Tips Perawatan Rambut agar Tetap Sehat dan Mengkilap

  • 2 min read
  • Okt 10, 2021
Perawatan Rambut
Spread the love

Perawatan Rambut

Solusisehatku – Ingin rambut tetap sehat dan mengkilap tentu tidak cukup dengan mandi saja. Banyak sekali tips perawatan rambut agar tetap sehat dan mengkilap yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus pergi ke salon.

Rambut adalah bagian fashion yang sangat penting untuk tetap terjaga. Walaupun, rambut selalu dibersihkan tiap hari tentu kurang cukup mengkilap. Oleh karena itu, perawatan rambut bisa dijadikan sebagai cara agar tetap sehat dan mengkilap.

Baca juga: Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Perawatan Rambut

Perawatan rambut merupakan suatu penataan yang baik untuk menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya rontok. Selain itu, dapat menghindari kerusakan rambuat dan kering akibat terkena sinar matahari. Maka dari itu, dengan menggunakan perawatan, rambut bisa tetap sehat dan tampak indah.

Tips Perawatan Rambut agar Tetap Sehat dan Mengkilap

Berikut ini adalah tips perawatan rambut agar tetap sehat dan mengkilap yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Perawatan Setelah Keramas

Perawatan setelah keramas merupakan hal yang umum untuk dilakukan agar rambut tetap terjaga. Namun, biasanya pada saat setelah mandi, rambut yang masih basah langsung gosok dengan handung. Hal ini membuat rambut terlihat lebih kusut dan berantakan.

Agar supaya rambut tetap sehat dan mengkilap, hindari mengosok atau menyisir setelah mandi. Tunggu rambut sampai kering baru bisa melakukan penataan agar rambuat menjadi sehat. Selain itu, jangan terlalu sering memakai hair dryer karena akan menyebabkan rambut bisa kering.

Merawat kulit kepala

Merawat kulit kepala adalah salah satu tips cara menjaga kesehatan rambut yang baik. Cara merawat rambut bisa dilakukan dengan pijatan secara perlahan pada saat keramas untuk merangsang folikel rambut dan meingkatkan sirkuliasi darah agar rambut menjadi mengkilap dan tebal.

Folikel rambut diakibatkan oleh kulit kepala yang sehat dan aliran darah di kepala berjalan lancar. Alangkah baiknya gunakan produk rambut yang memiliki kandungan nyimak alami dan hindari produk yang tidak cocok.

Selain itu, lindungi rambut dari sinar matahari pada saat Anda keluar rumah.

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Perawatan rambut agar tetap sehat dan mengkilap bisa terjadi sering mengkonsumsi makanan bernutrisi. Yang mana, makanan cocok untuk kesehatan rambut yaitu, kacang, daging, telur, ikan dan susu.

Selain itu, penuhi dengan asupan omega-3 dan zinc seperti mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, makanan laut, daun hijau, dan suplemen biotin yang berfungsi untuk mencegah dan mengurangi rambut rontok.

Menggunakan Sampo yang Cocok

Untuk menjaga rambut tetap sehat, maka Anda harus menggunakan sampo yang cocok dengan rambut Anda agar tidak menimbulkan yang diinginkan seperti rambut rontok, bercabang dan ketombe.

Selain itu, hindari menggunakan produk sampo berbahan keras seperti sodium lauryl sulfate dan ammonium lauryl sulfate. Tujuannya adalah untuk menjaga kulit kepala dari iritasi.

Minimalkan Penggunaan Akessoris Rambut

Supaya rambut tetap sehat, minimalkan penggunaan aksesoris rambut yang merupakan cara perawatan terbaik dari yang lainnya. Jangan sering mengepang atau mengikat rambut terlalu lama agar tidak menimbulkan rambut menjadi rontok.

Jika kesehatan rambut Anda sedang bermasalah, sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk berkonsultasi agar dapat mengetaui penyebab dan cara mengobatinya.

Itulah salah satu tips perawatan rambut agar tetap sehat dan mengkilap yang bisa Anda coba lakukan di rumah.

Baca Selanjutnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Post Terkait :

One thought on “Tips Perawatan Rambut agar Tetap Sehat dan Mengkilap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *