Perhatikan Penyebab Darah Tinggi Saat Sedang Hamil

  • 2 min read
  • Nov 15, 2021

Solusisehatku.comPerhatikan Penyebab darah tinggi saat sedang hamil – Mungkin sebagian ibu hamil pastinya pernah mengalami sakit kepala secara tiba-tiba? Biasanya, itu merupakan sebuah tanda gejala darah tinggi. Oleh karena itu, ketika seorang ibu hamil mengalami darah tinggi tentu harus cepat diobati agar tidak menyebabkan bahaya pada kesehatan.

Perhatikan Penyebab Darah Tinggi Saat Sedang Hamil

Penyebab darah tinggi pada ibu hamil bisa terjadi dengan berbagai faktor. Namun, tekanan darah, normalnya sekitar 90/60mmHg sampai 120/80mmHg. Sedangkan tekanan darah tinggi paling sering terjadi di atas 140/90mmHg.

Penyebab Darah Tinggi Saat hamil

Penyebab darah tinggi saat hamil memang saat ini belum bisa diketahui secara pasti. Hipertensi gestasional atau darah tinggi merupakan terjadinya darah tinggi saat kehamilan. Penyakit darah tinggi seperti ini bisa sembuh dengan sendirinya pada saat setelah melahirkan.

Ada beberapa penyebab darah tinggi saat sedang hamil yang patut diketahui agar tidak menimbulkan bahaya pada kesehatan, di antaranya:

  • Memiliki penyakit diabetes atau ginjal
  • Berat badan berlebihan
  • Memiliki riwayat darah tinggi sebelum terjadinya hamil
  • Sistem imun memiliki gangguan
  • Kemungkinan besar, hamil kembar
  • Usia masih di bawah 20 tahunan atau lebih dari 40 tahun

Bahaya Darah Tinggi

Penyebab darah tinggi saat hamil tentu memiliki risiko pada kesehatan. Bahaya darah tinggi pada janin dan ibu hamil biasanya sanga rentan pada kompilasi persalinan. Maka dari itu, ketika ibu hamil sedang mengalami darah tinggi, segara tangani lebih cepat agar tidak membahayakan pada tubuh dan janin.
Sebagai berikut, bahaya darah tinggi pada saat sedang hamil, di antaranya:

Kerusakan Pada Organ

Kerusakan pada organ merupakan salah satu bahaya darah tinggi saat hamil. Penyebab darah tinggi seperti ini karena tidak terkontrol yang menimbulkan berbagai organ tubuh lainnya menjadi rusak, seperti hati, paru-paru, jantung, ginjal dan otak.

Keguguran

Bahaya darah tinggi saat hamil dapat menyebabkan keguguran. Penyebab darah tinggi yang disebabkan oleh riwayat dan tidak terkendali, maka kondisi kesehatan kandungan menjadi terganggu dan dapat menyebabkan keguguran.

Abrupsio Plasenta

Solusio plasenta atau abrupsio plasenta adalah terjadinya komplikasi kehamilan yang diakibatkan oleh terlepasnya plasenta dari dinding rahim. Bahaya darah tinggi seperti ini sering terjadi pada seorang ibu yang sedang hamil dan mengalami pre eklamsia. Maka dari itu, penyebab darah tinggi saat sedang hamil jangan menganggapnya remeh, serta harus cepat dalam penanganan yang benar.

Terganggu Aliran Darah

Penyebab darah tinggi saat hamil dapat membahayakan terganggu aliran darah pada plasenta. Apabila ini terjadi, maka oksigen dan nutrisi yang masuk pada janin sangat berkurang, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan janin, berat badan rendah dan prematur.

Selain itu, terjadinya abrupsio plasenta tentu dapat menyebabkan pendarahan yang sangat parah hingga bisa mengancam nyawa pada janin di dalam kandungan atau nyawa sendiri.

Darah tinggi saat sedang hamil memang sangat membutuhkan penanganan yang lebih cepat supaya ibu hamil dan janin tetap sehat. Dengan demikian, melakukan pemeriksaan kandungan pergi ke dokter merupakan langkah terbaik untuk mengetahui informasi selanjutnya dalam mengatasi darah tinggi dan juga gangguan pada kesehatan.

Selain di atas, untuk mencegah darah tinggi, seorang ibu hamil tentu harus banyak mengonsumsi makanan yang bergizi, vitamin, istirahat yang cukup, hindari stress dan sebagainya.

Itulah salah satu hal yang harus perhatikan penyebab darah tinggi saat sedang hamil yang telah sampaikan dalam situs solusisehatku.com, semoga bermanfaat.

Baca selanjutnya: Ketahui Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

 

Post Terkait :

One thought on “Perhatikan Penyebab Darah Tinggi Saat Sedang Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *