Mengenal Manfaat Empon empon untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Bumbu Masakan

  • 5 min read
  • Apr 30, 2020

Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Bahkan saat ini rempah-rempah telah menjadi salah satu komoditas ekspor yang rajin dikirim ke berbagai negara di dunia. Salah satu daya tariknya adalah manfaat yang terkandung di dalamnya. Begitu pula dengan salah satu kelompok tanaman  empon-empon. Manfaat empon empon bukan hanya berguna untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan dan bumbu masakan.

Rempah-rempah dapat diolah menjadi obat-obatan yang sampai saat ini masih dikonsumsi oleh banyak orang. Selain itu, juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Begitu pula dengan tanaman empon-empon yang juga memiliki banyak manfaat.

Namun sebelum membahas mengenai manfaat empon empon, sepertinya kita harus mengenal terlebih dulu mengenai tanaman tersebut. Tidak sedikit orang belum memahami mengenai tanaman empon-empon. Apakah tanaman tersebut adalah jenis tanaman baru di Indonesia atau tanaman asing? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Manfaat Empon empon yang Baik untuk Kesehatan, Perawatan Tubuh, dan Bumbu Masakan

Jika Anda mengira empon-empon adalah jenis tanaman baru di Indonesia, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab empon-empon bukanlah nama  jenis tanaman, melainkan kelompok tanaman yang bisa membentuk simpanan senyawa.

Empon-empon memiliki nama dasar empu. Tanaman yang bisa membentuk empu adalah tanaman  yang memiliki rizoma seperti jahe, temu lawak, kunyit, kencur, sunti, dan temu putih.Memiliki khasiat untuk mengusir segala penyakit.

Hampir semua tanaman di atas ada di Indonesia. Biasanya tanaman tersebut diolah menjadi jamu. Pembuatan jamu sendiri memiliki sejarah yang cukup unik yakni terukir di Candi Borobudur. Diketahui di sebuah relief Candi Borobudur terdapat gambar sosok orang yang sedang membuat jamu. Kemudian jamu tersebut diminumkan pada orang sakit, lalu sembuh.

Pada relief berikutnya, terdapat gambar pesta syukuran atas kesembuhan orang itu. Hal ini berarti penggunaan rimpang atau empu sebagai bahan pembuatan jamu telah dilakukan sejak dahulu kala. Hal ini juga menandakan bahwa manfaat empon empon sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Selain berguna untuk kesehatan tubuh, tanaman empon-empon juga bermanfaat untuk kecantikan, perawatan tubuh, hingga menjadi bumbu dan pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi karena bersifat alami.

 

10 Manfaat Empon empon untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Bumbu Masakan yang Harus Anda Ketahui

Manfaat empon empon bukan hanya berguna untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan. Sudah terbukti karena telah menjadi obat atau jamu yang dilakukan sejak dahulu kala. Ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang kurang cocok untuk mengkonsumsi obat-obatan yang ada di apotek. Untuk menyehatkan tubuh, Anda bisa memanfaatkan empon-empon.

Selain untuk kesehatan, empon-empon juga bermanfaat untuk kecantikan. Meskipun sudah zaman modern, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba ramuan kecantikan yang berasal dari empon-empon. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga:  Waspada dan Kenali Gejala Penyakit Lupus
  1. Bermanfaat untuk Mendukung Sistem Metabolisme Tubuh

Salah satu tanaman yang membentuk simpanan senyawa yang termauk ke dalam empon-empon adalah jahe. Tanaman yang satu ini mengandung banyak manfaat seperti vitamin B khususnya B5 dan B6, vitamin C, potasium, gingerol, dan magnesium.

Jahe bermanfaat untuk mendukung sistem metabolisme dan regenerasi sel yang kompleks pada organ tubuh. Tanaman ini berguna bagi kesehatan, kecantikan, bahkan untuk diet karena kandungan mineral pada jahe yang beragam.

 

  1. Dapat Menyembuhkan Flu dan Batuk

Asam jawa yang termasuk empon-empon juga bermanfaat untuk menyembuhkan flu dan batuk. Hal ini karena tingginya kandungan vitamin C dalam asam jawa yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghentikan batuk, dan mengobati flu.

Cara untuk mengkonsumsinya pun cukup mudah, Anda bisa menyeduhnya dengan air panas dan tambahkan sedikit madu untuk pemanisnya. Minum secara teratur sampai flu dan batuk yang Anda alami mereda.

 

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat empon empon lainnya bersumber dari serai yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Serai mengandung dua senyawa utama yakni citral dan geranial yang memiliki manfaat anti-inflamasi. Kedua senyawa ini dapat membantu menghentikan pelepasan penanda-penanda penyebab peradangan tertentu dalam tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh.

Hampir sebagain besar tanaman empon-empon bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Maka jika Anda mengkonsumsinya secara teratur, maka tubuh Anda akan sehat dan bugar. Cara pengolahannya pun sangat beragam.

 

  1. Dapat Mencegah Radikal Bebas

Tanaman lainnya yang termasuk empon-empon adalah kencur yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh. Di antara penyakit yang dapat berkembang di dalam tubuh karena radikal bebas adalah kanker kulit dan masih banyak lagi. Jika radial bebas dapat dicegah, maka tubuh akan sehat dan lebih bugar.

 

  1. Dapat Meredakan Peradangan

Empon-empon juga bermanfaat untuk meredakan peradangan. Hal ini bersumber dari kunyit yang juga termasuk ke dalam kelompok tanaman yang menyimpan senyawa. Kandungan zat aktif kurkumin yang terkandung dalam kunyit merupakan antioksidan yang mengandung efek anti radang.

Satu sendok kunyit bubuk mengandung sekitar 200 miligram kurkumin yang bereaksi memblokir sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Berdasarkan hasil uji praklinis, menunjukkan bahwa kunyit dapat mengoba berbagai penyakit peradangan mulai dari kanker, kardiovaskular, radang sendi, dan aterosklerosis.

 

  1. Bermanfaat Sebagai Antijamur dan Antibakteri

Kelompok empon-empon lainnya adalah temulawak yang bermanfaat sebagai antijamur dan antibakteri. Kandungan bakteri yang ada di dalam temulawak memiliki manfaat yang cukup efektif untuk membasmi bakter jenis Staphylococcus dan Salmonella. Sementara senyawa antijamur yang terkandung dalam temulawak dikatakan cukup ampuh untuk melenyapkan jamur dari golongan dermatofita.

Baca Juga:  Ini Dia Penyebab Telat Datang Bulan yang Tidak Anda Sadari!

 

  1. Diolah Menjadi Bahan Baku Obat Herbal

Tanaman-tanaman yang termasuk ke dalam kelompok empon-empon banyak dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan obat herbal dan jamu tradisional. Hal ini sudah dilakukan sejak dahula kala, bahkan bukti sejarahnya bisa dilihat pada relief Candi Borobudur.

Meskipun di zaman modern seperti sekarang ini sudah banyak obat-obat hasil racikan para apoteker yang disederhanakan menjadi bentuk pil atau sirup, tetapi jamu dan obat herbal tetap eksis hingga sampai saat ini.

 

  1. Diolah Menjadi Bahan Dasar Masakan, Bumbu Masakan dan Pewarna Makanan

Tidak hanya diolah menjadi obat herbal dan jamu tradisional, tanaman empon-empon juga dapat dimanfaatkan menjadi bumbu atau pewarna makanan. Misalnya kunyit pada masakan soto, kluwek atau kepayang pada masakan rawon, dan aneka menu masakan lainnya.

Tanaman empon-empon juga diolah menjadi berbagai bumbu masakan instan. Seperti yang dapat kita lihat di supermarket atau pasar. Tidak jarang untuk mewaranai makanan, tanaman empon-empon juga digunakan untuk hal ini.

Empon-empon yang dimanfaatkan sebagai pewarna makanan sangat aman digunakan karena berasal dari bahan yang alami. Berbeda dengan pewarna makanan yang berasal dari bahan kimia. Sangat berisiko dan bahaya untuk kesehatan. Tanaman empon-empon bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk memasak.

 

  1. Masker dan Perawatan Tubuh

Selain bermanfaat untuk kesehatan, tanaman empon-empon juga berguna untuk perawatan tubuh. Meskipun zaman sudah modern, namun perawatan tubuh dan kecantikan yang menggunakan bahan tradisional masih tetap eksis di tengah-tengah masyarakat.

Anda juga bisa mengolahnya menjadi masker untuk wajah. Dengan bahan yang alami, masker yang terbuat dari tanaman ini bersifat aman. Meskipun demikian, tipe kulit wajah seseorang berbeda-beda. Maka dari itu, sebaiknya Anda aplikasikan terlebih dulu pada tangan. Jika dirasa cocok, Anda bisa mengaplikasikannya pada wajah.

 

  1. Untuk Aromaterapi

Terakhir, manfaat dari tanaman empon-empon adalah dapat dijadikan sebagai aromaterapi. Tanaman empon-empon telah banyak diolah untuk diambil ekstrak atau minyaknya. Dengan melalui proses distilasi penguapan dan pengepresan dingin, minyaknya sering dimanfaatkan sebagai aromaterapi. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai obat oles untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

Tanaman empon-empon memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan. Mulai dari berguna untuk kesehatan, kecantikan, perawatan tubuh, hingga bahan dasar masakan dan pewarna makanan. Bahkan jamu tradisional yang diolah dari tanaman empon-empon masih tetap eksis di zaman modern seperti sekarang ini.

Mengingat banyaknya manfaat empon empon, tak heran saat ini tanamah tersebut telah diekspor ke berbagai negara di dunia. Keberadaan rempah-rempah yang melimpah di Tanah Air, menjadi kekayaan yang sangat berharga.

 

Pin It on Pinterest

Share This

Share Artikel Ini.