Ketahui Jenis Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

  • 2 min read
  • Okt 07, 2021
Makanan Penyebab Asam Urat
Spread the love

Solusisehatku – Mengonsumsi makanan tentu sangat berpengaruh pada kadar asam urat yang terjadi ada dalam darah. Hal ini kesehatan tubuh menjadi dampak buruk akibat kelebihan asam urat yang timbul. Oleh karena itu, ketahuilah jenis makanan penyebab asam urat tinggi yang harus dihindari dan menjadi bahan referensi untuk mencegah penyakit tersebut.

Makanan yang mengandung zat purin berlebihan tentu akan menimbulkan penyakit asam urat pada tubuh. Setiap makanan memiliki jumlah kadar purin berbeda-beda mulai dari rendah sampai yang tinggi. Jika kita mengonsumsi makanan yang terkandung zat purin terlalu tinggi, maka produksi kadar asam urat akan semakin tinggi dalam tubuh.

Baca juga: Inilah Gejala Asam Urat di Tangan yang Sering Terjadi

Ketahui Jenis Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan asam urat tinggi dan harus kita hindari, di antaranya:

Makanan laut

Makanan laut memiliki kandungan zat purin yang sangat tinggi, maka tentu kita harus mengurangi atau hindari agar tidak menimbulkan penyakit asam urat, walaupun makanan laut tersebut banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ini adalah salah satu contoh makanan penyebab asam urat tinggi yang memiliki kadar purin, di antaranya tuna, kepiting, kerang, tiram, lobster, sarden, ikan teri dan udang.

Apabila Anda ingin mengonsumsi makanan laut yang mengandung nutrisi dengan purin rendah, Anda bisa mencoba konsumsi ikan salmon.

Daging Merah

Daging merah memang mengandung protein dan kadar purin sangat tinggi. Namun, ketika sering mengonsumsinya maka bisa menyebabkan asam urat. Hal ini tentu kita harus mengurangi makanan tersebut supaya badan tetap sehat.

Untuk menjaga kestabilan kadar asam urat darah, Anda bisa mengonsumsi daging ayam atau protein nabati seperti tahu dan tempe.

Jeroan

Salah satu makanan penyebab asam urat tinggi adalah jeroan. Di mana bagian ini memiliki kadar purin sangat tinggi yang harus kita hindari untuk orang yang sudah punya penderita asam urat. Jeroan yang kita cegah seperti otak sapi, hati sapi dan usus ayam.

Konsumsi minuman manis

Kadar asam urat dalam darah akan meningkat apabila sering mengonsumsi minuman yang terlalu manis seperti minuman kemasan maupun soda. Pasalnya, kandungan di dalam minuman tersebut terdapat fruktosa yang terus berproduksi untuk merangsang pada tubuh.

Adapun minuman lain yang menyebabkan timbulnya asam urat dalam tubuh yaitu minuman beralkohol seperti bir. Kadar asam urat yang ada di dalam tubuh tentu sangat sulit untuk dikeluarkan akibat dari kandungan zat purin.

Orang yang menderita penyakit asam urat tentu harus menghindari makanan-makanan yang selain dari pembahasan di atas terutama makanan hasil olahan susu yang memiliki lemak sangat tinggi seperti keju, susu dan es krim.

Banyaknya asam urat dalam darah memang tidak begitu bergejala. Akan tetapi, dapat menimbulkan penyakit asam urat seperti radang sendi akibat dari tumpukan Kristal asam urat yang berlebihan. Selain itu, bisa mengakibatkan batu ginjal dikarenakan penumpukan asam uratnya tinggi.

Menderita penyakit asam urat yang terlalu lama, biasanya kadar asam urat yang ada dalam darah semakin melonjak ketika sering mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin sehingga akan timbul rasa sakit. Jika ini terjadi, tentu sangat sangat mengganggu segala aktivitas.

Maka dari itu sahabat solusi sehatku, hindari atau kurangi makanan yang mengandung zat purin secara berlebihan agar kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga. Selain itu, harus rajin berolahraga dan sering mengonsumsi minum air putih yang banyak.

Baca Selanjutnya: Inilah Gejala Asam Urat di Kaki yang Harus Diketahui

 

Post Terkait :

2 thoughts on “Ketahui Jenis Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *