Cara Mengatasi Kaligata Secara Alami

  • 2 min read
  • Des 13, 2021
Cara Mengatasi Kaligata Secara Alami

SOLUSISEHATKU.COM – Kaligata adalah salah satu jenis alergi yang bisa menyerang kapan saja. Tanda gejala kaligata akan timbul bentol pada kulit agak besar dan berwarna kemerahan. Selain itu, akan terasa lebih perih dan juga gatal-gatal. Cara mengatasi kaligata secara alami menjadi langkah pertama untuk penangan dalam pengobatan kaligata lebih cepat.

Kaligata dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kaligata kronis dan akut. Kaligata ini tergantung dari lamanya penyakit. Perbedaan kaligata akut dan kronis adalah dari segi waktu. Dimana kaligata kronis itu akan hilang lebih dari satu bulan. Sedangkan kaligata akut akan hilang beberapa hari saja.

Cara Mengatasi Kaligata Secara Alami

Penyebab kaligata akut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti paparan zat kimian yang dapat menimbulkan iritasi, cuaaca dingin maupun panas, efek samping dari makanan atau obat-obatan dan sebagainya.

Sedangkan penyebab kaligata kronis bisa diakibatkan oleh gigitan parasit atau serangga, karena stress, maupun terjadinya infeksi. Akan tetapi, penyebab kaligata kronis yang sebenarnya belum bisa dipastikan dengan jelas.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Mengatasi Kaligata

Kaligata dapat mengganggu segala aktivitas sehari-hari. Dikarenakan kondisi bentol besar dan banyak, serta gatalnya semakin jadi, maka membuat hati dan pikiran tidak tenang. Oleh karena itu, dengan cara mengatasi kaligata ini dapat membantu untuk meringankan rasa gatal dan cepat sembuh.

Obat Gatal

Cara mengatasi kaligata yang pertama bisa minum obat gatal. Ada beberapa obat gatal yang tersedia di apotek untuk meringankan gatal, seperti antihitamin. Namun, minum obat tersebut, tentunya Anda bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu perihal obat antihistamin yang sangat cocok untuk Anda.

Losion Calamine

Losion calamine merupakan salah satu cara mengatasi kaligata secara di oles. Manfaat losion tersebut dapat meredakan rasa gatal berlebihan dikarenakan mengandung zinc oksida.

Hindari Menggaruk

Hindari menggaruk pada bagian bentol yang memiliki rasa gatal berlebihan karena dapat memicu iritasi. Cara mengatasi kaligata seperti ini dapat mencegah kulit lecet dan menghindari banyaknya bentol pada bagian tubuh lainnya.

Berendam Air Oatmeal

Oatmeal memiliki sifat antiperadangan yang berkhasiat untuk meredakan bengkak dan gatal. Cara mengatasi kaligata dengan berendam air oatmeal yaitu cukup memasukan 2 gelas oatmeal kedalam bak mandi khusus yang telah diisi air hangat. Kemudian rendam selama 15 menit dan keringkan hingga air tidak terlihat membasahi kulit yang terkena kaligata.

Hindari Faktor Pemicu

Hindari faktor pemicu yang menyebabkan kaligata pada kulit. Ini merupakan salah satu cara mengatasi kaligata paling mudah. Misalkan Anda konsumsi makanan tertentu, tiba-tiba terjadi kaligata. Maka, Anda harus menghindari makanan tersebut.

Selain itu, terkadang bisa diakibatkan oleh bakteri atau debu yang menempel pada kulit. Sehingga dapat menyebabkan gata-gatal.

Banyak sekali cara mengatasi kaligata secara alami yang bisa Anda ketahui secara online maupun offline. Akan tetapi, dengan pembahasan masalah kaligata yang solusisehatku.com sampaikan merupakan salah satu cara mencegah atau mengatasi kaligata yang dapat Anda pahami.

Baca Selanjutnya: Cara Mengatasi Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak dan Berlubang Secara Alami