Inilah Solusi Paling Tepat Menghadapi Anak Yang Rewel

  • 2 min read
  • Okt 19, 2021
Inilah Solusi Paling Tepat Menghadapi Anak Yang Rewel

Mengalihkan anak yang rewel biasanya para ibu selalu memberikan handphone supaya anak menjadi tenang. Namun, apabila kebiasanya ini terus berkepanjangan maka akan berdampak pada pertumbuhan anak menjadi berkurang. Oleh karena itu, inilah solusi paling tepat menghadapi anak yang rewel dan tidak menimbulkan amarah.

Anak yang rewel memang bisa mengakibatkan emosional ibu menjadi tinggi. Apalagi jika seorang ibu punya masalah yang dihadapinya, seperti ekonomi berkurang, banyak hutang dimana-mana, banyak pikiran, dan lainnya, tentu membuat seorang ibu akan memarahi anak yang rewel tanpa sengaja.

Inilah Solusi Paling Tepat Menghadapi Anak Yang Rewel

Hal ini membuat psikolog anak menjadi terganggu dan sering melamun. Maka dari itu, hindari marahi anak secara berlebihan agar kesehatan mental anak tidak terganggu dan bisa meningkatkan prestasi dan sikap yang baik.

Selain itu, sebuah penelitian menyatakan bahwa ketika saat anak rewel, biasanya seorang ibu sering memberikan gadget untuk menenangkannya. Namun, ketika setiap mengalami masalah tersebut terus berlanjut, maka anak akan melakukannya dikemudian hari dengan sejadi-jadinya.

Oleh karena itu, supaya kesehatan mental anak baik, pertumbuhan meningkat, sebaiknya hindari dalam memberikan handphone pada saat anak rewel. Bukan berarti, seorang ibu atau ayah tidak sayang pada anak, tetapi kita harus menjaga pertumbuhan anak sampai masa depannya cerah.

Solusi Paling Tepat Menghadapi Anak Yang Rewel

Solusi paling tepat menghadapi anak yang rewel merupakan salah satu cara yang harus dihadapi oleh para orangtua, terutama seorang ibu yang sering tiap hari bersama anak. Jangan biasakan memberikan Handhone pada anak ketika sedang rewel. Tujuannya adalah untuk mencegah kecanduan main HP dan malas dalam beraktivitas, seperti belajar, sekola, les tambahan dan sebagainya.

Berikut ini adalah cara menghadapi anak yang rewel tanpa memberikan Handphone dan memarahi, yaitu:

Menjaga Emosional

Menjaga emosional adalah solusi paling tepat menghadapi anak yang rewel. Dimana, ketika seorang ibu sedang beraktivitas dalam rumah penuh rasa capet, tiba-tiba anak nangis tidak berhenti. Sehingga membuat seorang ibu akan merasakan kesal dan timbul memarahinya tanpa sadari.

Hal ini bisa menyebabkan pikiran ibu menjadi mumet dan tak sengaja melakukan kekerasan verbal, seperti muncubit, menjewer, memukul pada anak. Apabila ini terjadi secara terus menerus, maka akan menyebakan gangguan pada kesehatan fisik, mental dan tidak percaya diri.

Oleh karena itu, seorang ibu atau ayah dalam mengahadapi anak yang rewel, sebaiknya, harus menjaga emosional yang berlebihan agar tidak menimbulkan kekerasan verbal pada anak. Karena anak adalah satu-satunya yang bisa membahagiakan keluarga.

Mengetahui Keinginan Anak

Anak rewel secara tiba-tiba, biasanya memiliki keinginan sesuatu yang tak diketahui orangtua. Solusi paling tepat menghadapi anak yang rewel seperti ini adalah ibu atau ayah harus mengetahui keinginan anak agar nangisnya tidak berkepanjangan.

Misalkan contohnya anak rewel akibat ingin bersama teman-temannya di depan halaman rumah. Maka seorang ibu atau ayah bisa bertanya kepada anak maksud keinginannya. Sehingga rewel cepat berhenti dan tidak berkepanjangan.

Memberikan Nasihat Dengan Tenang

Anak rewel nangis didepan umum tentu membuat ibu akan merasa kesal dan malu. Biasanya, seorang ibu akan memarahi anak rewel didepan umum langsung. Sehingga membuat anak merasa malu dan bisa menjadi bahan ejekan dari temen-temennya. Maka dari itu, solusi paling tepat menghadapi anak yang rewel tersebut, seorang ibu harus memberikan nasihat dengan tenang.

Jangan memarahi anak didepan umum, karena akan mengganggu kesehatan mental pada anak. Tapi, ibu harus berbicara baik dirumah dengan memberikan nasihat dengan tenang. Sehingga anak akan mengerti dan tidak menyebabkan kurang percaya diri.

Baca Selanjutnya: Inilah Kebiasaan yang Harus Diketahui agar Anak Tumbuh Cerdas