ASI merupakan satu-satunya makanan yang terbaik untuk bayi sampai usia 6 bulan, karena pada usia 6 bulan ke atas si Kecil sudah boleh mengkonsumsi makanan pendamping. Namun bunda harus cermat dan hati-hati ketika memberikan MPASI pada si Kecil. Akan tetapi masih banyak orang tua yang memberikan MPASI pada bayi terlalu dini, yaitu sekitar 4 bulan atau 5 bulan.

Pada usia 6 bulan si Kecil sudah bisa duduk dengan tegak, sudh bisa menyangga kepala dengan baik, sudah bisa menggerakkan makanan dengan lidahnya dari depan ke belakang mulut serta sudah bisa menutup mulut sendiri ketika disodori sendok. Walaupun si Kecil masih membutuhkan ASI, namun si kKecil butuh asupan nutrisi tambahan.

Selain itu , pada usia 6 bulan sistem pencernaan si kecil sudah berkembangdengan baik sehingga si Kecil sudah mampu mengolah dan mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan baik pula. Dengan kata lain, si Kecil sudah bisa mengkonsumsi makanan dengan bahan makanan yang bunda dan keluarga makan.

Dalam proses pengenalan MPASI pasa bayi berusia 6 bulan haruslah bertahap, mulai dari pemberian makanan yang bertekstur halus sampai yang bertekstur padat. Kemudian dalam proses perkenalannya sebaiknya terlebih dahulu berikan rasa tunggal agar si Kecil dapat beradaptasi terlebih dahulu, supaya bayi tidak kaget dan tidak mengganggu sistem pencernaannya. Setelah satu minggu baru berikan jenis makanan dengan memperhatikan makanan yang mengandung protein nabati, protein hewani, karbohidrat serta buah-buahan sesuai dengan pedoman umum gizi seimbang.

Untuk mempermudah, bunda bisa menggunakan tabel makanan untuk bayi usia 6 bulan :

  1. ASI
  2. Puree sayur-sayuran (wortel, ubi manis, buncis, bayam, brokoli, labu kuning, ubi jalar)
  3. Puree buah-buahan ( Pepaya, pisang, apel, pear, alpukat, tomat, jeruk)
  4. Bubur susu (bubur beras biasa, bubur beras merah)
  5. Puree daging sapi atau daging auyam dicincang (boleh dicampur dengan sayuran atau buah-buahan)
Baca Juga:  3 Cara Cerdas Menyuapi Makanan Bayi

Pada awal pemberian MPASI sebaiknya makanan utama diberikan secara bertahap sekitar 2-3 kali dalam sehari, berikan MPASI ketika jadwal si Kecil menyusui. Jumlah makanan yang diberikan pun jangan terlalu banyak, cukup sekitar 2-3 sendok teh makan saja. Berikanlah secara perlahan dan sedikit demi sedikit.

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu tekstur dari makanan tersebut harus halus lembut, tidak cair atau tidak terlalu encer. Tekstur yang benar yaitu ketika makanan diambil oleh sendok, kemudian miringkan sedikit sendok makan tersebut, jika makanan diam dan tidak tumpah, itulah tekstur makanan yang benar.

Pada saat makan, pastikan si Kecil duduk dengan tegak dan perhatikan setiap suapannya. Jangan paksakan si Kecil untuk makan jika si Kecil terlihat tidak mau, karena jika dipaksakan dapat membuat si Kecil tersedak atau muntah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here