Miom, Tumor dan Kista merupakan tiga kata yang sangat mengerikan ketika didengar, apalagi bagi anda yang terdiagnosis hal ini merupakan sebuah mimpi buruk. Seringkali masyarakat khususnya kaum hawa mengira bahwa miom, tumor dan kista itu sama, padahal ketiga hal itu berbeda. Namun tahukah anda perbedaan Miom, Tumor dan Kista itu apa ?

Tumor

Tumor merupakan sebuah benjolan yang tumbuh didalam tubuh dan dapat berkembang dimana saja seperti organ, tulang dan jaringan lunak. Benjolan ini juga dapat berupa padatan atau daging maupun cairan. Tumor dalam tubuh ada dua sifat, ada yang jinak (pada umumnya tidak berbahaya) dan ada yang ganas (yang sering disebut dengan kanker).

Sifat dari tumor jinak yaitu hanya tinggal dalam satu tempat dan tidak menyebar ke bagian tubuh yang lainnya, dan ketika diobati pun akan langsung bisa merespon. Sedangkan tumor ganas yaitu tumor yang dapat menyebr ke bagian tubuh lainnya serta kebal terhadap obat.

Adapun dilihar dari sifat jaringannya Tumor terbagi beberapa kategori, yaitu padat, dan cair (sering disebut kista) serta campuran padat dan cair

Miom

Salah satu tumor jenis jaringan padat adalah Mioma atau sering disebut juga dengan Miom. Nama lain dari Mioma adalah Fibroid. Miom sendiri tumbuh pada jaringan ikat di rahim wanita (uterus) namun ada juga yang tumbuh di bagian indung telur. Adapun penyebabnya sampai sekarang belum diketahui dengan jelas, akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terbentuknya miom yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron serta kehamilan.

Gejala tumbuhnya Miom pada rahim wanita sering kali tidak diketahui karena tidak menampakkan gejala-gejala aneh, akan tetapi lama-kelamaan akan timbul rasa tidak nyaman, sering nyeri ketika berhubungan seks, sering buang air kecil, timbul rasa nyeri di pinggang, bahkan sampai terjadi pendarahan pada vagina selain haid.

Baca Juga:  Gaya Hidup Sehat dan Kebiasaan Baik Untuk Mencegah Kanker Payudara

Jika Miom ini tidak ditangani dengan segera dan membiarkannya tumbuh, maka lama-kelamaan Miom ini akan berubah menjadi kanker.

Kista

Tumor jaringan yang berisi cairan dan bisa hidup dimana saja dalam anggota tubuh disebut dengan kista. Namun kebanyakan kista tumbuh di indung telur (Ovarium) yang sering disebut sebagai kista ovarium. Kista juga termasuk kedalam tumor jinak sehingga tidak berbahaya. Sama halnya dengan Miom, Kista juga pada awalnya tidak memberikan gejala-gejala yang aneh, namun jika terus dibiarkan maka akan semakin parah dan dapat mempengaruhi pada kehamilan.

Adapun perbedaan kista dan miom adalah pada bentuknya. Jika Miom terbentuk dari selsel padat yang terus tumbuh sehingga menjadi daging yang dapat menimbulkan pendarahan, sedangkan kista terbentuk dario cairan yang menumpuk.

Inilah sedikit ulasan tentang perbedaan Tumor, Miom dan kista. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here