10 Merk Sabun untuk Menghilangkan Bruntusan pada Bayi

  • 4 min read
  • Nov 17, 2021

Kulit bayi memiliki sensitifitas yang lebih tinggi dari orang dewasa. Masalah yang umum terjadi pada kulit bayi yaitu bruntusan. Selain menyebabkan rasa gatal dan panas, bruntusan juga mengganggu kenyamanan bayi. Dengan begitu, selaku orang tua harus lebih selektif ketika memilih sabun bayi.

10 Merk Sabun untuk Menghilangkan Bruntusan pada Bayi Terefektif

Berikut rekomendasi sabun untuk menghilangkan bruntusan pada bayi yang terbukti efektif:

sabun untuk menghilangkan bruntusan pada bayi

1. Sebamed Baby Bubble Bath

Sabun bayi dirancang secara khusus dengan formulasi yang lembut sehingga aman untuk digunakan pada kulit bayi. Salah satu rekomendasi sabun untuk menghilangkan bruntusan pada bayi adalah Sebamed Baby Bubble Bath. Sabun ini mengandung pH seimbang yang dibutuhkan kulit dan mampu untuk mengatasi bruntusan pada kulit bayi.

Selain bruntusan, sabun ini juga sangat efektif mengatasi kulit merah dan gatal-gatal pada bayi. Sebamed juga tidak pedih di mata serta aman digunakan. Karena sabun ini diformulasikan menggunakan bahan-bahan cukup ringan sehingga cocok untuk kulit sensitif.

2. Pure Baby Liquid Soap

Seperti yang diketahui, oat mampu mengatasi semua permasalahan kulit seperti beruntusan, ruam, dan lainnya. Salah satu sabun untuk menghilangkan bruntusan pada bayi yang mengandung oat adalah Pure Baby Liquid Soap. Selain oat, sabun ini juga terbuat dari bunga chamomile yang mampu menenangkan kulit. Kelembaban kulit bayi juga terjaga dengan adanya kandungan pro vitamin B5.

Menariknya sabun Pure bebas SLS sehingga aman untuk kulit sensitif. Dengan beberapa kandungan yang bermanfaat tersebut, harga yang ditawarkan Pure juga tidak terbilang mahal. Yaitu sekitar 120 ribuan dengan volume 230 ml.

3. Lactacyd Baby Liquid Soap Hypoallergenic with Milk Extract

Diformulasikan dengan khusus dan memiliki tekstur ringan seperti air, Lactacyd Baby Liquid Soap sangat direkomendasikan untuk mengatasi bruntusan pada bayi. Sabun untuk menghilangkan bruntusan pada bayi ini mengandung ekstrak susu yang di dalamnya terdapat lactic acid dan lactoserum yang dapat mengatasi ruam popok, biang keringat dan masalah kulit lainnya.

Dengan pH seimbang yang sesuai dengan kulit bayi serta dibuat hypoallergenic menjadikan sabun ini tidak akan menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi. Memiliki tekstur yang sangat lembut, Lactacyd juga mengklaim bahwa sabun ini dapat digunakan untuk bayi usia 3 hari.

4. Buds Organic Super Soothing Hydrating Cleanser

Sesuai dengan namanya, sabun untuk menghilangkan bruntusan pada bayi ini terbuat dari bahan organik sebanyak 95% sehingga aman untuk kulit bayi. Kandungan lain yang ada dalam sabun ini adalah mild sugar, asam amino dan hydrating fructan yang mampu mengatasi semua masalah pada kulit bayi.

Selain itu, Bud Organic juga mengandung probiotik dan vitamin E yang mampu membasmi kuman dan bakteri sehingga kulit bayi tetap bersih. Sabun bayi ini juga bebas pewangi buatan serta memiliki sertifikasi organic Ecocert sehingga keamanannya terjamin. Sayangnya, harga produk ini relatif mahal dibandingkan sabun bayi lainnya.

5. Johnson’s Baby Cooling Bath

Produk sabun untuk menghilangkan bruntusan pada bayi ini dapat memberikan sensasi sejuk pada kulit, sehingga rasa panas dan gatal akibat bruntusan dapat lebih terminimalisir. Kandungan honey suckle yang terdapat pada Johnson’s mampu mengurangi kemerahan, iritasi serta bruntusan. Sabun Johnson’s ini juga bisa melembapkan dan mencegah terjadinya infeksi pada kulit karena mengandung vitamin A dan E.

Dengan formulasi yang tidak menyebabkan perih di mata, sabun ini juga dapat digunakan juga pada anak-anak di atas 1 tahun. Dengan beberapa keunggulan tersebut, harga yang ditawarkan oleh sabun ini sangat terjangkau.

6. Aveeno Baby Dermexa Moisturizing Wash

Beberapa sabun memang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering, namun tidak dengan Aveeno Baby Dermexa Moisturizing Wash. Karena sabun untuk menghilangkan bruntusan pada bayi ini mengandung pH yang sesuai bagi kulit bayi. Selanjutnya kandungan jojoba oil yang terkandung dalam sabun ini juga mampu memberikan kelembapan sekaligus menghaluskan kulit.

Menariknya, Aveeno tidak hanya mampu mengatasi bruntusan pada kulit bayi saja, melainkan masalah ruam hingga eksim. Produk ini dijamin aman untuk kulit bayi karena dibuat dengan ultra gentle formula yang bebas paraben dan hypoallergenic tested. Dengan berbagai keunggulan tersebut, tidak heran jika sabun ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.

7. Ecolaiv Oilette Baby Ultra Sensitive Wash

Sabun bayi yang direkomendasikan lainnya adalah Ecolaiv Oilette Baby Ultra Sensitive Wash. Produk ini tidak hanya dapat digunakan untuk bayi saja melainkan juga remaja hingga kulit orang dewasa yang sensitif. Bahan yang terkandung dalam produk ini yaitu ceramide dan minyak botanical yang mampu memberikan kelembapan pada kuli,t sehingga kulit tidak mengalami dehidrasi.

Selain itu, sabun mengandung pH 5 yang aman untuk kulit serta bebas dari zat-zat berbahaya seperti paraben. Nilai plus dari penggunaan yang rutin akan membuat kulit lebih cerah dan kenyal.

8. Pigeon Baby Wash 2in1

Merk Pigeon sudah tidak asing lagi di kalangan orang tua. Sesuai dengan namanya, sabun ini tidak hanya dapat digunakan untuk sabun bayi saja melainkan juga sebagai shampoo. Pigeon memiliki kandungan berupa jojoba yang dapat menjaga kelembapan kulit serta chamomile yang sangat bagus untuk mengatasi bruntusan.

Sayangnya sabun pigeon tidak travel fiendly karena memiliki kemasan yang cukup besar yaitu ukuran 700 ml. Namun produk ini menyediakan refill sehingga tidak perlu khawatir dan repot untuk membeli kemasan full size kembali.

9. Zwitsal Baby Bar Soap Classic

Salah satu sabun bayi yang ditinjau langsung oleh dermatovenereologist adalah Zwitsal Baby Bar Soap Classic. Sabun ini mengandung antioksidan yang mampu memberikan perlindungan pada kulit dari radikal bebas. Kemudian ada kandungan canola oil untuk membantu melembutkan serta melembapkan kulit bayi.

Berbeda dengan beberapa sabun di atas, Zwitsal Baby Bar Soap Classic berbentuk batang. Di mana sabun batang biasanya menggunakan lebih sedikit bahan pewangi dan perwarna dibandingkan sabung cair. Maka dari itu, jika kulit bayi supersensitif, maka sabun ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi bruntusan.

10. Cetaphil Baby Moisturizing Bath & Wash

Salah satu tips memilih sabun bayi yang manjur adalah dengan melihat kandungannya terlebih dahulu. Dengan pH seimbang serta formula hypoallergenic, Cetaphil Baby Moisturizing Bath & Wash mampu mengatasi masalah iritasi, kemerahan dan bruntusan pada kulit bai. Kandungan ini juga akan meminimalisir risiko alergi ketika menggunakan produk.

Selain itu, sepertiga kandungan yang terdapat dalam produk ini berupa lotion yang kaya akan aloe vera. Yang sangat melembabkan kulit dan dipercaya dapat meredakan iritasi pada kulit yang sensitif.

Itulah beberapa merk sabun untuk menghilangkan bruntusan pada bayi yang paling efektif. Dikarenakan kulit bayi yang sensitif, disarankan untuk memilih sabun bayi yang aman dengan melihat beberapa kandungan di dalam sabun. Salah satunya yaitu memilih sabun dengan pH yang sesuai, bebas paraben, dan zat-zat kimia berbahaya lain.