Khasiat Daun Keji Beling Buat Kesehatan | Solusi Sehatku

  • 2 min read
  • Jul 11, 2020
Khasiat Daun Keji Beling Buat Kesehatan

Khasiat Daun Keji Beling Buat Kesehatan

Sahabat solusi sehatku, banyak sekali manfaat daun keji beling buat kesehatan. Tanaman yang nama latinnya Strobilanthes crispus (S. crispus) ini, mengandung vitamin B1, dan vitamin B2, kafein, vitamin C, hingga sederet zat gizi lainnya, beberapa diantara khasiatnya adalah:

Obat Kencing Batu

Sebagaimana yang kita tahu, penyakit kencing batu merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi masyarakat Indonesia saat ini. Dan nyatanya, daun pecah beling merupakan salah satu obat herbal yang di yakini ampuh mengatasi penyakit ini. Dan tentunya juga tanpa efek samping, berbeda dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Melancarkan Buang Air

Manfaat daun pecah beling selanjutnya adalah untuk melancarkan saluran pembuangan air kencing. Cara pengobatannya sangat mudah, Anda cukup mengkonsumsi rebusan daun pecah beling secara rutin setiap hari, dan menjaga pola makan yang benar. Sebenarnya tak mengherankan jika daun pecah beling bisa dimanfaatkan untuk melancarkan buang air. Sebab daun ini kaya akan kandungan air, vitamin, serta serat.

Obat Maag

Tak harus pergi ke dokter atau mengkonsumsi obat-obatan kimia jika sakit maag Anda sedang kambuh. Untuk meredakannya, anda bisa mengkonsumsi rebusan daun ini secara rutin. Daun pecah beling mengandung zat yang bisa menetralisir asam lambung yang terlalu tinggi.

Menormalkan Kolesterol yang Tinggi

Kolesterol adalah awal dari semua penyakit berbahaya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengantispasi terjadinya penyakit ini. Salah satunya dengan mengkonsumsi daun pecah beling ini setiap hari dalam prosi yang cukup

Obat Sakit Kuning

Jika liver Anda terganggu dan menjadi sakit kuning, selain dengan pengobatan medis, Anda juga bisa mengkonsumsi rebusan daun pecah beling. Ramuan ini di yakini cukup ampuh dalam membantu penyembuhan sakit kuning, terutama untuk tindakan pencegahan.

Obat Diabetes

Tingginya kadar gula dalam darah bisa memicu diabetes. Untuk mencegah hal tersebut Anda bisa menggunakan daun pecah beling yang diyakini bisa mengontrol kandungan gula darah Anda.

Mencegah Tumor Dan Kanker

Tumor dan kanker merupakan salah satu penyakit serius yang harus mendapatkan penanganan. Untuk mempercepat penyembuhan, selain dengan pengobatan medis anda juga bisa melakukan pengobatan herbal dengan daun pecah beling ini.

Obat Wasir

Wasir atau ambein memang menjadi salah satu penyakit umum yang banyak di derita masyarakat. Khususnya bagi mereka yang kerjanya banyak duduk. Nah, untuk membantu pengobatan dan pemulihan wasir, Anda bisa meminum rebusan pecah beling secara teratur.

Obat Diare

Kemudian, manfaat selanjutnya dari daun pecah beling adalah mampu mengobati diare. Nah, bagi anda yang saat ini sedang mengalami sakit tersebut, segera cari daun pecah beling, kemudian rebus dan minum air rebusan tersebut secara teratur hingga daire berhenti.

Mengatasi Gatal Kulit

Taak hanya untuk penyakit dalam, nyatanya daun pecah beling juga bisa di manfaatkan untuk menyembuhkan gatal atau biduran. Entah itu karena kena ulat berbulu ataupun karena alergi lainnya. Untuk pengobatannya sangat mudah. Anda cukup mengambil daun pecah beling secukupnya dan kemudian haluskan. Baru selanjutnya tempelkan pada bagian kulit yang gatal.

Mengobati Disentri

Penyakit disentri seringkali dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Padahal, jika kondisinya sudah parah dan di biarkan saja tanpa pengobatan, penyakit tersebut bisa berakibat cuku fatal. Nah, jika Anda sedang mengalami disentri dan enggan pergi berobat ke dokter, anda bisa melakukan pengobatan secara alami dengan mengkonsumsi rebusan daun pecah beling.

Cara untuk membuat ramuan dari daun keji beling caranya cukup mudah, anda dapat mengambil daun keji beling dan lalu dapat anda rebus menggunakan air secukupnya, setelah direbus anda dapat meminum air dari hasil rebusan daun keji beling tersebut.