Cara Memilih Sabun Bayi untuk Kulit Sensitif Yang Tepat

  • 2 min read
  • Okt 11, 2021
Cara Memilih Sabun Bayi untuk Kulit Sensitif Yang Tepat

Cara Memilih Sabun Bayi untuk Kulit Sensitif Yang Tepat

Cara memilih sabun bayi untuk kulit sensitif yang tepat tentu sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, kulit bayi kondisinya masih tipis dan belum keras hingga sangat rentan terjadi gejala-gejala yang timbul. Apabila ini diabaikan, maka akan menyebabkan suatu hal yang tidak diinginkan pada kulit bayi.

Perawatan kulit sensitif dengan sabun bayi merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga dan mencegah iritasi pada kulit bayi. Selain itu, dapat menyegarkan tubuh dan membersihkan debu yang menempel pada kulit.

Sabun Bayi untuk Kulit Sensitif

Sabun Bayi untuk Kulit Sensitif

Sabun bayi untuk kulit sensitif bisa dapatkan diberbagai toko penjual. Anda bisa memilih produk sabun yang cocok dengan kulit bayi. Selain itu, Anda harus memperhatikan masa batas waktu atau kadaluarsa di bungkus produk tersebut.

Memandikan bayi dengan menggunakan sabun khusus tentu menjadi bagian perawatan kebersihan dan kesehatan pada kulit bayi. Selain itu, bisa memakai lap bersih bertujuan untuk membasuh seluruh tubuh agar kulit tetap lembut.

Begitupun dengan air yang digunakan. Jangan memandikan bayi dengan air dingin maupun panas, sebab bisa menimbulkan kulit bayi lecet. Tapi pakai air hangat dengan ukuran suhu sekitar 37 derajat celcius supaya kulit tidak mengelupas.

Memandikan bayi cukup 10 menit saja. Apalagi jika usia bayi dibawah satu tahun tentu waktu mandi yang baik harus kurang dari 10 menit juga. Tujuannya adalah agar tidak menimbulkan iritasi dan kulit menjadi kering.

Supaya kulit sensitif bayi tetap terjaga, gunakan pakaian yang longgar dan bahan katun. Mengapa? Sebab, agar dapat menyerap keringat dan menjaga sirkulasi udara yang masuk. Selain itu, perhatikan penggunaan popok agar tidak menyebabkan ruam pada bayi.

Cara Memilih Sabun Bayi

Cara Memilih Sabun Bayi

Cara memilih sabun bayi yang tepat menjadi bagian perawatan kulit bayi dengan baik. Apabila salah memilih produk tentu bisa menyebabkan kulit bayi mengalami gejala-gejala. Oleh karena itu, carilah produk yang mengandung formulasi seperti dibawah ini.

Hypoallergenic

Hypoallergenic biasanya akan tertulis pada keterangan setiap produk sabun bayi yang sensitif. Apabila Anda melihat hal tersebut, maka resikonya sangat kecil pada alergi maupun iritasi.

Hindari Penggunaan Produk Antibakteri

Walaupun sangat bermanfaat pada kulit bayi, menghindari penggunaan produk antibakteri untuk kulit bayi yang sensitif tentu sangat baik agar tidak menyebabkan iritasi.

Mengandung Gliserin

Sabun bayi untuk kulit sensitif yang mengandung gliserin memiliki manfaat untuk melembabkan dan mecegah iritasi dan kulit kering.

pH seimbang

Menggunakan sabun bayi kulit sensitif dengan produk yang memiliki pH seimbang tentu sangat penting. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan lapisan pada kulit bayi. Biasanya produk sabun yang ada keterangan pH balanced, itu keseimbangan pHnya sudah sesuai dengan pH kulit bayi dan aman untuk digunakan.

Bebas Pewangi Berbahaya dan Alkohol

Memilih produk sabun bayi dengan bebas pewangi berbahaya dan alkohol adalah solusi paling tetap. Pasalnya, produk tersebut memiliki khasiat untuk menghindari gejala iritasi dan resiko lainnya pada kulit bayi.

Bebas Paraben

Sebuah produk yang memiliki keterangan bebas paraben tentu sangat membantu pada kuit untuk mencegah kontaminasi jamur maupun bakteri. Akan tetapi, kita harus tetap waspada dengan produk tersebut agar tidak menyebabkan terkena kanker.

Itulah salah satu cara memilih sabun bayi untuk kulit yang sensitif dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya para ibu yang sedang memiliki bayi.

Baca Selanjutnya: Tips Cara Awet Muda Secara Alami