Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Panda Selain Kurang Tidur, Patut Diketahui

  • 2 min read
  • Okt 21, 2021
Inilah Penyebab Mata Panda Selain Kurang Tidur, Patut Diketahui

Kurang tidur yang cukup sering dikaitkan dengan penyebab mata panda yang berada dibawah mata. Akan tetapi, penyebab dan cara mengatasi mata panda selain kurang tidur, patuh diketahui melainkan dari, seperti menderita penyakit tertentu, penuaan atau sedang mengalami dehidrasi.

Daftar Isi [ Tutup ]

Inilah Penyebab Mata Panda Selain Kurang Tidur, Patut Diketahui

Mata panda dapat dialimi oleh siapa saja, baik pada anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Tanda mata panda ini bisa dilihat dari adanya warna hitam pada kantung mata. Biasanya orang yang memiliki mata panda, cenderung, lesu, kurang tidur, dan terlihat lebih tua.

Penyebab Mata Panda

Penyebab Mata Panda

Sebagai berikut, inilah penyebab mata panda yang patut diketahui, sekalin kurang tidur, diantaranya:

Dehidrasi

Dehidrasi termasuk salah satu penyebab mata panda. Pasalnya, ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kurang cairan, maka akan muncul warna hitam pada kantung mata dengan bentuk cekung.

Kurang tidur

Akibat kurang tidur bisa jadi penyebab mata panda dengan tanda warna hitam berada diarea mata paling bawah. Pada dasarnya, kurang tidur bisa mengakibatkan darah akan menumpuk pada bagian bawah mata dan terlihat wajah lebih kusam dan bengkak.

Paparan sinar matahari

Adapun penyebab mata panda lainnya adalah terkena paparan sinar matahari. Yang mana, apabila kita sering terkena sinar matahari secara terus menerus maka tubuh akan memproduksi pigmen dan banyak melanin yang mengakibatkan kulit menjagi gelap. Oleh karena itu, mata yang kena paparan sinar matahari tentu bisa menimbulkan pigmentasi pada kulit yang berada disekitar mata.

Sering Menatap Layar

Dengan handphone yang canggih, membuat orang akan semakin lama bermain dengan handphone. Entah main game, nontoh youtubem tiktok dan sebagainya. Jika kita sering menatap layar handphone, komputer maupun tv, tentu akan timbul penyebab mata panda. Dimana, pembuluh darah yang berada disekitar mata paling bawah akan membesar.

Faktor usia

Dengan kondisi faktor usia, maka kulit semakin lama akan keriput dan tipis serta dapat kehilangan dalam elestasitasnya. Apabila mengalami kondisi tersebut, tentu pembulh darah yang berada dibawah mata akan semakin terlihat warna hitam dan bengkak. Itu bisa jadi penyebab mata panda.

Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaaan merokok dan minum alkohol termasuk kategori salah satu penyebab mata panda. Efek samping dari kebiasaan tersebut, aliran darah yang berada dibawah tidak lancar. Selain itu juga, bisa menyebabkan kulit menjadi kusam.

Cara Mengatasi Mata Panda

Cara Mengatasi Mata Panda

Berikut ini adalah salah satu cara mengatasi mata panda yang paling mudah dan bisa lakukan dirumah:

Ditutupi dengan Concealer

Ditutupi dengan concealer merupakan salah satu cara mengatasi mata panda dengan baik. Tujuannya adalah menyemarkan warna kulit agar tidak kehitaman.

Hindari Begadang

Selain dengan menutupi, cara mengatasi mata panda yaitu hindari begadang. Orang yang sering tidur malam hari atau begadang tiap hari, maka bisa menyababkan mata panda. Oleh karena itu, tidur secukup mungkin agar mata dan kulit wajah tetap sehat.

Kompres Mata

Memberikan kompres mata dengan air dingin, merupakan cara mengatasi mata panda paling mudah. Dengan mengompres mata, tentu perubahan warna kulit dan pelebaran akan semakin berkurang.

Jangan Minum Alkohol

Terjadinya dehidrasi yang mengakibatkan warna kulit diarea mata paling bawah menjadi gelap bisa terjadi akibat dari sering minum alkohol. Maka dari itu, cara mengatasi mata panda seperti ini adalah jangan minum alkohol.

Itulah salah satu penyebab dan cara mengatasi mata panda selain kurang tidur, yang patut diketahui. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan badan lebih kuat.

Baca Selanjutnya: Tips Cara Masker Wajah dari Bahan Alami, Kulit Putih