Manfaat daun seledri untuk kesehatan

  • 2 min read
  • Jan 24, 2021
manfaat daun seledri
Spread the love

Manfaat daun seledri untuk kesehatan

Manfaat daun seledri ternyata sangat banyak bagi kesehatan kita. Tanaman yang memiliki nama latin petroselinum crispum ini sering digunakan sebagai pelengkap masakan atau sebagai penyedap sayur sop. Seledri mengandung banyak zat besi. Daun seledri memilki banyak vitamin dan zat penting yang berguna bagi tubuh antara lain asam animo, boron, kalsium, klorin, asam lemak esensial, folat, inositol, besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, selenium, sulfur dan seng. Sedangkan vitamin yang terkandung pada seledri adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.
Selain dikenal sebagai sayuran untuk penambah aroma masakan, daun seledri juga dikenal sebagai tanaman obat. Manfaat daun seledri sebagai obat disebabkan kandungan zat di dalamnya yang baik untuk kesehatan.

Manfaat daun seledri bagi kesehatan

1. Mengandung antioksidan

Seledri mengandung antioksidan jenis luteolin dan flavonoid yang berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, luteolin juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Anti-inflamasi

Seledri mengandung zat anti-inflamasi, yang efektif mencegah masalah tulang seperti osteoartharitis dan nyeri sendi.

3. Meningkatkan imunitas

Manfaat daun seledri untuk meningkatkan imunitas karena kaya akan kandungan vitamin A dan C yang merupakan antioksidan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. vitamin C memungkinkan produksi kolagen yang dapat membantu melindungi otot dan jaringan ikat untuk menjaga kesehatan kulit serta melawan penyakit.

4. Memperkuat tulang

Kandungan vitamin K yang terdapat pada seledri berperan dalam sintesis protein sehingga meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.

5. Melindungi jantung

Kandungan vitamin B9 atau asam folat pada seledri dapat mengubah asam amino menjadi molekul sederhana, sehingga bisa melindungi anda dari serangan jantung, struk dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

6. Manfaat daun seledri untuk mencegah kanker

Senyawa organik miristisin yang terdapat dalam seledri terbukti mampu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Miristisin juga mengaktifkan enzim dan membantu menetralkan senyawa berbahaya tertentu yang menjadi penyebab kanker prostat dan usus.

7. Manfaat dan khasiat daun seledri untuk obat rematik

Caranya potong menjadi bagian kecil 1 genggam daun dan juga batang seledri, lalu rebus dalam dua gelas air hingga tersisa 1 gelas . Setelah dingin di saring, kemudian diminum.

8. Obat mata kering

Makanlah daun seledri sebagai lalapan segar untuk pelengkap makan nasi, sebaiknya di konsumsi setiap hari. Atau cuci daun seledri, daun bayam dan daun kelor masing-masing 1/3 genggam sampai bersih, lalu dicampur dan giling hingga halus. Tambahkan garam dapur seujung sendok teh dan 3/4 cangkir air masak. Remas campuran ini hingga rata, lalu peras dan di saring. Minum ramuan ini sekaligus tiga kali sehari.

9. Manfaat seledri untuk obat bronchitis

Caranya cuci 60 gr seledri segar, 10 gr kulit jeruk mandarin kering dan 25 gr gula aren sampai airnya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan diminum 2 kali pada pagi dan sore hari masing-masing 3/4 gelas.

10. Untuk obat batuk

Cuci 30 gr seledri segar utuh, lalu potong beberapa bagian seperlunya. Kemudian semua potongan tersebut direbus kedalam 3 gelas air bersih. Setelah dingin saring dan tambahkan sedikit madu. Lalu minum 2 kali pada pagi dan sore hari.

11. Mengurangi kolesterol

Mengkonsumsi seledri setiap hari dapat mengurangi kolesterol penyumbat arteri.

12. Sebagai Antiseptik

Biji seledri dapat mengurangi asam urat. Karena itu seledri baik bagi orang yang mengidap penyakit kandung kemih, masalah ginjal, sistitis. Biji seledri juga dapat membantu untuk menghindari infeksi saluran kemih pada wanita.

Demikianlah sahabat solusi sehatku, ulasan mengenai manfaat daun seledri yang dapat kami sampaikan. Ternyata banyak sekali ya manfaatnya, mulai sekarang sebaiknya kita mulai rajin untuk mengkonsumsi seledri demi menjaga kesehatan.