Cara Mencuci Popok Kain Bayi yang Benar

  • 2 min read
  • Nov 09, 2021
Cara Mencuci Popok Kain Bayi yang Benar

Cara mencuci popok kain bayi yang benar memang sangatlah diperlukan. Pasalnya, kulit bayi masih tipis sangat rentang dengan alergi atau mudah lecet. Apabila popok bayi dicuci tidak bersih maka dapat menyebabkan ruam pada kulit. Oleh karena itu, para orangtua harus menjaga kebersihan dan sering mengganti popok bayi yang telah ruksak.

Popok kain bayi atau lebih dikenal clodi merupakan salah satu peralatan bayi yang memiliki fungsi untuk menampung urin dan feses pada saat buang air kecil maupun besar. Jika popok tersebut tidak cepat diganti, maka dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Cara Mencuci Popok Kain Bayi yang Benar

Ruam popok pada bayi disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah banyak perkembangan bakteri didalam pokok dengan keberadaan amonia dan udaranya lembab. Ini merupakan masalah hal umum yang sulit dihindarkan oleh para orangtua.

Adapun gejala ruam popok bayi yang sering terjadi ketika tidak pernah diganti, yaitu menimbulkan luka alias lecet pada kulit, kemerahan, sensasi kulit terbakar pada bagian anus dan genital. Selain itu dapat menyebabkan penyebaran iritasi pada area punggung maupun perut.

Dengan kondisi seperti ini tentu dapat mengganggu kenyamanan bagi bayi. Maka dari itu, hindari popok bayi yang sudah tidak layak dipakai dan popok bayi bahan kain harus sering dicuci.

Cara Mencuci Popok kain Bayi

Berikut ini adalah cara mencuci popok kain bayi agar tidak menyebabkan penyebaran bakteri pada kulit bayi, diantaranya:

Rendam

Rendam yang terpisah merupakan salah satu cara mencuci popok kain bayi paling terbaik. Sebab, ketika memisahkan popok dengan pakaian bayi dapat menghindari terkena kotoran fases dan urin. Selain itu, dapat mengangkat noda yang menempel pada popok tersebut.

Memisahkan Popok

Cara mencuci popok kain bayi dapat dilakukan dengan cara memisahkan popok dengan lainnya. Tujuan supaya pakaian dan lainnya tidak terkena noda urin dan fases. Cara mencucinya pun bisa dilakukan dengan manual agar lebih bersih.

Cek Aroma

Melakukan penyecekan aroma popok setelah mencuci, merupakan bagian cara mencuci popok kain bayi paling tepat. Dimana, ketika popok tersebut telah dicuci dan masih terasa aroma tak sedap, maka para orangtua bisa mencucinya kembali hingga bersih. Agar tidak menyebabkan kulit kayi menjadi lecet akibat penyebaran bakteri.

Gunakan Air Bersih

Mengganti air rendaman dan menggunakan air bersih adalah cara mencuci popok kain bayi yang baik untuk mencegah terjadinya jamur. Gunakan sabun pakaian yang bebas dari pewangi jika Anda ingin menggunakan detergen pada saat mencuci. Hindari penggunaan pelembuat kain agar tidak dapat mengurangi daya absorpsi popok kain.

Jemur Popok

Apabila sudah melakukan cara mencuci popok kain bayi, selanjutnya yaitu menjemur popok ditempat yang bersih dan terkena sinar matahari. Walaupun memang jemur diare terkena sinar matahari cepat kering. Namun ada efeknya, yaitu popok akan menjadi mudah kaku.

Waktu untuk menjemur popok paling baik yaitu pagi atau sore hari. Akan tetapi, ketika mencuci popok siang hari, sebaiknya menjemur didalam ruangan dengan cara digantung. Tujuannya supaya tekstur popok tetap lembut dan kering.

Itulah bagaimana cara mencuci popok kain bayi yang benar dan mudah serta praktis agar popok tetap nyaman dipakai bayi serta tidak mudah kaku. Semoga pembahasan artikel ini dapat bermanfaat.

Baca selanjutnya: Cara Mengobati Diare Pada Bayi, Ini Penyebabnya !!!

 

Post Terkait :

One thought on “Cara Mencuci Popok Kain Bayi yang Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *