Mengenal Manfaat Daun Binahong Untuk Asam Urat

  • 2 min read
  • Okt 22, 2015
Ramuan Tradisional untuk Asam Urat

Daun Binahong Untuk Asam Urat

Binahong merupakan jenis tumbuhan yang dapat hidup di dataran tinggi maupun rendah. Tanaman yang berasal dari daratan China, berguna sebagai tanaman obat yang efektif untuk mengobati berbagai penyakit. Nah, salah satu manfaat daun binahong untuk asam urat ternyata sangat efektif.

Tanaman binahong merupakan kelompok tanaman merambat, daun berwarna hijau dengan bentuk waru seperti halnya daun sirih. Selain itu, tanaman ini karena seluruh bagian dari tanaman ini, bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi penyakit apa pun.

Daun binahong memiliki kandungan fenol, protein, asam arkobat dan antioksidan tinggi untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai macam penyakit. salah satunya yaitu untuk mengatasi dan meredakan asam urat.

Pada dasarnya asam urat merupakan salah satu penyakit yang berakibat karena kelebihan zat purin di dalam tubuh. Nah, purin tersebut berasal dari beberapa sumber makanan yang menjadi konsumsi sehari-hari. Seperti makanan laut, telur, makanan kaleng, jeroan dan kuah kental daging. Kemudian tubuh kita akan mengolah zat purin tersebut menjadi asam urat.

Apabila produksi asam urat di dalam tubuh berlebihan maka hal ini akan mengakibatkan ginjal tidak mampu untuk mengeluarkannya. Kondisi ini tentunya akan mengakibatkan Kristal asam urat menumpuk pada bagian persendian. Nah, akibat yang ditimbulkan dari penumpukan tersebut yaitu rasa nyeri di bagian sendi, pembengkakan dan bahkan peradangan.

Kandungan Daun Binahong

Menurut riset dan studi menemukan bahwa daun binahong memiliki kandungan alkaloid, saponin, minyak atsin, polifenol dan oleanotik. Selain itu, daun binahong juga sangat efektif sebagai antibakteri karena mengandung zat saponin. Kandungan alkaloid di dalam binahong sangat ampuh untuk penderita diabetes. Hal ini karena memiliki sifat hipoglikemik untuk menurunkan kadar gula darah.

Secara umum , daun binahong memiliki kemampuan untuk menghilangkan dan meminimalisir asam urat dari dalam tubuh. Adapun untuk mengaplikasikannya yaitu dengan merebus, dijadikan lalapan ataupun diolah menjadi jus. Hal ini tergantung bagaimana selera Anda dalam menyajikan ramuan herbal yang satu ini.

Daun binahong memiliki manfaat yang luar biasa untuk mengatasi penyakit asam urat. Penggunaan secara rutin dan teratur tentunya akan memberikan hasil yang sempurna. Selain itu untuk mendapatkan hasil pengobatan yang lebih baik, hindari kebiasaan dan pola makan yang bisa mengakibatkan asam urat semakin parah.

Sahabat solusi sehatku, daun binahong memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama dalam mengatasi asam urat. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dan khasiat dari binahong. Sebenarnya tanaman ini bisa dibudidayakan dengan mudah dan tidak perlu dirawat. Cukup dengan menanam dengan baik di halaman rumah dan biarkan merambat dengan sendirinya.