Manfaat Ikan Tenggiri bagi Kesehatan dan Ibu Hamil | Solusi Sehatku

  • 2 min read
  • Jul 18, 2020
Manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan dan ibu hamil

Manfaat Ikan Tenggiri bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Sahabat solusi sehatku. Manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan dan ibu hamil mungkin belum banyak orang yang tahu. Ikan tenggiri merupakan kerabat dekat dengan ikan tuna, ikan tongkol dan ikan kembung. Ciri-cirinya memiliki bentuk tubuh memipih, kepala meruncing serta gigi yang bergerigi. Ikan ini biasanya terdapat di lautan yang bebas dari polusi, sehingga ikan ini sangat bagus untuk dikonsumsi.

Ikan tenggiri banyak disukai orang karena kelezatan rasanya dan ketebalan dagingnya. Selain itu ikan laut ini juga memiliki manfaat yang besar terutama untuk ibu hamil, bayi dan anak balita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kebanyakan orang memanfaatkan ikan tenggiri hanya untuk dikonsumsi. Padahal ikan ini banyak menyimpan manfaat, mulai dari daging, sirip, jeroan hingga durinya ikan tenggiri juga mengandung protein hewani yang cukup tinggi.

Manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan

Kandungan tinggi gizi dalam ikan tenggiri sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Bahkan ikan tenggiri ini menjadi pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu hamil dan bayinya. Berikut ini manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan:

  • Dapat mengobati rasa ngilu di kaki

Dapat mengobati rasa ngilu di kaki selain dijadikan lauk. Ikan tenggiri juga dapat digunakan untuk mengobati linu di sekitar kaki, yaitu dengan memanfaatkan daging di sekitar insang karena daging di sekitar insang inilah yang mengandung zat pada ngilu dan linu persendian. Cara pengolahannya, cukup direbus, kemudian rebusan ikan tenggiri dimakan bersama dengan kuahnya. Konsumsilah secara teratur sampai rasa ngilu berkurang atau hilang.

  • Menyembuhkan gangguan saluran kencing

Jeroan ikan tenggiri ternyata memiliki banyak manfaat, diantaranya dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit saluran kencing. Namun harus menjaga kesegaran dan keutuhan dari jeroan ikan tenggiri. Dan terapi hati ikan tenggiri hanya diperbolehkan bagi penderita yang berusia 20 sampai 40 tahun saja. Bagi manula cara ini dianggap berisiko karena harus dimakan mentah-mentah. Kandungan urine dan zat lain yang cukup tinggi mengakibatkan pengobatan ini tidak dapat dilakukan bagi semua orang.

  • Membantu menyembuhkan penyakit kulit

Ya, sirip dari ikan tenggiri juga mengandung manfaat yang banyak. Diantaranya untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti kudis, koreng, luka gatal dan bernanah. Caranya rebuslah sirip ikan tenggiri sampai air rebusan tinggal setengahnya lalu tambahkan rebusan daun sirih, untuk menghilangkan bau. Setelah itu diminum.

  • Membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kita ketahui, ikan tenggiri juga memiliki kandungan omega-3. Dimana omega-3 ini sangat baik untuk membantu menyehatkan fungsi jantung, mengurangi pembekuan darah serta dapat menurunkan tekanan darah. Caranya sangat mudah, cukup dengan rajin mengkonsumsi ikan tenggiri.

  • Meningkatkan fungsi otak

Ikan tenggiri memiliki kandungan protein yang baik. Sehingga dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak. Hal inilah bayi dan balita sangat baik bila mengonsumsi ikan tenggiri. Selain itu protein pada ikan tenggiri juga mengandung asam lemak omega-3 yang bagus untuk meningkatkan fungsi otak.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Ikan tenggiri juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain itu memakan kepala ikan tenggiri akan mencukupi tambahan asupan yodium serta memenuhi kebutuhan tiroid dalam tubuh kita. Kandungan gelatin pada ikan tenggiri juga bermanfaat untuk menjaga pencernaan.

  • Membantu mengobati ketombe

Bila rambut kita berketombe, manfaatkan duri ikan tenggiri untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala kita. Caranya jemur ikan tenggiri dibawah terik matahari hingga kering, Kemudian dibakar hingga ikan berwarna kehitaman. Setelah itu haluskan, kemudian tambahkan minyak kelapa atau lidah buaya pada serbut itu dan oleskan pada kulit kepala tunggu sampai 2 jam, lalu bersihkan.

Manfaat ikan tenggiri untuk bayi dan ibu hamil

Sahabat solusi sehatku. Ikan tenggiri juga sangat bermanfaat untuk ibu di masa kehamilan. Karena mampu memperkuat otak janin memperkuat perkembangan janin saat baru lahir. Dengan mendapatkan tambahan asupan mineral dari ikan ini bayi akan tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Dalam pengolahannya, perlu cara pengolahan yang benar dan higenis, supaya kandungan gizi ikan tenggiri tidak hilang.