Sering Mengalami Gusi Bengkak? Ternyata Inilah Penyebabnya!

  • 2 min read
  • Feb 21, 2017
Gusi Bengkak

Anda pernah mengalami gusi bengkak? Rasanya pasti sangat sakit sekali dan tidak nyaman terutama saat makan. Bengkak pada gusi biasanya disertai pula dengan pendarahan dan bau mulut. Walaupun terkadang tidak semua orang mengalami gejala seperti itu. Perlu Anda ketahui bahwa gusi bengkak adalah salah satu gejala dari gingivitis kronis atau peradangan gusi kronis. Kondisi gusi bengkak tentunya jangan sampai membiarkannya begitu saja. Karena berisiko terhadap infeksi jika sampai pembengkakan tersebut pecah.

Pembengkakan pada gusi memang bisa dipicu oleh banyak hal dan kondisi ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Sebaiknya secepatnya melakukan penanganan dengan tepat dan benar. Jika membiarkannya maka sangat khawatir akan bisa terjadi periodontitis atau infeksi pada gusi. Sehingga berisiko merusak jaringan lunak yang bisa menghancurkan gigi Anda.

Penanganan gusi bengkak memang harus menanganinya dengan tepat dan benar. Jangan sampai karena masalah sepele seperti ini menyebabkan Anda mengalami kondisi yang lebih buruk. Sebelum membahasa cara untuk mengatasi gusi bengkak, alangkah lebih baiknya jika kita bahas terlebih dahulu mengenai faktor penyebab dari gusi bengkak tersebut. Berikut ini penjelasannya!

Iritasi

Salah satu penyebab gusi bengkak yaitu adanya iritasi yang merupakan reaksi alergi dari makanan, obat-obatan maupun pasta gigi yang kita gunakan sehari-hari. Iritasi akan menyebabkan gusi memerah dan terjadi pembengkakan pada jaringan gusi. Pada kebanyakan kasus banyak orang yang mengalami hal ini akibat dari pasta gigi. Hal ini tentunya perlu diperhatikan supaya kesehatan gusi tidak terganggu.

Perawatan Gigi yang Salah

Perbaikan maupun perawatan gigi yang tidak benar sangat berisiko menyebabkan gusi bengkak. Salah satu contohnya ketika memiliki gigi yang renggang kemudian memperbaikinya. Dengan tujuan untuk meminimalisir perenggangan tersebut maka jika melakukannya tidak dengan benar sangat berisiko terhadap pembengkakan gusi. Bahkan penggunaan gigi palsu yang tidak pas sangat berisiko terhadap iritasi pada gusi.

Sisa Makanan

Makanan yang terselip di gigi dan masuk ke bagian bawah gusi seringkali sulit untuk dibersihkan sehingga hal ini bisa memicu pembengkakan pada gusi akibat adanya iritasi yang disebabkan oleh makanan yang terselip tadi. Maka dari itu bersihkan gigi dengan cara yang baik dan benar supaya sisa makanan tidak merusak gusi.

Plak

Plak pada gigi dan gusi memang berisiko terhadap kerusakan dan kesehatan gusi. Jika plak terus menerus menumpuk pada gusi maka hal ini menyebabkan iritasi yang menyebabkan kerusakan pada gusi. Bahkan plak yang masuk ke dalam gusi bisa mengakibatkan peradangan yang sangat berbahaya untuk kesehatan gusi. Disinilah pentingnya membersihkan gigi dengan baik dan benar agar tidak ada plak yang bisa merusak kesehatan gigi dan gusi.

Obat-obatan Tertentu

Apabila telah melakukan perawatan gigi secara benar dan rutin. Namun hasilnya gigi dan gusi tetap mengalami gangguan, maka bisa jadi sebab hal tersebut oleh obat-obatan yang Anda konsumsi. Beberapa jenis obat bisa merusak jaringan gusi yang bisa menyebabkan bengkak. Maka batasi konsumsi obat-obatan karena berisiko terhadap kerusakan gigi dan gusi.

Demikian beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Perhatikan pola makan seimbang, kurangi konsumsi makanan manis, hindari kebiasaan yang bisa membuat gusi iritasi, perhatikan pemilihan pasta gigi Anda, konsultasikan dengan dokter jika terjadi pembengkakan pada gusi dan jangan menyepelekan kesehatan gigi dan gusi.

Semoga ulasan artikel ini bermanfaat dalam upaya untuk menghindari gusi bengkak yang sangat berisiko terhadap kesehatan!

Baca Selanjutnya : Cara Mengobati Sakit Gigi