Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sakit | Solusi Sehatku

  • 2 min read
  • Jan 12, 2017
jenis makanan yang harus dihindari saat sakit

Ketika kesehatan terganggu, tentunya banyak sekali hal yang mungkin Anda rasakan. Bahkan untuk sekedar makan saja Anda tidak mood. Penurunan nafsu makan saat sakit memang menjadi hal yang terbilang sangat lumrah. Akan tetapi mau tidak mau makan harus tetap supaya ada asupan nutrisi untuk tubuh guna mempercepat proses penyembuhan.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan mempercepat pemulihan, alangkah lebih baiknya jika Anda memperhatikan konsumsi makanan ketika sakit. Jangan asal mengonsumsi makanan. Pilihlah jenis makanan yang mengandung gizi seimbang. Tujuannya untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh dan kembali menguatkan sistem imun tubuh. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral.

Sahabat solusi sehatku, di samping memperhatikan asupan makanan yang bergizi, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada waktu sakit. Apa saja jenis makanan yang sebaiknya tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit? Berikut penjelasannya!

Kopi

Nah, salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada waktu sakit yaitu kopi. Jenis minuman mengandung kafein ini bersifat diuretic yang bisa menyebabkan Anda terus menerus buang air kecil. Jika hal ini terjadi maka sangat dikhawatirkan akan mengakibatkan dehidrasi. Selama sakit sebaiknya perbanyak minum air putih bukan minuman yang mengandung gula atau kafein.

Jus Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Namun ketika Anda sedang sakit flu atau sakit tenggorokan sebaiknya hindari jenis buah tersebut. Hal ini karena minum jus jeruk atau makan buah jeruk bisa mengakibatkan gangguan kesehatan atau sakit pada tenggorokan semakin parah.

Camilan Berupa Gorengan

Camilan renyah dan gorengan memang tidak dianjurkan bagi Anda yang sedang kurang sehat karena bisa memperparah kondisi kesehatan. Kandungan minyak pada gorengan bisa membuat tenggorokan terkena iritasi. Sebaiknya hindari dan konsumsi makanan yang lebih sehat.

Gula

Saat Anda sedang menderita sakit perut akibat infeksi bakteri sebaiknya hindari jenis makanan yang mengandung gula. Hal ini karena gula bisa mengakibatkan kemampuan sel darah putih melemah dalam melawan bakteri. Sementara hindari dulu makanan yang terlalu manis.

Makanan Pedas

Saat Anda sedang flu sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas karena jenis makanan ini bisa membuat Anda tidak nyaman. Bahkan bisa memicu gangguan kesehatan lainnya jika banyak makanan pedas masuk ke saluran cerna.

Susu

Susu adalah minuman sehat dan baik untuk kesehatan. Namun bagi penderita pilek dan hidung tersumbat, sementara waktu alangkah baiknya menghindari mengonsumsi susu. Susu bisa menyebabkan lendir bertambah banyak dan menjadikan volume dahak mengalami peningkatan.

Perbanyak konsumsi makanan sehat dan bergizi. Konsumsi sayur dan buah serta cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Selain itu, perbanyak istirahat agar pemulihan bisa segera dengan mudah.

Menjaga kesehatan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang jika ingin hidup lebih baik dalam jangka waktu panjang. Menjaga kesehatan bukan perkara yang sulit dan semua orang bisa melakukannya jika memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan. Terapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, lakukan olahraga dan hindari aktivitas yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Semoga bermanfaat!