Review Melanox, Ampuh Atasi Bekas Jerawat Akibat Hiperpigmentasi

  • 4 min read
  • Des 18, 2021
review melanox

Ketika jerawat pada wajah sudah sembuh sering kali menimbulkan beberapa noda di kulit wajah yang sangat susah untuk dihilangkan. Untuk menghilangkannya dibutuhkan perawatan yang tepat, seperti menggunakan Melanox. Berikut ini review Melanox yang diklaim mampu untuk mengatasi noda hitam wajah hingga mencegah penuaan dini.

Kandungan dalam Melanox

Melanox merupakan cream yang digunakan untuk mencerahkan kulit akibat hiperpigmentasi. Produk ini tersedia dalam dua jenis yaitu Melanox dan Melanox Forte. Kandungan yang ada dalam Melanox adalah hydroquinone 2%, sedangkan untuk Melanox Forte adalah 4%.

Perlu diketahui bahwa kandungan hydroquinone yang dianggap aman untuk kulit adalah tidak lebih dari 2%. Oleh karena itu, sebelum menggunakan produk Melanox perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Khususnya bagi pemilik kulit sensitif yang tidak dapat terpapar hydroquinone.

Manfaat Melanox

Beberapa review Melanox menyebutkan bahwa produk ini menawarkan berbagai manfaat. Hal ini karena, di dalam Melanox mengandung bahan-bahan tertentu yang memiliki cara kerja serta manfaat yang beragam. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan Melanox:

1. Mengatasi Hiperpigmentasi

Kandungan hydroquinone yang ada di dalam Melanox adalah sebanyak 2%. Di mana kandungan ini diklaim mampu menghambat kerja enzim tyrosinase yang menyebabkan flek hitam pada kulit. Dengan kata lain, Melanox dapat mencerahkan kulit akibat hiperpigmentasi.

Seperti yang diketahui, hiperpigmentasi merupakan bercak gelap pada kulit yang terjadi karena tubuh memproduksi zat melanin dalam jumlah berlebih. Sementara, melanin merupakan zat pigmen yang dapat memberikan warna pada kulit. Biasanya, bercak gelap ini tumbuh di beberapa bagian tubuh, namun juga dapat muncul di seluruh tubuh.

2. Mengatasi Bintik Hitam

Bintik hitam yang muncul di wajah, biasanya terjadi karena paparan sinar UV matahari. Warna dari noda atau sunspot ini umumnya cokelat hingga hitam. Tidak hanya pada wajah saja, bintik hitam ini juga dapat tumbuh di bagian tubuh lainnya.

Noda ini merupakan bentuk dari hiperpigmentasi yang dipicu oleh sinar UV. Untuk mengatasi bintik ini maka diperlukan eksfoliasi pada kulit. Salah satunya adalah dengan menggunakan Melanox.

3. Mengatasi Bekas Jerawat

Berdasarkan beberapa review Melanox, banyak orang yang sudah membuktikan bahwa produk ini ampuh mengatasi bekas jerawat pada kulit. Seperti yang diketahui, hampir semua jerawat akan meninggalkan bekas atau noda pada kulit wajah. Noda ini cukup sulit untuk dihilangkan.

Jika menggunakan Melanox secara rutin, noda kemerahan dan kehitaman akibat jerawat akan pudar dengan cepat. Hanya saja, perlu pastikan dulu bahwa kulit tidak sensitif terhadap kandungan yang ada dalam Melanox.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat lain yang akan didapatkan ketika menggunakan Melanox adalah kulit wajah akan tampak lebih cerah. Hal ini dapat terjadi karena adanya kandungan hydroquinone yang sudah dijelaskan di atas. Kandungan ini dapat mengurangi produksi melanosit dan melanin yang terdapat di dalam kulit.

Hydroquinone dapat menekan pembentukan flek hitam pada kulit. Ketika digunakan secara rutin, maka kulit akan jauh lebih cerah serta warna kulit juga merata. Menariknya, tidak ada efek pengelupasan kulit ketika menggunakan produk ini.

5. Mencegah Penuaan Dini

Untuk lebih memaksimalkan penggunaan cream Melanox maka dapat juga dilengkapi dengan Melanox Skin UV Protector. Sunscreen ini mengandung Sodium Carboxymethyl Beta Glucan, vitamin E dan ekstrak teh hijau.

Dengan menggunakan Melanox ini maka, kulit akan terlindungi dari tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, kulit juga akan tetap lembab dan terjaga elastisitasnya. Melanox juga mengandung ekstrak pepaya dan ekstrak lemon yang mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah.

Cara Penggunaan Cream Melanox

Untuk menggunakan Melanox caranya sangat mudah. Cukup mengoleskan cream Melanox pada area kulit wajah yang bermasalah. Pastikan untuk menghindari area sekitar mata, mulut dan bawah hidung.

Dalam review Melanox, cream ini dapat digunakan pagi dan malam hari. Pastikan mengaplikasikan sunscreen ketika Melanox digunakan pada pagi hari. Melanox juga dapat dikombinasikan dengan produk perawatan kulit lainnya yang mengandung AHA maupun retinol.

Efek Samping dan Bahaya Melanox

Meskipun memiliki segudang manfaat, namun Melanox juga memiliki efek samping tersendiri. Beberapa review Melanox menyebutkan efek samping penggunaan cream ini biasa terjadi pada pemilik kulit sensitif.

Beberapa efek samping dari penggunaan Melanox antara lain kulit gatal, kemerahan, kering atau terasa seperti terbakar. Jika setelah menggunakan Melanox dan terjadi hal tersebut dan tidak kunjung mereda, maka perlu memeriksakan diri ke dokter.

Efek samping lainnya dari penggunaan hydroquinone dalam jangka panjang akan menyebabkan terjadinya ochronosis. Di mana kulit akan berubah menjadi biru kehitaman. Oleh karena itu, ikuti petunjuk yang disarankan dokter dengan tepat agar tidak mengalami hal tersebut.

Apakah Melanox Aman Digunakan untuk Semua Orang?

Jika melihat dari kandungan yang terdapat dalam Melanox, cream ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit tertentu. Akan lebih baik untuk pemilik kulit kering, berjerawat parah hingga sensitif menghindari penggunaan cream ini. Dikarenakan efek yang ditimbulkan dari Melanox dapat menyebabkan kemerahan maupun gatal.

Apalagi ketika menggunakan Melanox, maka kulit tidak dapat menerima perlindungan sel melanin dari sinar matahari. Namun, untuk beberapa kasus dokter akan menyarankan penggunaan Melanox ini. Oleh karena itu, perlu berkonsultasi kepada dokter yang tepat sebelum benar-benar ingin menggunakan Melanox.

Selain pemilik kulit tersebut, dari beberapa review Melanox menyebutkan bahwa ibu hamil dan menyusui juga tidak diperbolehkan menggunakan Melanox. Hal ini sudah jelas, karena kandungan hydroquinone yang ada di dalamnya masih memiliki kontroversial terkait efek samping untuk tubuh. Dikhawatirkan kandungan ini akan membahayakan janin atau bayi yang sedang dikandung.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Melanox

Sebelum benar-benar menggunakan Melanox, maka perlu memperhatikan beberapa peringatan terlebih dahulu. Jadi, tidak ada kesalahan yang akan berakibat fatal pada kulit nantinya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencoba menggunakan Melanox:

  • Jika memiliki riwayat alergi terhadap hydroquinone, maka jangan menggunakan Melanox.
  • Pastikan untuk konsultasi dengan dokter jika sedang mengalami asma, penyakit ginjal, liver atau sedang mengkonsumsi antibiotik.
  • Tidak diperbolehkan menggunakan Melanox pada kulit yang iritasi, sunburn ataupun terluka.
  • Hindari menggunakan Melanox di area bibir, mata, hidung maupun rongga mulut.
  • Jauhi paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama ketika menggunakan Melanox. Dikarenakan cream ini dapat membuat kulit mudah terbakar sinar matahari.
  • Gunakan sunscreen atau tabir surya ketika menggunakan Melanox di siang hari.
  • Ketika menggunakan Melanox, hindari penggunaan produk yang dapat mengiritasi kulit seperti sabun, sampo atau pembersih yang mengandung alkohol ataupun pewangi.
  • Konsultasi dengan dokter jika sedang hamil, menyusui maupun sedang merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika sedang mengkonsumsi produk herbal maupun suplemen.
  • Jika muncul alergi atau efek samping setelah menggunakan Melanox, maka harus segera menemui dokter.

Baca Juga: 9 Review Natur E Produk Pelembab dan Pencerah Kulit

Itulah review Melanox secara singkat yang ampuh mengatasi noda-noda hitam pada kulit wajah. Gunakan Melanox secukupnya dengan cara mengoleskan tipis-tipis pada kulit wajah. Selain itu, Melanox juga dapat dioleskan setiap 12 jam sekali. Pastikan untuk mengikuti anjuran dokter ketika menggunakan obat ini.