Inilah Cara Mudah dan Murah Menguatkan Imun Tubuh Saat Pandemik COVID-19

  • 5 min read
  • Apr 28, 2020

Wabah Corona Virus atau dikenal dengan COVID-19 telah meresahkan banyak orang di dunia. Begitu pula dengan Indonesia. Berbagai cara telah dilakukan, mulai dari social distancingsampai karantina wilayah. Pemerintah juga menghimbau warganya untuk tetap di rumah dan menjaga imun tubuh. Banyaknya pekerja yang dirumahkan bahkan di PHK, membuat perekonomian memburuk. Lalu, bagaimana Cara Mudah dan Murah Menguatkan Imun Tubuh?

Kemunculan wabah COVID-19 telah membuat banyak orang ketakutan. Bahkan gerakan masker atau GEMAS telah diluncurkan oleh banyak orang termasuk public figure sebagai salah satu langkah untuk melawan virus tersebut.

Pemerintah juga menghimbau untuk tetap di rumah dan menjaga kesehatan tubuh terutama imunitas tubuh. Walau sudah menjaga diri dengan memakai masker ke mana pun kita pergi dan menjaga jarak serta kerumunan, jika imun tubuh lemah maka bukan tidak mungkin bisa terserang virus tersebut.

Bukan hanya virus Corona, virus lainnya pun bisa menyerang seseorang yang memiliki imun yang lemah maka akan terserang juga. Misalnya, mudah terserang flu dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, menjaga imunitas tubuh adalah hal yang harus dilakukan oleh semua orang.

Bukan hanya karena saat ini sedang terjadi wabah, tetapi menjaga imunitas tubuh akan mendukung aktivitas sehari-hari Anda. Dengan imunitas tubuh yang bagus, Anda dapat melakukan berbagai hal tanpa terganggu dengan kesehatan yang menurun.

 

Pentingnya Mengetahui Cara Mudah dan Murah Menguatkan Imun Tubuh

Imunitas tubuh adalah sesuatu yang sangat penting untuk dijaga. Apalagi di tengah wabah COVID-19 yang sedang meresahkan seluruh orang di dunia. Berbagai himbauan dan kebijakan sudah dilakukan oleh pemerintah di seluruh negara di dunia. Mulai dari menjaga jarak, menjauhi keramaian, karantina mandiri, hingga lockdown.

Juga ada gerakan masker atau GEMAS yang digencarkan oleh banyak orang termasuk public figure yang ikut mengajak masyarakat untuk memakai masker ke mana pun kita pergi. Namun semua itu tidak berarti diri kita akan aman dan terhindari dari virus tersebut.

Salah satu hal yang sangat penting di bandingkan segala macam pencegahan seperti yang telah disebutkan di atas adalah menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan kuat. Sebab cara untuk melawan virus adalah dengan imunitas tubuh yang kuat.

Ketika virus masuk ke tubuh manusia (menular dari binatang atau pun manusia), tubuh akan mengidentifikasi virus tersebut sebagai musuh. Jika seseorang memiliki imunitas tubuh yang kuat maka akan mampu melawan virus tersebut.

Maka dari itu menjaga imunitas tubuh sangatlah penting, karena risiko dari COVID-19 meningkat seiring dengan menurunnya imunitas tubuh dan riwayat penyakit lain yang dapat melemahkan tubuh.

Oleh karena menjaga imunitas tubuh sangat penting, maka mengetahui Cara Mudah dan Murah Menguatkan Imun Tubuhjuga tidak kalah pentingnya. Pada artikel berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana caranya.

 

Cara Mudah dan Murah Menguatkan Imun Tubuh Agar Bisa Melawan COVID-19

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa menjaga imunitas tubuh adalah hal yang sangat penting. Terutama di tengah wabah COVID-19 yang kian hari kian meningkat jumlah kasusnya. Maka untuk menghadapinya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air di Wajah Secara Alami

Untuk menjaga imunitas tubuh sebenarnya sangatlah mudah. Sebab dilakukan dengan hal yang sangat sederhana. Kuncinya adalah rutin dilakukan setiap hari. Selain mudah dan hampir tidak mengeluarkan biaya yang besar, bahkan Anda bisa melakukannya di dalam rumah. Berikut ini Cara Mudah dan Murah Menguatkan Imun Tubuh:

  1. Tidur yang Cukup

Sebenarnya tidur tidak memiliki hubungan yang erat dengan sistem imun. Namun tidur yang cukup merupakan salah satu cara agar sistep imun tetap terjaga. Begitu pun sebaliknya, kurang tidur akan membuat sistem imun menurun.Kurang istirahat dapat membuat seseorang rentan terinfeksi patogen, misalnya karena menurunnya proliferasi limfosit yang menjadi bagian dari sistem imun.

 

  1. Konsumsi Makan yang Sehat

Cara selanjutnya untuk menjaga sistem imun adalah dengan mengkonsumi makanan yang sehat. Sebab sistem imunitas yang sehat memerlukan nutrisi dari makanan yang bernutrisi. Nutrisi yang diperlukan tubuh antara lain seperti vitamin, mineral,hingga molekul antioksidan.

Untuk menjaga sistem imun, Anda bisa mengkonsumi buah-buahan dan sayur-sayuran secara rutin. Di antara makanan yang bermanfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh antara lain seperti brokoli, bayam, makanan laut, yoghurt, dan masih banyak lagi.

 

  1. Konsumsi Multivitamin

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, Anda juga mengkonsumi multivitamin lainnya untuk hasil yang lebih memuaskan. Meskipun sebenarnya mengkonsumi makanan yang sehat saja sudah cukup. Namun jika Anda merasa tidak sanggup untuk mendapatkan nutrisi dari makanan, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi multivitamin.

Untuk menghindari risiko efek sampingnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumi suplemen multivitamin tertentu.

 

  1. Olahraga Secara Teratur

Salah satu hal yang sangat familiar di dengar oleh semua orang untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga secara teratur. Hal ini memang terbukti berdasarkan sejumlah penelitian bahwa latihan yang cukup dapat membantu proses regenerasi sel imun.

Anda bisa melakukan olahraga ringan di rumah. Sebab dalam menjaga sistem imun, Anda tak perlu melakukan latihan fisik yang berlebihan. Sesuaikan dengan kemampuan diri Anda.

 

  1. Jauhi Lemak Jahat

Daripada mengkonsumsi lemak jahat, Anda harus mengkonsumsi lemak sehat. Ada banyak sumber lemak sehat yang bisa dikonsumsi antara lain seperti minyak zaitun, ikan berlemak seperti salmon, hingga buah alpukat.

 

  1. Kelola Stres dengan Baik

Menjaga agar diri agar tidak stres dapat menjaga sistem imunitas tubuh. Stres jangka panjang dapat memicu ketidakseimbangan fungsi sel imun dan memancing peradangan. Untuk mengendalikan stres, Anda dapat melakukan meditasi, berolahraga ringan, dan menjalankan aktivitas yang positif selama di rumah.

 

  1. Berjemur

Sinar matahari dapat memberi energi salah satu sel imun, yakni sel T. Bahkan besarnya manfaat berjemur, walau sebentar pun dapat membantu mood Anda menjadi lebih baik. Anda bisa melakukannya sebelum jam 10 selama 15 menit. Waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Baca Juga:  Cara Mudah Untuk Mengatasi Rambut Bercabang

 

  1. Konsumsi Sayur dan Buah-buahan

Untuk menguatkan imun tubuh selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Disarankan untuk mengkonsumi keduanya secara rutin. Sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit menyerang tubuh. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya mampu membuat daya tahan tubuh menjadi kuat.

 

  1. Jaga Kebersihan Tubuh

Tetap jaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar. Rajinlah cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Tanpa sadar, seseorang sering memegang hidung dan mata dengan tangan yang belum bentu bersih. Oleh sebab itu, cucilah tangan paling tidak 20 detik untuk meminimalkan bakteri dan menjaga sistem imun.

 

  1. Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Jika diperlukan, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter. Hal ini akan membuat Anda mengetahui seberapa sehat tubuh Anda dan hal apa yang seharusnya Anda lakukan ke depannya agar tetap sehat.

 

  1. Konsumsi Cukup Cairan

Mengkonsumsi cairan yang cukup akan menjaga imunitas tubuh. Meskipu terdengar sederhana,tetapi mengkonsumsi air putih setiap harinya memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

 

  1. Minum Teh Hijau

Selain air putih, Anda juga bisa mengkonsumsi teh hijau. Teh yang satu ini sangat bagus untuk menjaga imunitas tubuh karena diperkaya antioksidan nabati yang disebut dengan polifenol. Di dalam polifenol terdapat katekin yang berfungsi sebagai pendukung sistem kekebalan tubuh.

 

  1. Konsumsi Jus Tomat

Bagi Anda yang menyukai tomat,  cobalah untuk meminumnya secara rutin karena buah tersebut bisa menjaga imunitas tubuh. Olah menjadi sebuah jus yang menyegarkan. Kurangi penggunaan gula, untuk pemanis tambahan bisa menggunakan madu atau pemanis aman lainnya.

 

  1. Berhenti Merokok

Sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa merokok sama sekali tidak ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Rokok dapat mengganggu berbagai sel imun. Selain itu, para ahli juga menyebutkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko komplikasi COVID-19.

 

  1. Tertawa

Untuk cara yang satu ini mungkin akan terkesan aneh, namun pada kenyataannya tertawa dapat membuat Anda merasa senang dan meningkatkan produksi hormon endorfin. Hormon ini bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Perasaan bahagia dan pikiran yang freh akan membuat sistem imun tetap terjaga dengan baik.

 

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah dan Murah Menguatkan Imun Tubuh. Untuk melawan COVID-19, kita harus bekerjasama untuk tetap menjaga imunitas tubuh. Menjaga kesehatan tubuh bukan hanya bentuk sayang terhadap diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Dengan hal ini, kita dapat memutuskan penyebaran virus ini agar tidak menyerang orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sekalian.

Pin It on Pinterest

Share This

Share Artikel Ini.