Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Harus Dipahami

  • 2 min read
  • Des 06, 2021
Kesehatan Mental

SOLUSISEHATKU.COM – cara menjaga kesehatan mental yang harus dipahami merupakan salah satu bagian yang harus diperhatikan bagi kita semua. Bagaimana tidak, dengan kondisi masa pandemi seperti ini, banyak sekali problem-problem dalam kehidupan, sehingga dapat menyebabkan kesehatan mental menjadi terganggu.

Kesehatan Mental

Kesehatan mental menjadi kunci dalam menjaga tubuh agar terserang dari berbagai penyakit. Maka dari itu, menjaga kesehatan mental tentunya harus diperhatikan dengan baik supaya tubuh tetap sehat dan kuat.

Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah bagian batin dari manusia itu sendiri. Maksudnya adalah apabila batin kita dalam kondisi tenang, tentram, normal tidak banyak pikiran yang negatif, maka segala aktivitas kerja dalam sehari-hari akan berjalan dengan baik.

Adapun kategori yang berhubungan dengan kesehatan mental mencakup pada sosial manusia, tingkat emosional dan juga psikologis. Dimana, masalah ini dapat membantu menghadapi stress, berkipir yang lebih positif, bertindak dengan baik, memiliki rasa, mengambil keputusan yang lebih tepat dan dapat bersosial dengan orang-orang yang berada disekitarnya.

Begitupun sebaliknya, apabila seseorang memiliki kesehatan mental tergangu maka dapat menyebabkan mudah stress, tidak punya pola hidup, sering amarah dan cepat mengambil keputusan yang cepat. Selain itu juga, orang yang kena kesehatan mental akan lebih tinggal diam diri dan tidak mau bersosial dengan orang disekitarnya.

Namun begitu, kita dapat mengartikan bahwa gangguan mental dan kesehatan mental sangat berbeda dalam permasalahan. Seperti seseorang yang mengalami mental kurang baik tanpa didiagonosis bisa berpikir sangat buruk. Akan tetapi, apabila orang tersebut mengalami didiagonosis yang berlebihan maka bisa melaksanakan aktivitas seperti biasanya.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental memang harus diperhatikan dengan baik bagi semua orang. Dengan tujuan, supaya seseorang bisa menjalankan segala aktivitas sehari-hari dengan baik dan juga dapat mencegah serangan penyakit yang datang. Sebagai berikut, cara menjaga kesehatan mental secara alami yang bisa dilakukan oleh semua orang, diantaranya:

  • Olahraga secara rutin agar suasana hati tetap tenang
  • Berbicara kepada seseorang yang bisa dipercaya pada saat Anda memiliki masalah
  • Hindari kebiasaan tertentu yang merusak kesehatan tubuh dan mempengaruhi mental, seperti merokok dan minum alkohol.
  • Menjaga pola makanan yang sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan fungsi otak berjalan dengan baik.
  • Sering silaturahmi ke rumah teman atau saudara, agar pola pikir tetap positif dan bisa mendapatkan ide gagasan yang lebih baik.
  • Waktu istirahat (tidur) yang cukup agar suasana hati tetap tenang. Selain itu, dapat mencegah gangguan kecematan dan depresi.
  • Melakukan segala aktivitas yang menyehatkan dan menyenangkan seperti jalan pagi, senam, memasak, dan aktivitas lainnya.
  • Menghindari pikiran negatif yang berlebihan supaya tidak memicu tekanan darah semakin tinggi.
  • Meminta bantuan pada seseorang ketika Anda mengalami masalah tertentu supaya cepat terselesaikan dengan baik.
  • Membantu seseorang, apabila sedang dalam kesulitan baik masalah ekonomi, sosial dan pendidikan.
  • Berpikir positif agar kesehatan mental tetap terjaga dan menghindari emosional tinggi.
  • Sering berjemur pada pagi hari supaya bahan kimia dalam otak akan terlepas dan menghilangkan rasa mood.

Dengan cara menjaga kesehatan mental yang harus dipahami seperti diatas bisa diterapkan secara maksimal agar manfaatnya lebih terasa. Namun, apabila Anda sudah melakukan hal tersebut, tetapi masih tetap kesehatan mental terganggu, sebaiknya Anda bisa berkonsultasi ke psikolog untuk mendapatkan pemahaman yang lebih akurat dan jelas.

Baca Selanjutnya: Inilah Tanda Ciri Hamil 1 Minggu yang Harus Diketahui

 

Post Terkait :

One thought on “Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Harus Dipahami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.