5 Resiko Akibat Sering Begadang dapat Menggangu Kesehatan Tubuh

  • 2 min read
  • Okt 14, 2021
5 Resiko Akibat Sering Begadang dapat Menggangu Kesehatan Tubuh

5 Resiko Akibat Sering Begadang dapat Menggangu Kesehatan Tubuh

Banyak sekali resiko pada kesehatan tubuh yang dapat dialami oleh seseorang akibat sering begadang tiap hari.

Padahal, kesehatan tubuh itu sangat mahal dan harus dijaga dengan sebaik mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketika seseorang sering begadang sampai tengah malam atau tak pernah tidur, maka akan menimbulkan gangguan pada organ tubuh.

Baca juga: Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Resiko Akibat sering Begadang

Berikut ini adalah resiko akibat sering begadang yang bisa menyebabkan kesehatan tubuh jadi lemah, diantaranya:

Darah Tinggi

Sebuah penelitian mengatakan bahwa timbulnya tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh resiko akibat sering begadang. Pasalnya, orang yang tidak pernah tidur malam hari tentu jumlah waktu tidur berkurang, kualitas tidak nyama, pola hidup tidak sehat, dan kurang olahgara sehingga bisa menyebabkan hipertensi yang sangat tinggi.

Selain itu, akan menimbulkan stres fisik dan gangguan pada psikologis akibat dari tekanan darah tersebut.

Rentan Mengalami Kenaikan Berat Badan

Selain darah tinggi, resiko akibat sering begadang lainnya adalah orang akan rentan mengalami kenaikan berat badan.

Pada saat seseorang sering konsumsi makanan ditengah malam, maka dapat mengganggu pada tubuh untuk melakukan metabolisme makanan. Sehingga akan menimbulkan pembakaran lemak menjadi buruk.

Biasanya orang yang begadang itu, cenderung mengkonsumsi makanan sekitar 248 kalori dan tentunya tidak terjaga dalam gaya hidup.

Sulit Berolahraga

Faktor sulit berolahraga bisa ditimbul dari resiko akibat sering begadang.

Dalm esbuah penelitian menyatakan bahwa orang yang begadang sampai larut malam biasanya akan terlambat waktu bangun tidur, sehingga aktivitas olahraga akan sulit. Selain itu, masalah kebugaran akan terlihat pada seseorang.

Sementara waktu olahraga yang paling bagus adalah pagi hari.

Kurang Tidur

Kurang tidur secara normal biasanya memiliki resiko akibat sering begadang, jika dibandingkan dengan waktu tidur dan bangun lebih awal.

Seperti contoh, apabila seseorang sering begadang tiap hari tidur dari jam 3 pagi dan harus bangun jam 8 pagi. Maka kualitas tidur mereka berkurang sehingga akan menimbulkan rasa ngantuk pada saat siang hari atau sedang beraktivitas.

Menebus waktu tidur tentu tidak mudah untuk ditentukan. Namun, biasanya aka merubah waktu tidur hingga membuat resiko pada kesehatan.

Daya Ingat Berkurang

Seorang remaja memang kekebalan tubuhnya sangat kuat. Namun, pada saat sering begadang tentu bisa menimbulka daya ingat berkurang. Jadi, resiko akibat sering begadang bagi remaja ini aka sulit dalam menghafal atau mengingatkan.

Misalkan, anak remaja sering main tengah malam tiap hari dan terbiasa tidur jam 2 pagi. Maka di waktu kemudian hari, ketika ingin menghafal atau ditanya sesuatu, mereka akan berpikir kepanjangan akibat lupa.

Mudah Marah dan Suasana Hati Tak Tenang

Dari pengalaman seseorang berbicara masalah resiko akibat sering bergadang adalah gampang mudah marah dan suasana hati tak tenang.

Selain itu, kondisi kepala terasa berat, badan pegal-pegal, sering panas dibagian punggung, mudah cemas, selalu berpikir negatif dan sebagainya.

Apabila seseorang sering begadang tengah malam dan mudah marah, biasanya akan menimbulkan cekcok dengan saudara, istri, atau keluarga yang ada dirumah pada saat ada sedikit masalah.

Rentan Celaka saat Berkendara

Yang terakhir resiko akibat sering begadang yaitu sangat rentang celaka saat berkendara.

Ketika seseorang begadang sampai pagi, dan langsung beraktivitas bekerja sambil membawa kendaraan, maka rasa ngantuk mulai terjadi.

Oleh karena itu, hindari membawa kendaraan dipagi hari ketika ada sering begadang sampai larut malam agar tidak menimbulkan hal yang tidak dinginkan.

Baca Selanjutnya: 5 Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

 

Post Terkait :

One thought on “5 Resiko Akibat Sering Begadang dapat Menggangu Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *