Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas Agar Tidak Iritasi

  • 2 min read
  • Okt 04, 2021
Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas Agar Tidak Iritasi
Spread the love

Solusisehatku.com – Kulit wajah mengelupas merupakan suatu proses lapisan kulit yang sudah mati hingga respon tubuh akan keluar secara alami. Mengapa kulit wajah kering dan mengelupas? Karena dalam kesehariannya kulit wajah mengalami paparan sinar matahari langsung, sabun yang tidak cocok, alergi dan sebagainya. Adapun yang menyebabkan wajah kulit wajah mengelupas adalah kurang kelembapan dan tidak pernah melakukan perawatan.

Kulit mengelupas bukanlah hal tanda penyakit yang berlebihan, tetapi faktor dari sel-sel kulit yang bereproduksi terlalu cepat. Berapa lama proses penyembuhan pengelupasan kulit wajah? Kulit akan mengelupas sekitar 3 hari setelah beraktivitas dan akan berhenti pada saat luka bakarnya telah sembuh.

Apa yang harus dilakukan saat pengelupasan kulit wajah? Cara mengatasi kulit wajah mengelupas agar tidak iritasi?

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Penyebab kulit wajah mengelupas biasanya terjadi akibat dari beberapa faktor seperti tidak melakukan perawatan, terkena debu dan sebagainya. Ada penyebab lain yang mengakibat kulit wajah mengelupas, diantarnya:

Kulit Wajah Mengelupas Akibat Alergi

Penyebab kulit wajah mengelupas akibat dari alergi bisa saja akan terjadi. Misalkan jika kulit Anda sensitif kemudian bersentuhan dengan zat yang menimbulkan alergi, maka kulit wajah bisa menyebabkan terkelupas. Ataupun jika memakai produk skin care yang tidak cocok, hingga kulit wajah akan cepat reaksi.

Terkena Sinar Matahari

Teriknya sinar matahari bikin seluruh badan menjadi panas. Apalagi jika kita sering berpanas-panasan maka kulit wajah lama kelamaan akan mengelupas hingga sembuh sekitar 3 hari.

Kulit Kering

Kulit kering tentu sangat rentan mengelupas secara sendiri. Apalagi jika cuaca dingin dan panas, sering memakai cream yang tidak cocok, terkena matahari tentu membuat kulit wajah mudah mengelupas.

Selain itu, sebab kulit kering juga bisa karena keturunan, gangguan serius dan sebagainya.

Efek Samping dari Obat-obatan

Sering mengonsumsi obat-obatan biasanya akan menimbulkan efek samping pada kulit, seperti kulit wajah mengelupas. Ada beberapa jenis obat yang rentan pada kulit wajah, seperti antibiotic, retinoid, obat penurunan tekanan darah, asam glikolat, apilepsi, asam salisilat dan sebagainya.

Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik kerap sering dihubungkan dengan kulit kering, infeksi bakteri, cuaca, dan sebagainya. Sampai saat ini belum tersedia obat yang bisa menyembuhkan dermatitis atopik. Akan tetapi, untuk mencegah penyebab ini bisa dilakukan dengan cara menghindari menggunakan sabun mandi yang bahan lembut, memakai pelembab dengan losion, dan lainya.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas

Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit wajah mengelupas yang bisa dilakukan dengan mudah, seperti:

  • Sering konsumsi air minum putih
  • Kompres dengan air dingin
  • Menggunakan pelembab secara rutin setelah mandi
  • Menghindari garukan pada kulit wajah yang menyebabkan lecet
  • Menghindari menggunakan cream yang tidak cocok
  • Memakai pelembab yang lembut dan aman
  • Melindungi kulit wajah dari teriknya sinar matahari
  • Dll

Itulah sahabat solusi sehatku, di antara penyebab dan cara mengatasi kulit wajah mengelupas yang paling mudah dilakukan dan cepat diatasi. Namun, jika kulit wajah mengelupas berkepanjangan segara konsultasi ke dokter untuk menangani lebih lanjut.

Baca Selanjutnya: Cara Melembabkan Kulit Wajah dengan Produk Pelembab Yang Tepat

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *