Inveksi jamur vagina atau dalam bahasa kedokteran sering disebut sebagai vaginitis atau peradangan pada vagina merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh seorang wanita. Bahkan kebanyakan wanita pernah mengalaminya minimal satu atau dua kali selama hidupnya. Oleh sebab itu, semua wanita beresiko mengalami infeksi jamur pada vagina. Lantas apa saja yang menyebabkan wanita terserang infeksi jamur Vagina ?

Penyebab Infeksi Jamur Vagina

Hampir semua usia, perempuan dapat beresiko terjangkit infeksi jamur vagina, hal itu disebabkan oleh jamur Candida Vaginitis yang menyerang daerah vagina. Membersihkan vagina dengan air yang berlebih atau penyiraman air yang berlebih, kurang istirahat, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi dapat menyebabkan wanita terjangkit infeksi vagina. Namun apakah anda tahu apa saja gejala-gejala yang terjadi ?

Gejala Infeksi Jamur Vagina

  1. Merasakan gatal diarea Vagina

Mungkin sebagian wanita menyebutkan bahwa merasa gatal diarea Vagina adalah hal yang wajar, namun anda harus waspada bisa jadi ini merupakan gejala terkena infeksi jamur vagina. Rasa gatal diarea vagina akan terasa sangat mengganggu, namun anda jangan sekali kali untuk menggaruknya, karena hal ini hanya akan menambah iritasi ke bagian vagina yang lain.

  1. Keputihan yang menggumpal disertai dengan rasa gatal dan terbakar

Keputihan merupakan hal yang normal bagi wanita, apalagi ketika menjelang datang haid. Akan tetapi, jika keputihan tidak normal anda harus hati-hati bisa jadi ini merupakan gejala infeksi jamur vagina apalagi jika disertai dengan gatal serta serasa terbakar.

  1. Ada rasa sakit ketika buang air kecil

Jika anda merasa sakit ketika buang air kecil, jangan sepelekan karena bisa saja ini merupakan gejala infeksi jamur vagina atau bahkan infeksi saluran kencing.

  1. Rasa sakit pada perut bagian bawah
Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Kacang Hijau Untuk Rambut Anda

Rasa sakit pada perut bagian bawah atau keram perut memang sering dialami oleh wanita, apalagi ketika haid menjelng. Namun anda jangan sepelekan karena bisa saja ini merupakan gelaja infeksi jemur vagina.

  1. Bibir vagina berwarna kemerahan serta terasa nyeri dan bengkak

Jika anda mengalami rasa nyeri pada bibir vagina dan bibir vagina berwarna kemerahan disertai bengkak, maka ini merupakan gejala terinfeksi jamur vagina.

  1. Merasakan sakit ketika berhubungan seks

Selain dapat mengganggu kesehatan, infeksi vaginapun dapat mengganggu hubungan dengan pasangan anda.

Cara pengobatan yang tepat

Untuk cara pengobatan jika kita terinfeksi jamur vagina maka anda hanya perlu merawat daerah kewanitaan, pastikan vagina anda tetap kering, hindari memakai celana yang lembab, basah serta ketat dan usahakan untuk memalai celana dalam berbahan katun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here