Macam-macam Sayuran yang Boleh Dikonsumsi untuk Penderita Asam Urat

  • 2 min read
  • Okt 08, 2021
Sayuran untuk penderita asam urat
Spread the love

Solusisehatku – Mengonksumsi sayuran merupakan hal yang penting untuk mengobati dan mencegah penyakit asam urat yang dideritanya. Ada beberapa macam-macam sayuran yang boleh dikonsumsi untuk penderita asam urat pada saat kambuh. Mari kita simak pembahasan berbagai jenis sayuran dalam artikel ini.

Sayuran untuk penderita asam urat

 

Banyaknya tumpukan Kristal pada sendi itu diakibatkan kondisi tubuh mengalami kadar asam urat yang sangat tinggi. Terasa nyeri, panas dan berdenyut secara tiba-tiba merupakan bagian dari gejala penyakit asam urat. Apabila penyakit ini diabaikan dan tidak cepat diobati, maka kemungkinan besar akan menimbulkan penyakit batu ginjal.

Baca juga: Inilah Gejala Asam Urat di Tangan yang Sering Terjadi

Macam Sayuran untuk Penderita Asam Urat

Penyakit asam urat yang dialami, tentunya harus menjaga pola makanan untuk menghindari dan mencegah asam urat. Namun begitu, macam sayuran untuk penderita asam urat merupakan bagian dari cara mengobati asam urat tersebut. Walaupun, penyakit ini bisa diatasi dengan obat-obatan baik secara alami maupun resep dokter sebagai langkah meredakan rasa nyeri dan menurunkan kadar asam urat.

Selain itu, rutin olahraga dan konsumsi minum air putih yang banyak tentu sangat dibutuhkan oleh orang yang menderita penyakit tersebut.

Berikut ini adalah macam sayuran untuk penderita asam urat, diantaranya:

Tomat dan Terong

Tomat dan terong adalah jenis tumbuhan sayuran yang memiliki kandungan zat purin lebih rendah sehingga sangat aman untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat. Selain menurunkan kadar, tomat dan terong juga kaya vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh.

Ubi Jalar

Selain tomat dan terong, ubi jalar juga memiliki kandungan hal yang sama. Tentu ini sangat baik untuk tubuh dalam mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit seperti asam urat. Oleh karena itu, wortel dan ubi jalar termasuk bagian dari macam sayuran yang cocok untuk dikonsumsi.

Brokoli

Sayuran brokoli mengandung vitamin C yang memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Jenis sayuran ini sangat aman bagi penderita penyakit asam urat agar dapat menurunkan kadar asam urat didalamnya.

Kentang

Kentang memiliki kandungan vitamin C dan zat purinnya rendah. Ini juga sama sangat membantu untuk kesehatan dalam mengurangi kadar asam urat.

Bayam

Sebetulnya, bayam ini memiliki kandungan zat purin juga. Namun, sayuran tersebut aman untuk dikonsumsi untuk semua orang terutama bagi penderita penyakit asam urat.

Kacang-kacangan

Secara umum, yang mengandung protein banyak itu adalah hewani. Namun, bagi penderita asam urat tentu harus menghindari protein dari hewani ini guna mengatasi tumpukan ristal berlebiha. Oleh karena itu, suapa asupan protein tetap ada, maka kacang-kacangan sangat cocok untuk dikonsumsi.

Baca juga: Inilah Gejala Asam Urat di Kaki yang Harus Diketahui

Hindari Makanan untuk Penderita Asam Urat

Hindari makanan untuk penderita asam urat merupakan bagian dari pencegahan, mengobati, menurunkan dan mengatasi penyakit asam urat. Berikut ini ada beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita penyakit asam urat, diantaranya:

  • Daging Merah
  • Jeroan seperti jeroan ayam, otak sapi, dll
  • Makanan laut
  • Roti
  • Produk makanan yang mengandung fruktosa tinggi.

Tips Mencegah Penyakit Asam Urat

Ada beberapa tips mencegah penyakit asam urat yang harus diketahui dan patut dihindari, seperti:

  • Banyak Minum Air Putih
  • Jauhi Minuman Beralkohol
  • Hindari Makanan Terlalu Manis
  • Kurangi Asupan Makanan Daging

Itulah salah satu macam sayuran untuk penderita asam urat yang kami sampai semoga bermanfaat. Bagi Anda yang mengalami penderita asam urat belum kunjungi sembuh, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menangani lebih lanjut.

Baca Selanjutnya: Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami 2021