit kepala. Karena minimnya kandungan bahan kimia pada shampo bayi tidak akan merusak dan mengganggu kulit kepala. Jadi dipastikan jika menggunakan shampo bayi kulit kepala tidak akan rusak. Karena yang menyebabkan rusaknya kulit kepala adalah kandungan kimia pada shampo seperti pewarna dan pewangi.

2. Bisa Mengatasi Rambut Rontok

shampoo untuk bayi keramas

Salah satu kerusakan rambut yang sering dialami oleh orang dewasa adalah rambut rontok. Tapi perlu diketahui ada beberapa alasan yang menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Jadi pastikan dulu jika rambut mengalami rontok karena tidak cocok dengan beberapa shampo. Jika demikian, bisa mencoba produk shampo bayi untuk menghilangkan rambut yang rontok.

Beberapa produk shampo bayi lebih memilih menggunakan bahan alami daripada bahan kimia sebagai kandungan shampo. Dan produk shampo bayi umumnya menciptakan produk yang bagus untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut bayi. Beberapa bahan pada shampo bayi yang bagus untuk melebatkan rambut adalah minyak zaitun, seledri, aloe vera dan kemiri.

Karena manfaat dari shampo bayi tersebut adalah untuk menebalkan rambut, pakai shampo bayi itu bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Jadi bagi orang dewasa yang mengalami kerontokan bisa melebatkan rambut dan mengatasi kerontokan setelah menggunakan shampo bayi tersebut.

3. Cocok untuk Kulit Sensitif

Inilah Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Tidak semua orang dikarunia kulit yang tahan dengan bahan apa saja. Beberapa bayi, anak kecil dan orang dewasa memiliki kulit yang sensitif. Terutama bayi yang baru lahir tentu lebih rentan dan memiliki kulit yang lebih sensitif. Oleh karena itu biasanya shampo bayi dibuat secara khusus dan aman digunakan bagi kulit sensitif.

Bahan yang biasanya ada pada shampo bayi yang terbukti bagus untuk kulit sensitif adalah hypo-allergenic. Bahan ini berfungsi untuk mencegah terjadinya iritasi dan efek alergi pada kulit bayi. Dan umumnya kulit sensitif mudah mengalami iritasi dan alergi, oleh karena itu dibuatlah shampo bayi yang mengandung hypo-allergenic.

Sehingga orang dewasa yang menggunakan shampo bayi tentu bisa mengurangi resiko terjadinya iritasi akibat kulit yang sensitif. Selain itu minimnya kandungan bahan kimia pada shampo ini bisa mengatasi kulit kepala yang sensitif. Jadi kulit tidak akan bereaksi setelah menggunakan shampo bayi.

4. Bisa Membuat Rambut Lebih Lembut dan Wangi yang Segar

bayi keramas wangi

Seperti yang telah diketahui, shampo dewasa umumnya memiliki kandungan bahan kimia yang lebih banyak. Jika secara terus menerus menggunakan shampo yang memiliki kandungan bahan kimia keras tentu bisa menyebabkan rambut jadi kering dan kaku.

Lain halnya jika menggunakan shampo bayi. Shampo bayi biasanya diformulasikan untuk membuat rambut bayi jadi lebih lembut dan halus. Jadi jika mengalami masalah rambut yang kering dan kasar, gunakanlah shampo bayi. Maka rambut bisa jadi lebih halus dan lembut.

Selain itu shampo bayi tidak memiliki wangi yang menyengat karena tidak mengandung pewangi tambahan. Justru wangi shampo bayi biasanya segar dan lembut yang cukup menenangkan.

Baca Juga: Inilah Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Manfaat Shampo Bayi untuk Uban

Apakah shampo bayi untuk uban bisa dibilang efektif? Jawabannya adalah iya. Karena ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan rambut berubah menjadi putih. Bisa jadi dikarenakan stress, pengaruh usia dan juga akibat pemakaian shampo. Beberapa kandungan pada shampo orang dewasa mungkin tidak cocok dan bisa menyebabkan rambut berubah menjadi putih.

Jika tidak mengalami stress dan merasa usia masih terlalu muda untuk mengalami uban, maka bisa jadi dikarenakan tidak cocoknya shampo. Tidak cocoknya shampo dengan rambut juga bisa menyebabkan rambut jadi uban. Jadi cobalah manfaatkan shampo bayi untuk uban.

Beberapa orang telah mencoba untuk menghilangkan uban dengan menggunakan shampo bayi, hasilnya uban jadi berkurang bahkan menghilang. Karena shampo bayi minim bahan kimia dan mengandung bahan alami, jadi sangat bagus untuk kesehatan rambut. Ada juga yang menyarankan untuk memilih shampo bayi yang mengandung sayur-sayuran untuk mengatasi uban.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stress pada Bayi

Itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan, kelebihan dan manfaat shampo bayi untuk uban. Beberapa orang memang sudah membuktikan bahwa shampo bayi memang bagus untuk Kesehatan rambut. Bahkan dokter juga memperbolehkan dan menyarankan penggunaan shampo bayi. Yang pasti sebelum mencoba, sesuaikan dulu produk-produk perawatan yang akan digunakan dengan keadaan rambut dan kulit kepala.