Inilah Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan yang harus Diketahui

  • 2 min read
  • Nov 04, 2021
Inilah Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan yang harus Diketahui

Minyak zaitun memang sudah tidak ada keraguan lagi dalam manfaatnya bagi kesehatan. Selain dapat menjaga berat badan, minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Maka tidak heran jika, minyak zaitun ini bermanfaat banyak untuk bahan olah makanan. Yuk, simak inilah manfaat minyak zaitun bagi kesehatan yang harus kita tahu.

Inilah Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan yang harus Diketahui

Olive oil atau lebih terkenal dan sering dengan sebutan minyak zaitun adalah minyak alami yang terbuat dari buah zaitun. Kemudian mengolahnya dengan sedemikian rupa hingga menghasilkan minyak yang bermanfaat. Dengan jumlah kandungan asam oleat dan hasil proses ekstraksi, minyak zaitun dapat terbagi dalam tiga varian, di antaranya: virgin, extra virgin dan refined.

Adapun kandungan lain pada minyak zaitun yaitu nutrisi. Ukuran minyak zaitun 15 ml atau 1 sendok makan, itu terdapat beragam nutrisi dan 120 kalori, di antaranya: 0,1 ml kalium, 0,1 ml kalsium, 13,5 hingga 14 gram lemak, 1,9 ml vitamin E, 0,3 ml natrium dan 8 mikrogram vitamin K.

Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak alami yang paling sehat dan bagus untuk kesehatan. Di mana, kandungan dalam minyak tersebut memiliki banyak manfaat yang tak terhingga. Berikut ini adalah manfaat minyak zaitun bagi kesehatan yang harus kita tahu:

Memelihara Fungsi Otak

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dapat memelihara fungsi otak. Sebuah penelitian menyatakan bahwa, minyak zaitun memiliki kandungan zat anti radang dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko dengan terjadinya penyakit pada otak seperti demensia dan stroke.

Mengontrol Tekanan Darah

Mengontrol tekanan darah termasuk salah satu manfaat minyak zaitun bagi kesehatan. Di mana, ketika seseorang mengonsumsi minyak zaitun asli 4 sendok atau 50 ml dalam sehari dan terus menerus secara rutin, maka tekanan darah dalam tubuh akan terkontrol dengan baik. Di mana, kandungan asam lemak yang sehat dan antioksidan di dalam minyak zaitun dapat mengurangi peradangan pembuluh darah yang lebih rileks.

Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan yang ada dalam kandungan antioksidan dapat mencegah risiko penyakit jantung. Pasalnya, konsumsi minyak zaitun tidak menyebabkan penumpukan lemak pada pembuluh darah karena tidak memiliki kandungan kolesterol.

Malah sebaliknya, mengonsumsi minyak zaitun dapat mencegah penumpukan kolesterol, apabila terjadi penyakit kardiovaskular seperti stroke maupun serangan jantung.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Mengendalikan kadar gula darah merupakan bagian dari manfaat minyak zaitun bagi kesehatan. Jika seseorang rutin menjaga pola makanan sehat dan mengonsumsi minyak zaitun, maka dapat kadar gula darah akan lebih terkontrol, sehingga dapat mencegah terjadinya diabetes.

Mengatasi Sembelit

Penyebab sembelit biasanya akibat dari pola makan sehat berkurang, seperti tidak mengonsumsi makanan berserat dan jarang minum air putih. Cara mengatasi sembelit bisa diobati dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat. Selain itu, manfaat minyak zaitun bagi kesehatan pun sangat berguna untuk mengatasi sembelit juga.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Dengan menggunakan minyak zaitun di dalam campuran makanan, tentu dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh dan menjaga pola makan sehat. Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan ini dapat memperbaiki dan mencegah kerusakan sel mati yang disebabkan oleh terjadinya paparan radikal bebas. Selain itu, mampu menghindari pertumbuhan sel kanker.

Menjaga Berat Badan

Adapun inilah manfaat minyak zaitun bagi kesehatan yang harus diketahui lainnya adalah dapat menjaga berat badan secara alami. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk diet, maka minyak zaitun ini mampu mencegah obesitas sehingga tidak menimbulkan tambah berat badan. Akan tetapi, harus dikombinasikan dengan olahraga secara rutin.

Baca Selanjutnya: Dampak Akibat Stres Pada Kesehatan, Inilah Cara Mengatasinya