Makanan Nutrisi Bagi Ibu Hamil yang harus Terpenuhi

  • 2 min read
  • Nov 16, 2021
Makanan Nutrisi Bagi Ibu Hamil yang harus Terpenuhi

Solusisehatku.com – Makanan nutrisi bagi ibu hamil yang harus terpenuhi adalah salah satu bagian penting untuk menjadi kebutuhan bagi kesehatan pada janin dan ibu hamil. Pola gaya hidup dan asupan nutrisi yang sangat berkurang, tentu dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin di dalam kandungan hingga mengakibatkan gejala lainnya.

Makanan Nutrisi Bagi Ibu Hamil yang harus Terpenuhi

Mengurangi kebiasan konsumsi makanan dan minuman merupakan hal penting setelah mengetahui ibu sedang hamil. Oleh karena itu, hindari makanan yang kurang baik dikonsumsi dan tambahkan asupan makanan bernutrisi yang lebih banyak agar janin tetap sehat pertumbuhannya cepat.

Makanan Nutrisi bagi Ibu Hamil

Dari sebuah penelitian menyatakan bahwa ada beberapa rekomendasi makanan nutrisi bagi ibu hamil yang dapat dikonsumsi membutuhkan 1.800 kalori untu trimester pertama. Sedangkan yang kedua dan ketigaadalah 2.200 kalori dan 2.400 kalori.

Dalam memperhatikan konsumsi makanan yang bergizi menjadi hal penting untuk mempercepat perkembangan dan tumbuh janin serta kesehatan pada ibu hamil. Dengan demikian, ada beberapa makanan nutrisi bagi ibu hamil yang harus terpenuhi, diantaranya:

Protein

Protein merupakan salah satu makanan nutrisi bagi ibu hamil yang sangat diperlukan dalam setiap hari. Kebutuhan protein pada ibu hamil dalam seharinya adalah sekitar 100 gram. Maka, protein yang baik untuk ibu hamil, yaitu makanan laut, telur, kacang-kacangan, tahu dan daging. Selain itu, terdapat pula yoghurt dan susu yang menjadi asupan protein lainnya.

Karbohidrat

Takut gemuk menjadi bahan keraguan pada ibu hamil ketika ingin mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karhobidrat. Padahal, makanan nutrisi bagi ibu hamil ini sangat baik bagi kesehatan.

Kandungan karbohidrat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya mencegah konstipasi, sumber engergi, mencegah risiko pada bayi dan mempercepat pertumbuhan janin. Ada beberapa makanan yang mengandung karbohidrat, yaitu buah-buahan, gandum utuh, beras merah dan sayuran.

Vitamin dan Serat

Makanan nutrisi bagi ibu hamil yang paling dibutuhkan dalam setiap hari adalah vitamin dan serat. Kandungan serat pada buah-buahan dan sayuran memiliki manfaat bagi ibu hamil yaitu untuk mencegah sembelit dan melancarkan pada system pencernaan. Selain itu, kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan bagi ibu hamil adalah mineral dan vitamin.

Zat besi

Zat besi termasuk salah satu makanan nutrisi bagi ibu hamil yang bertujuan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dengan melalui sel darah merah yang dihasilkan dari hemoglobin. Kebutuhan zat besi akan semakin meningkat dalam setiap hari hingga mencapai 27mg pada saat kehamilan.

Berat badan akan rendah dan terjadinya peningkatkan dalam risiko pada bayi yang lahir prematur, itu bisa disebabkan oleh kandungan zat besi berkurang. Maka dari itu, agar kandungan zat besi stabil saat hamil, maka bumil bisa mengkonsums makanan seperti tahu, ikan, daging tanpa lemak, telur sayuran dan buah-buahan.

Kalsium

Kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil dalam setiap hari adalah 1.000ml. Untuk menambah makanan nutrisi bagi ibu hamil yaitu mengkonsumsi tahu cemilan, minum susu, yoghurt dengan lemak rendah dan ikan pada siang hari.

Asam Folat

Dengan memasuki masa kehamilan 15 hari, ibu hamil tentu sangat dianjurkan mengkonsumsi asam folat dalam setiap harinya yang dibutuhkan 400 mcg. Makanan nutrisi bagi ibu hamil tersebut sangat alami yang memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bagi.

Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan asam folat, diantaranya kacang kedelai, sayur bayam, papaya dan alpukat.

Baca Selanjutnya: Perhatikan Penyebab Darah Tinggi Saat Sedang Hamil

 

Post Terkait :

One thought on “Makanan Nutrisi Bagi Ibu Hamil yang harus Terpenuhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *