Inilah Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

  • 2 min read
  • Nov 05, 2021
Inilah Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Kemunculan bintik-bintik dan ruam merah yang menonjol pada kulit biasanya merupakan salah satu tanda biang keringat. Apabila ini terjadi pada bayi, tentu sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas pada bayi. Oleh karena itu, dengan inilah cara mengatasi biang keringat pada bayi yang harus bunda lakukan dengan cepat.

Inilah Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Penyebab biang keringan pada bayi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sering berkeringat, kurang sehat, dan kondisi pada cuaca panas. Sehingga keringat tidak bisa keluar dan menyebabkan pori-pori akan tersumbat. Biasanya kemunculan biang keringat ini berada disekitar ketiak, dahi, kepala, dada, leher, pangkal paha, selangkangan hingga pada lipatan kulit bayi.

Biang keringan memang sangat rentan pada anak-anak, bayi jika dibandingan dengan dewasa. Pasalnya, pori-pori anak-anak atau masih ini masih kecil ketimbang dewasa. Sehingga, sangat mudah terjadinya biang keringat akibat kondisi pori-porinya kecil.

Cara Mengatasi Biang Keringat

Sebetulnya biang keringat itu bisa sembuh dan hilang secara sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun, jika biang keringat menyebabkan infeksi maka harus cepat diobati agar anak tidak mengalami gatal-gatal dan sakit. Berikut ini, cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa bunda lakukan dirumah, diantaranya:

Gunakan Pakaian Longgar

Menggunakan pakaian longgar merupakan salah satu cara mengatasi biang keringat pada bayi paling mudah. Pasalnya, dengan pakaian tersebut tentu keringat tidak akan keluar banyak dan sangat mudah menyerap. Selain itu, gunakan pakaian yang berbahan katun jangan menggunakan bahan dari sintetis, seperti nilon maupun poliester, serta hindari memakai pokok yang terlalu lama agar pangkal paha bayi tidak menyebabkan biang keringat.

Hindari Udara Panas dan Lembap

Cara mengatasi biang keringat pada bayi yang kedua adalah menghindari udara panas dan lembab. Dengan kondisi cuaca panas atau pengap, tentu sangat rentan mengeluarkan keringat yang banyak. Oleh karena itu, alihkan bayi kedalam ruangan yang lebih sejuk dan teduh, sehingga tubuhnya tidak akan berkeringat banyak dan menghindari risiko biang keringat.

Apabila bunda pergi keluar rumah sambil menggendong bayi, sebaiknya gunakan topi pada bayi guna mencegah terjadinya biang keringat. Selain itu, membawa kipas dan air putih agar tidak menyebabkan dehidrasi pada bayi.

Menjaga Kulit Bayi

Menjaga kulit bayi atau merawat pola hidup sehat menjadi salah satu cara mengatasi biang keringat pada bayi. Membersihkan pangkal paha dengan cara dilap akibat sering ngompol, tidak memakai baju atau pakaian yang tebal, maka kulit bayi tetap sehat dan kuat.

Hindari Gendong Bayi Terlalu Lama

Biasanya bayi sering rewel, atau terkadang seorang ibu saking sayangnya pada anak, membuat mereka terus mengendong kemana-mana. Apabila cara seperti ini dilakukan terus-menaru, maka kulit bayi bisa menyebabkan biang keringat. Maka dari itu, hindari gendong bayi terlalu lama agar kesehatan tubuh tetap terjada dan menjadi cara mengatasi biang keringan pada bayi.

Gunakan Lotion dan Krim

Bayi yang mengalami biang keringat tentu akan merasakan gatal-gatal, sakit dan mudah lecet. Apabila disentuh, maka bayi akan merasakan kesakitan dan nangis. Oleh Karena itu, jika seorang bayi mengalami hal demikian, sebaiknya gunakan lotion dan krim seperlunya guna menghindari lecet dan mengurangi rasa gatal. Akan tetapi, jika dengan menggunakan produk tersebut tidak kunjung sembuh, sebaiknya pergi ke dokter untuk menangai lebih lanjut.

Dan inilah cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa solusisehatku.com sampaikan, semoga dapat bermanfaat.

Baca Selanjutnya: Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Pada Anak