Manfaat Daging Kambing Qurban untuk Kesehatan | Solusi Sehatku

  • 2 min read
  • Jul 10, 2020
Manfaat Daging Kambing Qurban untuk Kesehatan

Manfaat Daging Kambing Qurban untuk Kesehatan

Sahabat solusi sehatku, sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha atau idul Qurban. Menjadi tradisi umat Islam pada perayaan hari raya Idul Adha, mereka memotong hewan qurban.

Sekilas Sejarah Qurban

Tradisi memotong hewan qurban ini atau kewajiban berqurban, bagi umat Islam lahir sejak jaman dulu. Dimana ketika nabi Ibrahim diperintahkan melalui mimpinya untuk menyembelih qurban. Namun pada waktu itu yang disembelih bukan hewan. Melainkan anak laki-laki beliau, bernama Ismail. Pada awalnya ada rasa ragu, gundah dan takut kehilangan pada diri nabi Ibrahim. Namun setelah tiga kali mengalami mimpi yang serupa. Nabi Ibrahim memantapkan diri menyampaikan perintah tersebut, kepada anaknya Ismail.

Mendengar apa yang disampaikan ayahnya. Ternyata Ismail yang pada akhirnya juga diangkat menjadi nabi, tak sedikitpun merasa takut akan perintah tersebut. Bahkan Ismail yang meyakinkan ayahnya, bahwa ia sepenuhnya siap dan ikhlas. Anak, ayah dan ibunya benar-benar ikhlas.

Hari dimana eksekusi akan dilakukan, semuanya telah siap. Ismail akan disembelih sebagai qurban pertama dalam islam. Tetapi dengan segala kekuasaan Allah eksekusi itu tak jadi dilakukan. Allah mengganti nabi Ismail dengan hewan qurban yang sesungguhnya, berupa kambing.

Maka sejak saat itulah qurban dilaksanakan menggunakan hewan. Diantara kambing, sapi, kerbau dan unta.

Manfaat Daging Kambing Qurban Untuk Kesehatan.

Meski terkenal tidak baik bagi mereka yang memiliki darah tinggi (hipertensi), daging kambing qurban memiliki manfaat yang luar biasa, diantaranya:

1. Menjaga kesehatan tulang.

Hal ini dikarenakan tingginya kandungan zat besi pada daging kambing. Maka tak salah jika daging kambing sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang

2. Mencegah kanker.

Selain zat besi, daging kambing juga menjadi sumber vitamin B, selenium dan kolin. Kolin dan selenium sangat bagus untuk mencegah kanker.

3. Kesehatan jantung.

Dalam 100 gram hanya 1 gram kolestrol. Itu artinya, daging kambing sangat baik untuk kesehatan jantung dan mencegah segala penyakit jantung.

4. Menurunkan berat badan.

Fungsi terbaik vitamin B membakar kalori. Kalori yang terbakar akan menjadi sumber energi dan menurunkan berat badan.

5. Mencegah anemia.

Selain bagus untuk tulang, zat besi berperan untuk menambah produksi darah. Sehingga mencegah kekurangan darah atau anemia

6. Mencegah bayi lahir cacat.

Zat besi juga bagus untuk wanita hamil, terutama untuk mencegah bayi lahir cacat. Dan di dalam daging kambing, kaya akan sumber zat besi.

7. Mengurangi nyeri haid.

Bagi perempuan zat besi juga bagus untuk mencegah peradangan ketika haid.

8. Menjaga kesehatan kulit.

Vitamin B12 yang terdapat dalam daging kambing, ternyata juga bagus untuk kesehatan kulit.

9. Mencegah autisme.

Selain mencegah bayi lahir cacat, daging kambing juga mampu mencegah gejala autisme. Terutama karena kandungan omega 3 dalam daging kambing.

10. Mencegah stress dan depresi.

Selain itu omega 3 juga bagus untuk mencegah timbulnya stres dan depresi.

11. Menjaga kesehatan otak.

Fungsi utama omega 3 adalah untuk menjaga kesehatan otak. Dan di dalam daging kambing, kaya akan sumber omega 3.

12. Mencegah stroke.

Daging kambing juga mengandung kalium yang tinggi, tetapi sodiun dan natriumnya rendah. Sehingga daging kambing bagus dalam mencegah stroke.

13. Mencegah ginjal.

Kalium tinggi, sodiun dan natrium rendah yang terdapat dalam daging kambing juga baik untuk mencegah peyakit ginjal.

14. Sumber energi.

Bayangkan dalam 100 gram terdapat kalori sebanyak 109 kkal. Maka daging kambing menjadi salah satu sumber energi terbaik.

15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Daging merah kambing sebagai hewan qurban ternyata juga berperan aktif dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Yang perlu diperhatikan adalah takaran konsumsi daging kambing. Anda perlu menyesuaikan dengan tingkat kesehatan anda.