Jenis dan Manfaat Olahraga Sederhana yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

  • 4 min read
  • Mei 01, 2020

Salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar adalah dengan rutin berolahraga. Membayangkan harus melakukan olahraga yang berat di pusat kebugaran mungkin agak merepotkan. Apalagi bagi Anda yang sibuk dengan pekerjaan atau kegiatan lainnya. Anda bisa melakukan olahraga sederhana yang ringan yang bisa Anda lakukan di rumah.

Olahraga yang ringan dilakukan sangat sederhana dan membutuhkan lebih sedikit tenaga di banding latihan level sedang atau berat. Namun, meskipun demikian sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan yang sederhana yang dilakukan di rumah atau lingkungan sekitar memiliki efek yang sama baiknya bagi kesehatan tubuh.

Disebut sebagai olahraga ringan yang hanya membutuhkan lebih sedikit tenaga dengan parameter utamanya adalah sedikitnya oksigen yang dibutuhkan tubuh. Baik ketika melakukan latihan ini atau pun saat duduk untuk rehat selepas olahraga.

Salah satu cara paling mudah untuk membedakan olahraga sederhana atau ringan dengan olahraga berat adalah dengan melakukan tes bicara. Berbeda dengan olahraga berat, pada olahraga ringan Anda masih bisa berbicara bahkan bernyanyi sambil melakukan gerakan aktif.

 

Manfaat Olahraga Sederhana yang Dilakukan Secara Rutin

Melakukan olahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain sehat, tubuh pun akan menjadi bugar karena melakukan gerakan aktif setiap harinya. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Mulai dari olahraga berat sampai olahraga ringan.

Olahraga ringan seringkali disebut juga sebagai olahraga sederhana karena setiap gerakan-gerakannya terkesan sangat simpel dan mudah untuk dilakukan. Sama halnya dengan melakukan olahraga berat, olahraga ringan juga sangat bermanfaat untuk tubuh jika dilakukan secara rutin. Berikut ini beberapa manfaat dari melakukan olahraga secara rutin:

  1. Membantu Menurunkan Lemak Tubuh

Dengan melakukan olahraga secara rutin, tubuh akan mengalami peningkatan metabolisme. Hal inilah yang bisa membuat pembakaran lemak dan makanan yang masuk akan berjalan dengan cepat. Pembakaran ini akan menyebabkan lemak di dalam tubuh menjadi tipis seiring berjalannya waktu.

 

  1. Kulit Menjadi Lebih Sehat

Melakukan olahraga akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Hal ini karena pada saat melakukan olahraga, tubuh akan mudah sekali berkeringat. Sehinga kotoran yang ada pada kulit akan dikeluarkan dan yang tersisa adalah kulit yang sehat.

 

  1. Mampu Meningkatkan Level Energi

Saat melakukan olahraga, maka semua sel dalam tubuh akan mengalami metabolisme. Saat hal ini terjadi, maka energi akan dihasilkan dalam jumlah yang banyak. Sehingga Anda tidak akan mudah merasa lelah dan selalu semangat dalam menjadi aktivitas sehari-hari.

 

  1. Membuat Otot Jadi Sehat

Saat berolahraga, tubuh akan mengalami pembentukan otot. Jika kebutuhan protein harian Anda terpenuhi, proses ini akan berjalan lancar. Sehingga dengan ini Anda bisa memiliki otot yang besar dan metabolisme tubuh mengalami peningkatan.

Baca Juga:  Inilah Tipe-tipe Orang Yang Berisiko Terkena Infeksi Saluran Kemih

 

  1. Membuat Mood Jadi Lebih Baik

Melakukan olahraga juga berpengaruh terhadap mood Anda. Berdasarkan sejumlah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa melakukan olahraga secara reguler dapat membuat kita lebih bahagia. Hal tersebut disebabkan karena setelah berolahraga maka tubuh menjadi lebih rileks dari sebelumnya. Serta menghasilkan banyak serotonin yang merupakan hormon bahagia.

 

Olahraga Sederhana Agar Tubuh Selalu Sehat dan Bugar

Melakukan olahraga secara rutin sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Untuk awalan, Anda melakukannya dengan melakukan olahraga sederhana dengan gerakan-gerakan ringan. Berikut ini olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di rumah:

  1. Angkat Dumbell

 

Olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah adalah mengangkat dumbell. Sebelum melakukannya, Anda perlu bantuan dumbell alias barbel kecil dengan berat 1 kg atau Anda juga bisa menggunakan botol berisi air yang digenggam di kedua tangan. Disarankan untuk melakukannya sambil berdiri. Jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa melakukannya dalam posisi duduk. Cara untuk melakukannya antara lain sebagai berikut:

  • Pertama, Anda harus menggenggam dumbell atau botol berisi air dan buka kaki lebar-lebar
  • Kemudian, letakkan kedua tangan sejajar di sisi badan. Lalu angkat dumbell hingga menyentuh pundak
  • Turunkan dengan perlahan hingga kembali ke posisi semula

Jika Anda lakukan secara rutin dan melakukannya dengan maksimal dan benar, Anda akan dapat merasakan manfaatnya.

 

  1. Squat

Untuk jenis olahraga ringan yang satu ini, Anda tidak membutuhkan alat apun untuk melakukannya. Manfaat melakukannya pun sangat baik untuk tubuh seperti melancarkan aliran darah, membakar kalori, dan membentuk tubuh. Adapun cara untuk melakukannya ialah sebagai berikut:

  • Pertama, berdiri dengan posisi tegak dan buka kaki selebar pinggul
  • Kemudian, turunkan tubuh seperti hendak dudul, sembari meluruskan lengan ke depan untuk menjaga keseimbangan
  • Kembali ke posisi tegak
  • Lakukan gerakan ini beberapa kali

 

  1. Berdiri dengan Satu Kaki

Sama dengan olahraga squat, olaharaga yang satu ini juga tidak membutuhkan alat apapun. Namun untuk berjaga-jaga, Anda harus melakukannya di dekat dinding. Berikut ini cara untuk melakukannya:

  • Pertama, Anda harus berdir tegak sambil menghadap dinding
  • Selanjutnya, angkat kaki kiri hingga lutut sejajar dengan pinggang atau setinggi mungkin
  • Pertahankan posisi tersebut selama 5 sampai dengan 10 detik
  • Kemudian kembalikan kaki ke posisi semula lalu ulangi dengan kaki kanan

 

  1. Rotasi Leher

Bagi Anda yang sering merasa tegang di bagian leher, Anda harus mulai melakukan olahraga ringan yang satu ini untuk membantu meringankan penderitaan Anda. Yakni dengan melakukan olahraga ringan seperti rotasi leher. Berikut ini cara untuk melakukannya:

  • Pertama, duduk tegak dengan bahu dilemaskan
  • Kemudian, putar leher ke arah kiri sejauh mungkin
  • Pertahankan posisi tersebut selama 5 detik
  • Selanjutnya lakukan hal yang sama ke arah kanan

 

  1. Peregangan Dada

Olahraga ringan lainnya yang bisa Anda lakukan di rumah adalah melakukan peregangan dada. Baik dilakukan pada pagi maupun sore hari. Peregangan dada berguna untuk membuat postur tubuh lebih baik. Untuk melakukannya Anda memerlukan kursi tanpa roda atau tanpa lengan. Berikut ini cara untuk melakukannya.

  • Pertama, duduk tegak dengan tidak bersandar pada punggung kursi
  • Kemudian, lemaskan pundak dan rentangkan tangan ke samping
  • Busungkan dada hingga merasa ada tarikan di bagian tersebut
  • Pertahankan posisi tersebut selama 5 sampai dengan 10 menit, kemudian ulangi gerakan tersebut

 

  1. Naik Turun Tangga

Olahraga yang satu ini cukup sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan. Meskipun sederhana, olahraga ini memiliki manfaat yang luar biasa untu tubuh. Anda cukup melakukan gerakan naik turun tangga secara berulang-ulang. Jika Anda melakukannya secara maksimal dan benar, naik turun tangga bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang kaki.

 

  1. Menari

Bentuk latihan yang satu ini seringkali tidak diangga sebagai bagian dari latihan kebugaran. Namun, jika dilihat dari gerakan-gerakannya menari juga bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan menari, bukan hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi juga membuat mood menjadi lebih baik.

Hal ini sesuai dengan manfaat olahraga yakni dapat membuat mood menjadi lebih baik. Selain bisa membangkitkan suasana hati, gerakan dalam menarik juga berguna untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Bentuk latihan yang satu ini cocok untuk Anda yang menyukai musik dan melakukan gerakan-gerakan aktif. Anda juga bisa melakukannya di dalam rumah atau bersama dengan keluarga Anda agar tercipta suasana bahagia.

 

Olahraga sederhana lainnya yang bisa Anda lakukan di rumah adalah jogging, jumping track, push up, leg lift, sit up, angkat beban, naik turun tangga, yoga,  berjalan kaki, gerakan-gerakan pemanasan, berenang, dan masih banyak lagi.

Olahraga ringan memang terkesan mudah untuk dilakukan karena bentuk gerakannya yang mudah dan simpel. Namun meskipun demikian, jika kita tidak rutin melakukannya maka tidak akan mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut. Mulailah untuk melakukannya di dalam rumah agar tercipta kebiasaan baik untuk selalu melakukan olahraga.

Memiliki tubuh yang sehat tidak selalu didapatkan dengan cara yang mahal dan sulit. Anda bisa memulainnya dengan melakukan olahraga ringan yang rutin dilakukan di rumah atau di luar rumah. Melakukan olahraga bukan hanya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun juga sebagai bentuk rasa sayang kita kepada tubuh.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Share This

Share Artikel Ini.