Cara Mencegah Katarak Kortikal yang Harus Diketahui

  • 2 min read
  • Nov 18, 2021
Cara Mencegah Katarak Kortikal yang Harus Diketahui

Solusisehatku.comcara mencegah katarak kortikal – Yang disebut katarak kortikal adalah salah satu jenis penyakit mata yang disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga menimbulkan kekeruhan pada korteks tepi lensa. Biasanya penyakit ini terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Akan tetapi, banyak sekali penyakit tersebut terjadi pada anak-anak bahkan yang masih bayi. Oleh karena itu, agar tidak mengalami penyakit tersebut, cara mencegah katarak kortikal yang harus diketahui menjadi bahan dasar referensi untuk kita semua.

Cara Mencegah Katarak Kortikal yang Harus Diketahui

Katarak kortikal sangat terlihat pada tepi luar lensa dengan bentuk seperti bulat berwarna putih keabuan. Apabila ini dibiarkan maka akan menyebar keseluruh permukaan mata hingga menyebabkan penglihatan mata menjadi berkurang dan tidak bisa melihat apapun.

Cara Mencegah Katarak Kortikal

Mencegah katarak kortikal merupakan salah satu cara menghindari terjadinya penyakit katarak yang timbul secara tiba-tiba. Biasanya penyakit ini diakibatkan oleh beberapa faktor. Sebagai berikut cara mencegah katarak kortikal yang harus diketahui.

Konsumsi Makanan

Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang merupakan salah satu cara mencegah katarak kortikal paling tepat. Sayuran atau buah-buahan yang memiliki kandungan asam folat, vitamin B2 dan mineral sangat bermanfaat bagi kesehatan yaitu dapat melindungi mata dari katarak kortikal. Selain sayuran dan buah-buahan, konsumsi minum susu, kacang-kacangan, telur dan ikan berkhasiat untuk menjaga kesehatan pada mata.

Hindari Minum Alkohol dan Merokok

Cara mencegah katarak kortikal bisa diatasi dengan menghindari minum alkohol dan merokok. Pasalnya, mata yang sering terkena asap rokok dan kandungan didalam rokok memiliki risiko tinggi terjadinya penyakit katarak kortikal. Maka dari itu, hindari merokok dan minum beralkohol untuk mencegah dan menjaga kesehatan mata dengan baik.

Menggunakan Kaca Mata Hitam

Terik sinar matahari di siang hari memang begitu panas. Jika kita sering keluar rumah disiang hari dengan kondisi sinar matahari yang begitu panas, maka gunakan kaca mata hitam untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan rentan pada perkembangan katarak kortikal serta menjadi cara mencegah katarak kortikal paling tepat.

Gejala Katarak Kortikal

Selain dengan mencegah katarak kortikal, tentu kita harus mengetahui gejalanya yang terjadi. Sebab, apabila kita sudah paham dalam pengetahuan masalah gejala katarak kortikal, maka akan lebih mudah cepat mengatasinya. Berikut ini adalah gejala katarak kortikal yang bisa anda ketahui:

  • Sensitif terhadap cahaya
  • Sulit mengemudi pada malam hari
  • Penglihatan terlihat lebih kabur dan samar
  • Membutuhkan caha terasang saat melakukan aktivitas atau membaca
  • Melihat warna kurang jelas
  • Hanya 1 mata yang bisa melihat
  • Selalu mengganti kaca mata

Penyebab Katarak Kortikal

Secara umum, penyebab katarak kortikal memang tidak jaul beda dengan katarak lainnya. Akan tetapi, ada beberapa penyebab katarak tersebut yang berbeda dalam ciri-cirinya, sehingga sangat mudah dalam mencegah katarak kortikal yang dapat dilakukan. Berikut ini faktor penyebab katarak kortikal, yaitu:

  • Usia lebih dari 50 tahun
  • Dialami pada laki-laki dan wanita
  • Memiliki penyakit diabetes berkepanjangan yang tidak kunjung sembuh
  • Kecanduan merokok
  • Vitamin B berkurang
  • Pernah diopreasi glaukoma
  • Mengalami kelainan genetik pada bayi yang menjadi keturunan

Cara mencegah katarak kartikal yang paling harus diketahui seperti diatas tentu tidak boleh disepelakan. Sebab, dapat mengganggu segala aktvitias sehari-hari, sehingga bisa menyebabkan penglihatan menjadi berkurang. Maka dari itu, segera obati atau pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Selanjutnya: Penyebab Pilek Saat Hamil dan Ini Cara Mengatasinya

 

Post Terkait :

One thought on “Cara Mencegah Katarak Kortikal yang Harus Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *