Penyebab Pilek Saat Hamil dan Ini Cara Mengatasinya

  • 2 min read
  • Nov 17, 2021
Penyebab Pilek Saat Hamil dan Ini Cara Mengatasinya

Solusisehatku.comPenyebab pilek saat hamil dan ini cara mengatasinya – Mengalami pilek dan terkena penyakit memang sangat rentan pada ibu hamil. Namun, kendala seperti ini tentu tidak akan membahayakan pada janin. Akan tetapi, sangat mengganggu dalam menjalankan segala aktivitas sehari hari.

Penyebab Pilek Saat Hamil dan Ini Cara Mengatasinya

Terkena pilek biasanya akan dialami oleh orang dewasa hanya 1-3 kali dalam setiap tahun. Pilek akan sembuh hanya dalam waktu beberapa hari saja. Tetapi, bagi ibu hamil memang sangat cepat terjadi dan mudah cepat sembuh.

Penyebab Pilek Saat Hamil

Penyebab pilek bisa terjadi akibat kondisi kekebalan tubuh menurun dan energi tubuh sangat terkuras. Sehingga sangat mudah terserang dan dapat mengganggu pada kesehatan tubuh lainnya. Apalagi, jika janin yang ada di dalam kandungan sangat membutuhkan energi yang kuat dan tubuh harus sehat agar tidak menyebabkan risiko yang tidak diinginkan.

Dengan kedua penyebab hal tersebut akan lebih mudah terkena pada ibu hamil. Oleh karena itu, menjaga pola hidup sehat sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh khususnya para ibu yang sedang hamil.

Cara Mengatasi Pilek Saat Hamil

Ketika Anda sudah mengetahui penyebabnya, maka solusi mengatasi hal tersebut tentu harus cepat diobati agar cepat sembuh. Sebagai berikut cara mengatasi pilek saat hamil yang bisa dicoba lakukan di rumah.

Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih merupakan salah satu cara mengatasi pilek saat hamil. Pasalnya, tubuh yang semakin membesar dikarenakan janin berkembang dalam kandungan membuat asupan cairan sangat ditubuhkan.

Minum air putih yang dianjurkan bagi ibu hamil dalam setiap harinya adalah 3 liter atau hampir sama 12 gelas. Selain minum air putih, ada beberapa asupan cairan tambahan yang boleh dikonsumsi, di antaranya sup kaldu dan jus.

Istirahat yang Cukup

Cara mengatasi pilek saat hamil selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Pasalnya, apabila memiliki waktu istirahat cukup, maka daya tahan tubuh akan semakin kuat dan segar, sehingga pilek akan cepat sembuh. Selain itu, hindari begadang atau tidur terlalu malam, supaya kesehatan tubuh ibu hamil dan janin tetap terjaga dan tidak menimbulkan risiko gangguan pada tubuh.

Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang menjadi bahan pola hidup sehat tentu sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Ada beberapa sayuran dan buah-buahan yang dapat dikonsumsi bagi ibu hamil, seperti pisang, alpukat, apel, mangga, brokoli dan sayuran hijau lainnya. Ini menjadi bagian dari cara mengatasi pilek saat hamil.

Minum Teh Hangat yang dicampur dengan lemon dan madu

Meredakan sakit pada tenggorokan dan disertai dengan pilek bisa diobati dengan minum teh hangat yang dicampur dengan lemon dan madu. Selain itu, bisa berkumur-kumur dengan air garam hangat yang menjadi obat alternatif. Minum teh hangat ini menjadi cara mengatasi pilek saat hamil paling cepat dalam pengobatannya.

Berolahraga

Berolahraga merupakan cara mencegah dan mengatasi penyakit tersebut. Pasalnya, sering olahraga rutin dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh yang lebih kuat dan sehat. Olahraga yang cocok bagi ibu hamil, yaitu jalan kaki, yoga dan senam ringan.

Jadi itulah penyebab pilek saat hamil dan ini cara mengatasinya dalam pembahasan kali ini pada situs solusisehatku.com, semoga dapat bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Makanan Nutrisi Bagi Ibu Hamil yang harus Terpenuhi