Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

  • 2 min read
  • Okt 09, 2021
Kulit Kepala Gatal
Spread the love

Solusisehatku – Kulit kepala sering gatal-gatal? Yuk, cari tahu penyebab kulit kepala gatal. Dan informasi seputar cara mengatasi kulit kepala gatal agar kulit kepala sehat dan bersih. Jangan menyepelekan masalah ini yang tidak kunjung hilang. Pasalnya, kondisi seperti ini bisa terjadi akibat dari beberapa faktor yang sifatnya sangat serius. Maka dari itu, segera atasi gatal di kepala agar kulit kepala menjadi sehat.

Kulit Kepala Gatal

Secara umum, ketombe memang sering menjadi faktor kulit kepala menjadi gatal. Padahal, belum tentu ini bisa terjadi karena demikian. Ada banyak faktor yang menjadikan sebab gatalnya kulit kepala. Oleh karena itu, perlu terlebih dahulu mengetahui faktor penyebabnya, agar tepat dalam memberi solusi untuk kesehatan kulit kepala.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami 2021

Penyebab Kulit Kepala Gatal

Sering mengalami gatal-gatal pada kulit kepala secara terus-menerus tentunya sangat mengganggu pada konsentrasi pikiran. Dengan mengetahui penyebab pastinya akan menjadi dampak baik bagi kesehatan kepala. Oleh karena itu, berikut ini beberapa penyebab kulit kepala gatal, di antaranya:

Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik adalah salah satu jenis gangguan pada kulit kepala yang menyebabkan terasa gatal, berketombe, bersisik dan warna kemerahan. Namun, penyebab masalah tersebut belum diketahui dengan pasti.

Ada beberapa penyebab lain yang sering terjadi jika seseorang mengalami dermatitis seboroik, seperti adanya pertumbuhan jamur yang berlebihan, faktor turunan, berminyak, dan kadar hormone androgen yang meningkat.

Ketombe

Ketombe adalah penyebab hal umum sering gatal-gatal pada kulit kepala. Timbulnya ketombe terkadang sebab adanya pertumbuhan jamur yang menyebabkan sel mati.

Selain itu, apabila kondisi kulit kepala kering maka bisa juga menjadi pemicunya. Apalagi kalau Anda tidak pernah menjaga kebersihan rambut, maka bisa menimbulkan iritasi. Atapun karena ketidak cocokan dengan produk yang digunakan.

Psoriasis

Psoriasis adalah salah satu jenis penyakit kronis yang diakibatkan oleh tumpukan sel mati pada kulit kepala. Ini biasanya akan terlihat berbentuk tebal yang ditutupi dengan sisik dan serpihan serta berwarna keperakan. Walaupun sebetulnya, psoriasis ini bukan hanya di kepala saja, melainkan bisa muncul di siku, lutut, dan leher pada bagian belakang.

Kutu rambut

Dengan banyaknya kutu rambut yang intens, maka secara otomatis kulit kepala akan terasa gatal-gatal, merayap dan berjalan.

Kurap

Kurap adalah suatu infeksi jamur yang terjadi pada lapisan kulit kepala dan rambut. Jika masalah ini timbul, maka akan menyebabkan bercak, dan ruam yang berbentuk menonjol seperti cincin.

Gejala kurap ini biasanya akan menular, bersisik, botak dan terasa gatal-gatal. Sebab akan ini di antaranya oleh beberapa faktor seperti eksim, gangguan saraf, skabies, kanker kepala, dan sebagainya.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Seperti pembahasan diatas, cara mengatasi kulit kepala gatal gatal dapat diobati sesuai dengan penyebabnya agar dapat diatasi dengan mudah. Berikut ini adalah cara mengobati atau mengatasinya, yaitu:

Hindari Produk Perawat Rambut Pemicu Alergi

Jika kulit kepala Anda terasa gatal gatal akibat menggunakan produk perawatan seperti sampo, serum rambut atau kondisioner, yang menimbulkan alergi, maka hindari produk perawatan rambut pemicu alergi tersebut, guna menjaga kesehatan kepala.

Anda bisa menganti produk perawatan yang sesuai dan cocok dengan kulit kepala terutama produk yang dikhususkan untuk kulit kepala sensitive.

Menggunakan Obat Kutu Rambut

Jika Anda sering mengalami gatal-gatal pada kulit kepala akibat banyak kutu, maka Anda bisa mengobati dengan menggunakan obat kutu rambut untuk membasmi telur-telur dan parasitnya.

Baca Selanjutnya: Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

 

Post Terkait :

One thought on “Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *