Cara Mengatasi Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak dan Berlubang Secara Alami

  • 2 min read
  • Des 09, 2021
Gusi Bengkak dan Berlubang

SOLUSISEHATKU.COM – Cara mengatasi sakit gigi akibat gusi bengkak dan berlubang secara alami adalah bagian dari langkah awal pengobatan yang bisa ditangani lebih cepat. Namun, apabila jika dibiarkan maka dapat menyebabkan gangguan sakit kepala, nyeri telinga dan tidak nafsu makan dan minum.

Penyebab gusi bengkak biasanya disebabkan oleh terjadi peradangan yang diakibatka oleh infeksi pada gigi berlubang. Kondisi seperti ini akan menimbulkan nyeri gigi yang ditandai warna merah pada gusi dan terasa bau tak sedap.

Gusi Bengkak dan Berlubang

Adapun gejala lain yang diakibatkan gusi bengkak yaitu dapat menimbulkan bercak nanah pada bagian bawah gusi dan juga menyebabkan kerusakan area jaringan penopang.

Gusi Bengkak dan Berlubang

Gelaja gusi bengkak dan berlubang akan terasa gigi mulai sedikit berdenyut dan sakit secara terus menerus. Selain itu, dapat merasakan sakit pada bagian bawah mata dekat hidung serta nyeri kepala sebelah. Oleh karena itu, dengan pengobatan rumah secara alami menjadi salah satu cara paling cepat untuk menanganinya.

Berikut ini cara mengatasi sakit gigi akibat gusi bengkak dan berlubang yang dapat lakukan di rumah:

Kompres

Mengatasi sakit gigi akibat gusi bengkak bisa diobati dengan cara di kompres menggunakan air dingin atau hangat. Caranya pun cukup mudah, siapkan air hangat kedalam wadah kemudian masukan handuk atau waslap. Lalu peras dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit selama 5 menit.

Sedangkan kompres menggunakan air dingin, cukup bungkus es batu dengan kain halus dan tempelkan di area gusi bengkak. Lakukan terus menerus hingga nyeri gigi reda.

Berkumur Air Gram

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara mengatasi sakit gigi akibat gusi bengkak dan berlubang yang paling mudah. Pasalnya, air garam dapat mengandung mineral sehingga bermanfaat untuk mencegah bakteri yang masuk kedalam gusi.

Cara mengobati sakit gigi dengan air garam ini cukup menyiapkan 1 gelas air hangat kemudian masukan garam dengan ukuran 1 sendok. Lalu, aduk hingga rata dan berkumur-kumur selama 1 menit, kemudian buang jangan ditelan.

Minyak Esensial

Minyak esensial memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat meredakan sakit gigi akibat gusi bengkak dan juga sangat efektif untuk mencegah terjadinya pertumbuhan pada mikroorganisme bagian mulut.

Cara mengobati atau mengatasi sakit gigi akibat gusi bengkak dan berlubang dengan minyak esensial yaitu secara berkumur-kumur. Dimana, Anda harus menyiapkan 1 gelas air hangat kemudian campurkan dengan 3 tetesan minyak esensial dan aduk sampai rata. Selanjutnya, lakukan berkumur-kumur.

Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit bisa digunakan untuk pengobatan herbal secara alami yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Kandungan antiradang dan antioksidan didalam bubuk kunyit berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri gigi atau gusi bengkak.

Cara mengatasi sakit gigi akibat gusi bengkak dan berlubang dengan bubuk kunyit yaitu tempelkan hasil parutan bubuk kunyit ke bagian gusi yang bengkak dan tunggu hingga 10 menit. Selanjutnya, berkumur-kumur dengan air bersih dan lakukan 2 kali sehari sampai nyeri gigi mulai reda.

Minyak Cengkeh

Selain diatas, cara mengatasi sakit gigi akibat gusi bengkak dan berlubang ternyata bisa diobati dengan minyak cengkeh. Pasalnya, cengkeh ini merupakan bahan herbal yang mempunyai efek antibakteri dan juga antiradang.

Cara mengobati gusi bengkak dengan minyak cengkeh yaitu cukup dioleskan kebagian gusi yang bengkak atau bisa juga dilakukan dengan cara berkumur-kumur. Lakukan 3 kali sehari hingga rasa sakit pada gusi sudah reda.

Itulah langkah-langkah bagaimana cara mengatasi sakit gigi akibat gusi bengkak dan berlubang secara alami yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Harus Dipahami

 

Post Terkait :

One thought on “Cara Mengatasi Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak dan Berlubang Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.