Bahaya Radiasi Alat-alat di Sekitar dan Cara untuk Menghindarinya

  • 4 min read
  • Mei 09, 2020
Kenali Bahaya Radiasi Alat-alat di Sekitar dan Cara untuk Menghindarinya

Bahaya Radiasi Alat-alat di Sekitar dan Cara untuk Menghindarinya

Sahabat solusi sehatku. Perkembangan teknologi yang semakin maju, memang membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Misalnya adanya handphone, jaringan internet, dan lain sebagainya. Teknologi tersebut menggunakan gelombang elektromagnetik.  Selain bermanfaat, hal itu juga menimbulkan radiasi yang berbahaya harus kita ketahui agar dapat menghindarinya.

Gelombang elektromagnetik banyak dimanfaatkan oleh teknologi yang saat ini ada. Benda-benda yang Anda gunakan saat ini dapat berfungsi dengan baik karena adanya gelombang elekromagnetik. Namun, tahukah Anda bahwa gelombang magnetik memiliki radiasi yang sangat berbahaya bagi tubuh. Bukan hanya berbahaya bagi manusia, tetapi juga bagi binatang dan tanaman yang ada di sekitar kita.

Bahaya yang ditimbulkan juga bukan sesuatu hal yang sederhana. Melainkan sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui Bahaya Radiasi Alat-alat di Sekitar, agar kita dapat menghindarinya.

Apalagi jika benda-benda yang berpotensi memancarkan radiasi berbahaya tersebut adalah benda yang sering digunakan, perlu kewaspadaan agar tidak terkena bahaya yang dapat merugikan diri sendiri.

Pada pembahasan artikel kali ini kita akan lebih fokus membahas mengenai radiasi elektromagnetik dan apa saja bahaya yang ditimbulkan. Sehingga kita dapat waspada dan menghindarinya semaksimal yang kita bisa.

Pengertian Radiasi Elektromagnetik dan Bahaya Radiasi Alat-alat di Sekitar

Sebelum membahas mengenai Bahaya Radiasi Alat-alat di Sekitar, kita perlu tahu terlebih dulu mengenai pengertian dari radiasi tersebut. Disebut Radiasi Elektromagnetik ialah kombinasi medan listrik dan medan magnet yang mengalami variasi periodik terhadap waktu dari suatu hasil pengukuran (osilasi) dan merambat melewati ruang serta membawa energi dari satu tempat ke tempat yang lain.

Salah satu bentuk radiasi elektromagnetik yang bisa kita temui adalah cahaya tampak. Secara historis, gelombang elektromagnetik ditemukan oleh Heinrich Hertz. Gelombang ini termasuk ke dalam gelombang transversal.

Pada faktanya, setiap muatan listrik yang memiliki percepatan untuk memancarkan radiasi  elektromagnetik. Gelombang-gelombang yang termasuk ke dalam gelombang elektromagnetik adalah sinar gamma, gelombang radio, infra merah, ultra violet, sinar X, dan spektrum kasatmata.

Gelombang-gelombang tersebut berada di benda-benda yang sering kita digunakan. Misalnya seperti handphone, televisi, jaringan internet, dan masih banyak lagi. Hampir semua benda-benda yang memancarkan radiasi tersebut selalu digunakan oleh semua orang.

Namun, meskipun demikian tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui betul tentang Bahaya Radiasi Alat-alat di Sekitar kita. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bahaya apa saja yang ditimbulkan dari radiasi elektromagnetik yang berada di benda-benda atau alat-alat di sekitar kita.

 Inilah Bahaya Radiasi Alat-alat di Sekitar yang Harus Anda Ketahui

Meskipun gelombang elektromagnetik sangat bermanfaat bagi kehidupan, tetapi pada kenyataannya gelombang tersebut memancarkan radiasi yang juga sangat bahaya bagi kehidupan kita. Bukan hanya berbahaya bagi manusia, tetapi juga bagi binatang dan tanaman.

Bisa dibayangkan, jika seseorang belum mengetahui mengenai radiasi yang dipancarkan oleh benda atau alat yang ada di sekitarnya. Sementara bahaya yang mengancam jiwa tidak bisa dihindari. Apalagi benda-benda atau alat-alat yang memancarkan radiasi tersebut sangat dekat dengan kehidupan.

Oleh sebab itulah, mengenali bahaya radiasi yang berasal dari alat-alat atau benda-benda yang ada di sekita kita sangatlah penting. Agar ke depannya dapat lebih waspada dan berhati-hati. Serta mencari pencegahan agar terhindari dari bahaya tersebut. Nah, berikut ini bahaya radiasi yang berasal dari benda-benda atau alat-alat di sekitar kita.

  1. Televisi

Teknologi yang satu ini hampir digunakan oleh semua orang. Bahkan ketika sebagian orang lebih memilih tayangan Youtube, eksistensi tayangan televisi masih menjadi favorit bagi penikmatnya. Namun tanpa kita sadari bahwa televisi memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan. Hal ini disebabkan oleh sinar biru yang dipancarkan oleh layar televisi yang dapat menimbulkan luka fotokimia pada retina mata.

Ketika Anda akan menonton televisi, sebaiknya Anda tidak menonton terlalu dekat. Atur jarak yang pas agar mata Anda tidak terkena radiasi yang dipancarkan oleh televisi. Anda juga bisa mengatur cahaya layar televisi agar bisa menonton dengan nyaman.

  1. Handphone

Selain televisi, handphone juga memancarkan radiasi yang sangat bahaya bagi manusia. Hal ini membuat khawatir semua orang, karena handphone menjadi salah satu benda yang hampir tidak bisa lepas dari genggaman seseorang.

Di antara bahaya radiasi yang berasal dari handphone adalah mengurangi produksi sperma, mengganggu pembentukan janin dalam kandungan, menyebabkan perilaku hiperaktif pada anak, mengurangi daya ingat, dan menyebabkan kanker otak.

  1. Komputer

Perangkat komputer yang sering digunakan juga memancarkan  radiasi yang sangat berbahaya. Di antaranya seperti menyebabkan rabun mata, katarak, dan epilepsi.Untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi, Anda bisa beristirahat selama 5 menit untuk melihat lingkungan luar agar mata menjadi segar kembali, gunakan monitor LCD, dan atur jarak pandang dengan monitor.

  1. Laptop dan Perangkat Wi-Fi

Kedua perangkat ini sangat bermanfaat untuk membantu kegiatan sehari-hari. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat yang tidak bisa dilepaskan. Namun tahukah Anda, selain bermanfaat, kedua perangkat ini juga berbahaya untuk kesehatan.

Bahaya yang ditimbulkan berasal dari radiasi elektromagnetik. Di antara bahaya laptop dan perangkat Wi-Fi adalah menyebabkan nyeri kepala, mual-mual, insomnia, kerusakan kromosom, menurunkan memori otak, memicu kanker, dan mengurangi konsentrasi.

  1. Paparan Radiasi Ultraviolet-B (UV-B)

Paparan radiasi UV-B yang berlebih terhadap makhluk hidupdan bahan-bahan bangunan bisa menimbulkan dampak negatif. Misalnya pada manusia, dapat menimbulkan penyakit kanker kulit, katarak dan mengurangi daya tahan tubuh.

Sementara pada tumbuhan dapat menyebabkan pertumbuhan berbagai jenis tanaman menjadi lambat dan sebagian yang lain bahkan menjadi kerdir. Sehingga hasil panen akan menurun dan tanaman hutan menjadi rusak.

  1. Pulsa Microwaves

Hal ini mungkin saja tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Bahwa pulsa microwaves ternyata memancarkan radiasi elektromagnetik yang berbahay bagi tubuh. Bahaya yang ditimbulkan antara lain menimbulkan efek stres pada kimia syaraf otak.

  1. Inframerah

Inframerah biasanya dipancarkan oleh benda-benda yang dipanaskan. Misalnya remot kontrol, pemanas listrik, teleskop luar angkasa, alarm pencuri, dan masih banyak lagi. Inframerah memancarkan radiasi elektromagnetik yang berbahaya, yakni jika tingkat emisi inframerah tinggi dapat menyebabkan katarak Glassblower.

  1. Sinar-X

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sinar-X digunakan untuk pencitraan medis dan perawatan kanker kulit. Namun dalam paparan jangka panjang, radiasi ini bisa merusak atau membunuh sel-sel dalam tubuh. Selain itu, risiko terkena penyakit kanker jenis mieloma dan kanker tiroid pun sangat tinggi. Serta menyebabkan mutasi dan kerusakan genetik. Bahkan sampai dapat memengaruhi anak yang belum lahir (janin dalam kandungan).

  1. Radiasi Sinar Gamma

Sinar gamma memiliki manfaat yang sangat besar dalam dunia medis. Misalnya dapat menyembuhkan kanker, tumor, dan sejumlah kelainan lainnya. Juga dapat membunuh bakteri, pembentukan bibit unggul pada tanaman, pelacakan kebocoran pipa di bawah tanah, mengetahui struktur logam dan membuat radio isotop.

Namun meskipun demikian, sinar gamma ternyata memiliki kekurangan yang berdampak pada bumi. Di antara seperti dapat merusak satelit serta atmosfir dan menyebabkan kematian paling besar jika mengalami perang nuklir. Sinar gamma yang berasal dari luar angkasa dapat merusak satelit dan atmosfir. Hal ini bisa terjadi karena sinar ini memiliki energi yang paling kuat.

  1. Radiasi Gelombang Mikro

Biasanya radiasi gelombang mikro digunakan untuk komunikasi, radar, dan memasak. Sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Namun dapat menyebabkan bahaya yang tidak main-main. Di antaranya dapat menyebabkan katarak, kulit melepuh, dan lain sebagainya.

Demikianlah sahabat solusi sehatku,  pembahasan mengenai Bahaya Radiasi Alat-alat di Sekitar kita. Setelah mengetahui bahaya apa saja yang ditimbulkan oleh benda atau alat yang ada di sekitar, semoga akan semakin waspada dan bijak dalam menggunakannya.

Sebab meskipun benda-benda tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, namun pada kenyataannya dapat menyebabkan bahaya yang sangat mengerikan bagi tubuh. Bukan hanya bagi manusia, tetapi juga binatang dan tanaman. Semoga artikel berikut dapat bermanfaat bagi Anda sekalian.