Manfaat Pisang Untuk Si Buah Hati | Solusi Sehatku

  • 2 min read
  • Des 05, 2018
Manfaat Pisang Untuk Si Buah Hati

Manfaat Pisang Untuk Si Buah Hati

Sahabat solusi sehatku. Siapa yang tidak senang ketika melihat si buah hati tumbuh dengan baik dan sehat? Namun tahukah bunda, untuk menjadikan si kecil tumbuh dengan sehat, diperlukan makanan yang super dan mengandung nutrisi tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan si kecil dengan sangat baik. Pada umumnya bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pada usia 6 bulan keatas dan sering juga disebut sebagai Makanan Pendamping ASI (MPASI), karena pada usia tersebut ASI saja tidak cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi si buah hati yang terus meningkat. Oleh karena itu kita membutuhkan asupan lain seperti sayuran atau buah-buahan yang kaya akan serat, nutrisi dan vitamin yang tinggi.

Buah merupakan salah satu asupan yang sangat penting untuk pertumbuhan si buah hati, terutama pisang. Pisang merupakan jenis buah-buahan yang yang  memiliki segudang manfaat serta kaya akan nutrisi dan serat. Selain mudah untuk ditemukan, pisang juga memiliki tekstur lembut dan rasanya yang manis sehingga lebih disukai dan mudah dicerna oleh bayi.

Berikut merupakan beberapa manfaat pisang untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi

  1. Pisang kaya akan Potasium

Mengkonsumsi buah pisang dalam satu hari minimal satu dapat memenuhi 10% kebutuhan potasium bagi tubuh bayi dalam satu hari yang dapat membantu otot-otot berkontraksi dengan baik serta membuat anak senang untuk beraktivitas. Selain kaya potasium, pisang juga mengandung gula alami se[erti sukrosa, fluktosa dan glukosa yang dapat memberikan energi kepada bayi sehingga bayi bisa bergerak aktif.

  1. Pisang kaya akan karbohidrat

Kandungan karbohidrat dalam pisang cukup banyak sehingga sangat bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan bayi.

  1. Pisang kaya akan serat

Selain karbohidrat yang tinggi, pisang juga kaya akan serat, sehingga sangat baik untuk pencernaan si buah hati. Kandungan serat yang ada dalam pisang merupakan serat yang mudah larut dalam air, sehingga dapat membantu pencernaan dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Sebagai makanan pengganti ASI yang baik, sebaiknya bunda memberikan buah pisang ini secara teratur guna mencegah masalah pencernaan serta masalah buang air besar pada si buah hati.

  1. Pisang dapat membantu penglihatan si buah hati

Tidak hanya sayuran saja yang dapat membantu dalam proses perkembangan penglihatan pada bayi, ternyata pisang juga dapat membantu proses berkembangnya penglihatan karena mengandung vitamin A yang tinggi.

  1. Pisang dapat membantu dalam pertumbuhan Tulang

Perlu bunda ketahui, ternyata selain mengandung nutrisi tinggi, ternyata pisang juga mengandung kalium dan kalsium yang sangat bagus sehingga membantu dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tulang si buah hati.

Disarankan untuk memilih pisang yang matang, serta dihaluskan dengan cara dikerok agar tekstur pisang tidak terlalu lembek. Pisang juga dapat bunda sajikan dengan cara dicampur dengan sayuran dan buah buahan lain seperti brokoli, alpukat, dan yang lainnya.