Kenali Nutrisi Pada Susu Ibu Hamil Paling Tepat

  • 2 min read
  • Nov 24, 2021
Nutrisi pada susu ibu hamil

Solusisehatku.com – Menjaga kesehatan bagi ibu hamil dan janin memang menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Asupan kandungan nutrisi yang banyak merupakan salah satu kebutuhan pada ibu hamil, seperti vitamin D, yodium, kalsium, asam folat dan protein. Walaupun sebetulnya, nutrisi bisa didapatkan dari makanan, tetapi terdapat juga pada susu ibu hamil. Yuk, kenali nutrisi pada susu ibu hamil paling tepat untuk dikonsumsi.

Nutrisi pada susu ibu hamil

Susu adalah produk minuman yang memiliki kandungan kalsium sangat bagus untuk ibu hamil. Sebab, sekalin kalsium, susu juga mengandung nutria lain, diantaranya yodium, asam folat dan vitamin D. Maka, dengan semua kandungan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Susu Ibu Hamil

Kandungan nutrisi pada susu ibu hamil menjadi kebutuhan pada tubuh ibu yang sedang hamil. Banyak sekali produk susu untuk ibu hamil yang telah dipasarkan diberbagai toko maupun apotek. Namun, harus ingat, carilah susu ibu hamil yang sudah dipasteuriasi agar aman untuk dikonsumsi. Anda bisa cek pasterisasi pada kemasan produk susu.

Apabila Anda mendapatkan susu untuk ibu hamil yang belum dipasteuriasi atau konsumsi susu sapi mentah, maka akan berisiko pada janin dikarenakan produk tersebut kemungkinan besar mengandung bakteri yangsangat berbahaya.

Tujuan susu di pasteurisasi adalah membersihkan bakteri dengan menggunakan suhu yang tinggi, sehingga akan aman untuk dikonsumsi.

Maka dari itu, sebelum membeli produk susu ibu hamil lakukan pengecekan kandungan nutrisi pada kemasan atau bisa konsultasi ke dokter untuk mengetahui anjuran konsumsi susu ibu hamil. Pasalnya, ketika seorang ibu hamil mengkonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi atau terkontaminasi bakteri, maka sangat berbahaya pada kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Nutrisi pada Susu ibu Hamil

Sebelum membeli susu ibu hamil, perhatikan nutrisi pada susu ibu hamil yang akan dikonsumsi, diantaranya:

Protein

Protein adalah salah satu nutrisi pada susu ibu hamil yang menjadi kandungan tambahan. Kandungan protein ini sangat bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah dan pembentukan jaringan dan sel didalam tubuh janin. Rekomendasi asupan protein bagi ibu hamil berjumlah 90 gram per hari.

Kalsium

Nutrisi pada susu ibu hamil terdapat kandungan lainnya, yaitu kalsium. Kandungan tersebut memiliki manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin untuk menguatkan dan mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, terdapat pula manfaat lainnya adalah:

  • Meningkatkan perkembangan jantung
  • Meningkatkan perkembangan otot dan saraf
  • Menjaga Kesehatan jantung normal
  • Menguatkan tulang dan gigi
  • Pembekuan darah

Yodium

Yodium yang menjadi kandungan tambahan dari nutrisi pada susu ibu hamil berkhasiat meningkatkan perkembangan otak janin. Ketika seorang ibu hamil kekurangan kandungan yodium sangat berisiko pada otak janin sehingga bisa menyebakan kecerdasan anak akan berkurang. Oleh karena itu, ibu hamil sangat membutuhkan jumlah yodium 220 mikrogram.

Vitamin D

Selain diatas, kandungan nutria yang dibutuhkan untuk ibu hamil lainnya adalah Vitamin. Untuk mendapatkan vitamin tersebut bisa dilakukan secara alami dengan cara menjemur di pagi hari selama 30 menit. Akan tetapi, nutrisi pada susu ibu hamil terdapat kandungan vitamin D yang akan membantu kebutuhan kesehatan janin. Maka, jumlah vitamin D yang ditubuhkan bagi ibu hamil adalah sekitar 600 UI per hari.

Asam Folat

Kandungan asam folat memiliki manfaat bagi ibu hamil yaitu meningkatkan kerja enzim yang maksimal dan membantu pembentukan pada darah serta melindungi risiko system saraf pada janin.

Baca Selanjutnya: Tips Cara Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil yang Nyaman