Pada umumnya, orang-orang yang kehilangan nafsu makan cenderung sedang mengalami stress berlebih. Apakah hal ini juga berlaku pada anak balita ?

Setiap anak pasti mengalami fase dimana nafsu makan mengalami penurunan. Apalagi ketika usia satu sampai lima tahun. Pada masa itu anak sudah bisa menolak makanan apapun yang masuk kedalam mulutnya dengan jelas, mulai dari menutup mulut ketika disuapi, melepeh makanan, memilih menu sampai dengan mengulur waktu makan. Hal ini bisa membuat bunda jengkel dan panik melihat tingkah anak seperti itu, namun bunda jangan terlalu khawatir karena ini hanya berlangsung sementara.

Penyebab Nafsu Makan Anak Menurun

Saat anak usia satu sampai lima tahun mengalami penurunan nafsu makan merupakan salah satu hal yang normal, apalagi ketika si anak baru lepas ASI dan baru bisa berjalan. Bahkan sering kali nafsu makan anak berubah-ubah, hal ini desebabkan oleh beberapa hal yaitu :

  1. Terlalu kenyang dengan cemilan-cemilan yang bunda sajikan di rumah. Makanya hindari anak dari berbagai macam cemilan apalagi jajanan-jajanan siap saji, karena hal ini dapat mempengaruhi terhadap nafsu makan anak
  2. Anak mulai mengenal banyak rasa terhadap makanan.
  3. Bosan dengan menu makanan yang bunda sajikan. Disarankan untuk orang tua untuk selalu mengganti menu makanan setiap harinya guna menghindari rasa bosan anak terhapat cita rasa makanan, dan tidak ada salahnya jika bunda menanyakan terhadap anak menu apa yang anak inginkan. Karena pada usia balita, anak sudah mulai mempunyai indra pengecap dengan baik.
  4. Orang tua terlalu memaksakan anaknya untuk makan melebihi porsi yang dibutuhkan oleh tubuhnya, hal ini bisa membuat nafsu makan si kecil semakin berkurang.
  5. Anak sedang merasa sakit maka secara otomatis nafsu makan pun akan menurun.
  6. Anak merasa stress dengan lingkungan sekitar, atau bisa jadi anak stress karena tuntutan orang tua yang mengharuskan anaknya untuk makan sesuai dengan porsi yang diinginkan orangtuanya.
  7. Ada fase dimana anak membutuhkan perhatian lebih, makanya bunda harus bisa lebih sensitif terhadap apa yang diinginkan oleh anak. Banyak hal yang bisa dilakukan anak dalam mmencari perhatian terhadap orang tuanya, salah satunya yaitu dengan penolakan makan. Biasanya hal ini terjadi pada anak yang orang tuanya sibuk bekerja atau berkarier.
Baca Juga:  Makanan Super Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Lamanya Nafsu Makan anak Berkurang

Ketika anak usia diatas satu tahun sampai lima tahun, mereka hanya akan makan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh mereka. Maka, merupakan hal yang wajar jika sang anak terkadang mengalami penurunan nafsu makan. Fase ini tidak akan berlangsung lama, paling sekitar 2 hingga 4 pekan. Pada fase ini bunda harus tetap memantau asupan gizi dan nutrisi anak agar tetap sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here