Makanan Untuk Ibu Menyusui Supaya Bayi Cerdas dan Sehat

  • 2 min read
  • Agu 13, 2016
Makanan Untuk Ibu Menyusui

Makanan Untuk Ibu Menyusui

Menyusui merupakan salah satu proses penting dalam upaya untuk memberikan asupan nutrisi bagi tumbuh kembang anak. Anjurannya proses menyusui bayi secara eksklusif selama 6 bulan penuh tanpa makanan lain. Setelah itu berlanjut hingga 2 tahun dengan makanan pendamping ASI.

Selama menyusui tentunya disarankan untuk mengonsumsi makanan untuk ibu menyusui yang sehat dan bergizi. Hal ini supaya memberikan hasil ASI yang melimpah dan tentunya berkualitas. Dengan ASI yang berkualitas maka tumbuh kembang si kecil tidak akan terhambat.

Anak-anak yang mendapatkan asupan ASI berkualitas tentunya akan tumbuh dengan sehat dan cerdas. Lalu bagaimana untuk mendapatkan ASI yang berkualitas? Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi.

Jenis Makanan Sehat yang Disarankan Untuk Ibu Menyusui

Yoghurt

Nah, salah satu makanan untuk ibu menyusui yaitu dari produk olahan susu berupa yoghurt. Mengonsumsi yoghurt selama menyusui sangat berguna untuk memperlancar saluran pencernaan dan membantu pertumbuhan tulang bayi. Hal ini karena yoghurt mengandung kalsium dan juga bakteri baik.

Salmon

Ikan yang satu ini sangat kaya akan nutrisi, salah satunya yaitu asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak. DHA yang terdapat pada ikan salmon akan membantu perkembangan sistem saraf anak. Oleh karena itu, masukkan salmon ke dalam menu makanan Anda selama menyusui.

Susu Rendah Lemak

Konsumsilah jenis susu rendah lemak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Jenis susu yang kaya akan kandungan protein, vitamin D dan vitamin B sangat bagus untuk tumbuh kembang si kecil. Di samping itu, kalsium yang terdapat pada susu akan membantu proses pemadatan tulang si kecil.

Mengonsumsi susu selama menyusui sangat dianjurkan untuk kesehatan sanga Bunda dan juga bayi dalam tahap tumbuh kembang.

Kacang Merah

Kacang-kacangan juga dianjurkan selama menyusui. Jenis makanan yang satu ini kaya akan kandungan zat besi, protein dan juga nutrisi lain yang berguna untuk kesehatan ibu dan juga bayi dalam masa pertumbuhan.

Zat besi pada kacang merah akan membantu memperlancar sirkulasi darah sehingga mencegah penyakit anemia selama menyusui. Bahkan protein pada kacang merah berperan aktif dalam mengganti sel-sel pada bayi yang rusak.

Kacang Hijau

Selain kacang merah, konsumsi juga kacang hijau yang kaya manfaat. Kacang hijau bisa membantu memperlancar ASI. Kacang hijau bisa mengonsumsinya dalam bentuk olahan bubur yang lezat dan kaya manfaat.

Beras Merah

Setelah Bunda melahirkan dan ingin menurunkan berat badan, sebaiknya konsumsi beras merah. Hal ini karena beras merah merupakan salah satu jenis makanan rendah kalori dan lemak sehingga akan membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Di samping itu beras merah kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan ibu menyusui. Dengan konsumsi beras merah maka berat badan setelah melahirkan akan Bunda dapatkan lagi.

Roti Gandum

Makanan olahan dari gandum juga tergolong salah satu jenis makanan kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan ibu menyusui. Bahkan kandungan nutrisi pada roti gandum bisa menjaga kesehatan pencernaan bayi dan terhindar dari gangguan pencernaan.

Buah-buahan dan Sayuran

Selama hamil, konsumsi buah-buahan dan sayuran. Kandungan nutrisi pada buah dan sayur sudah tidak perlu membahasnya lagi. Sebab kedua jenis makanan ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan bisa membantu memperlancar ASI dan menghasilkan ASI yang berkualitas untuk tumbuh kembang si kecil.

Demikian beberapa jenis makanan yang dianjurkan bagi ibu menyusui untuk menghasilkan ASI berkualitas dan mendukung tumbuh kembang si kecil. Semoga bermanfaat.

Post Terkait :

One thought on “Makanan Untuk Ibu Menyusui Supaya Bayi Cerdas dan Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *