Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

  • 2 min read
  • Okt 08, 2021
Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh
Spread the love

Solusisehatku – Jambu biji memang sudah tidak asing ditelinga kita. Pasalnya, makanan ini sering dikonsumbi oleh semua orang, baik dimakan langsung, dibuat jus atau dirujak. Selain rasanya enak, jambi biji ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

 

Jambi biji adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari Amerika Tengah, seperti Brazil, Venezuela, Meksiko dan Kolombia. Jambu biji sering disebut Guava, saat ini sudah tersedia di berbagai negara seperti Indonesia dan banyak dibudidayakan. Jambu biji mengandung vitamin A, antioksidan, vitamin C dan likopen. Selain itu, terdapat kandungan nutrisi seperti protein, zat besi, magnesium, serat, dan folat.

Manfaat Jambu Biji

Banyak sekali manfaat jambi biji untuk kesehatan tubuh, seperti:

Melancarkan Saluran Pencernaan

Banyak sekali orang yang menyatakan bahwa konsumsi jambi biji bisa menimbulkan usus buntun, namun ternyata sebaliknya jambu biji memiliki manfaat untuk kesetan tubuh yaitu melancarkan saluran pencernaan. Mengapa? Kandungan didalam jambu biji terdapat serat yang sangat tinggi, sehingga saluran pencernaan akan tetap terjaga dengan baik dan dapat mencegah sembelit.

Jika Anda sedang mengalami darah tinggi, maka jambu biji sanga cocok untuk dikonsumsi. Mengapa? Menurut hasil penelitian menyatakan bahwa, Jambu biji mengandung serat dan vitamain C yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang jahat.

Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Antioksidan yang ada didalam jambu biji dari kandungan vitamin C, tentu sangat berguna untuk melindungi kesehatan tubuh pada kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Menurut para ahli mengatakan bahwa radikal bebas ini adalah salah satu penyebab dari penyakit kanker yang berkembang.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebagaimana yang telah ketahui bahwa jambu biji memiliki kandungan yang sangat tinggi. Ini melebihi dari kandungan yang ada di buah jeruk. Manfaat jambu biji lainnya adalah dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan bisa mencegah terkena penyakit infeksi. Selain itu, dapat menjaga gusi, gigi, kesehatan tulang dan pembuluh darah, meningkatkan fungsi otak, menyembuhkan luka dan membantu serap zat besi didalam tubuh.

Mencegah Diabetes

Jambu biji banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah mencegah diabetes. Kandungan didalam jambu biji mampu mengurangi gejala diabetes dan kerusakan akibat dari perangan serta oksidasi.

Mencegah Demam Berdarah

Ekstrak daun jambu biji dapat mencegah demam beradah, menurunkan resiko perdarahan dan dapat menghambat dalm pertumbuhan virus dengue serta dapat meningkatkan jumlah trombosit. Ini adalah salah satu cara pengobatan secara herbal.

Menyehatkan Mata

Buah jambi biji yang berwarna merah mengandung vitamin A dan sangat bermanfaat untuk menyehatkan mata. Selain itu, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, pertumbuhan dan perkembangan sel-sel didalam tubuh, serta kulit menjadi sehat.

Itulah salah satu manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui sebagain bahan dasar pengetahuan dan bisa dijadikan sebagain referensi untuk menjaga kesehatan tubuh.