5 Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

  • 2 min read
  • Okt 13, 2021
5 Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi madu tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh agar tetap terjaga. Ada 5 manfaat madu bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui untuk meningkatkan stamina, menjaga imunitas, kesehatan jantung dan meradakan batuk.

Madu memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam. Selain rasa manis dari gula, madu juga mengandung senyawa aktif, seperti vitamin A, B, C, E, K, flavonoid, karotenoid dan asam fenolik.

Propolis dan bee pollen adalah kandungan yang dihasilkan dari lebah dan memiliki ragam banyak manfaat.

Secara umum, madu tentu tidak dapat menimbulkan efek samping dan sangat aman untuk dikonsumsi. Tetapi, jangan memberikan kepada anak yang berusia dibawah 1 tahun dikarenakan dapat menyebabkan botulisme.

Apa itu botulisme? Ini adalah timbulnya keracunan yang sangat berpotensi patal dan dapat menyerang pada saraf tubuh. Hal ini tentu harus dijaga dan hindari bagi bayi dan ibu hamil yang menderita system imunnya lemah atau memiliki masalah pada pencernaan.

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Madu bagi Kesehatan

Manfaat madu bagi kesehatan adalah salah satu cara menjaga pola hidup agar tetap sehat dan kuat. Apalagi, setelah konsumsi madu sebelum bekerja atau mau olahraga tentu sangat baik dalam meningkatkan stamina yang kuat dihasilkan dari rasa manis dari madu itu sendiri.

Berikut ini, adalah manfaat madu bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

Menjaga Sistem Pencernaan

Menjaga system pencernaan bisa dilakukan dengan cara konsumsi madu. Dari sebuah penelitian mengatakan bahwa madu itu salah satu prebiotik yang sangat mendukung untuk pertumbuhan bakteri didalam usus. Hal ini, manfaat madu bagi kesehatan termasuk bagian dari masalah tersebut.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dalam mencegah terbentuk aterosklerosis dan melancarkan aliran darah tentu dapat meningkatkan kesehatan jantung yang baik. Maka dengan manfaat madu bagi kesehatan ini, dapat menurunkan kadar kolestrol, tekanan darah dan lemak yang ada didalam darah.

Meredakan Batuk

Konsumsi madu ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya seperti meredakan batuk. Dimana, rasa manis yang ada didalamnya bisa melembabkan dan mengurangi rasa gatal didalam tenggorakan kering.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat madu bagi kesehatan dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan baik. Dimana, kandungan senyawa fitonutrien didalam madu tersebut tentu dapat mencegah penyakit infeksi, antijamur dan juga antibakteri.

Menangkal Radikal Bebas

Sejumlah vitamin dan senyawa fitonutrien yang ada didalam kandungan madu adalah antioksidan alami yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh untuk menangkan radikal bebas yang berlebihan. Selain itu sangat membantu dalam pencegahan pada kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat dari aktivitas oksidasi.

Konsumsi madu bagi penderita alergi terhadap serbuk sari tentu harus dihindari agar tidak menimbulkan gelaja yang tidak diinginkan.

Sebelum mengkonsumsi produk madu, tentu kita harus waspada dan membaca keterangannya. Sebab, setiap produk madu biasanya ditambahkan dengan bahan lainnya, seperti madu rhododendron.

Madu rhododendron adalah produk madu terbuat dari ekstraksi nektar bunga rhododendron yang memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti diabetes, hipertensi dan juga sebagai obat penambah gairah seksual.

Akan tetapi, madu ini juga memiliki resiko yang sangat tinggi yang menyebabkan keracunan dengan timbul gejala-gejala seperti nyeri dada, muntah-muntah, pingsan, diare hingga koma.

Apabila Anda ingin mengkonsumsi madu untuk pengobatan, sebaliknya Anda konsultasi ke dokter dahulu agar dapat memberikan saran yang tepat dan menghindari timbulnya penyakit.

Baca Selanjutnya: Tips Cara Awet Muda Secara Alami